Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Kartu Indonesia Sehat | Tugas Kuliahku

Kartu Indonesia Sehat

         
Kartu Indonesia Sehat merupakan terobosan dari program peningkatan kesehatan yang dilakukan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Kartu Indonesia Sehat bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam mengurusi masalah kesehatan serta menjamin kesehatan bagi semua warga Negara Indonesia. Keberadaan kartu Indonesia Sehat ini tidak menggeser keberadaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) karena pemerintah bekerja sama dengan BPJS untuk menyelenggarakan program ini.

            Keluarga miskin yang telah menjadi peneriman JKN tetap akan menerima KIS (Kartu Indonesia Sehat) tanpa hambatan apapun, mengingat ada sebanyak 86,4 juta jiwa masyarakat Indonesia yang masih tergolong miskin.
            Jumlah penerima KIS akan lebih banyak dari penerima JKN sebelumnya, karena KIS akan disebarkan secara menyeluruh untuk kalangan miskin, termasuk masyarakat gelandangan yang tinggal di kolong jembatan, anak jalanan, dan lain-lain.
            Pada tahap pertama hingga akhir tahun 2014, KIS akan dibagikan ke 19 provinsi di Indonesia dan provinsi yang tersisa akan disalurkan pada tahun berikutnya. Target pembagian kartu secara menyeluruh adalah tahun 2015, dimana seluruh masyarakat miskin sudah memiliki masing-masing Kartu Indonesia Sehat.
            Cara menggunakan Kartu Indonesia Sehat cukup mudah, sama seperti program sebelumnya, pasien hanya tinggal menunjukkan kartu tersebut kepada pihak yang berwenang di rumah sakit, kemudian akan secara langsung digratiskan berobat tanpa prosedur lebih lanjut lagi. Sehingga pelaksanaanya akan lebih efektif dan efesien, pasien tidak perlu menunggu lama lagi untuk mengurus surat keterangan dari RT/RW/lurah dan lain-lain.

Sumber : Jokowidodo.com
               yahoo.com