Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Kartu Indonesia Pintar | Tugas Kuliahku

Kartu Indonesia Pintar

       
       Satu lagi kartu ajaib Joko Widodo yang menjadi andalannya untuk penuntasan angka kemiskinan, membantu biaya pendidikan dan mengurangi beban masyarakat. Ya, ini adalah Kartu Indonesia Pintar. Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan kartu yang ditujukan khusus bagi warga miskin dan rentan miskin yang ingin menyekolahkan anaknya secara gratis di semua sekolah negeri di Indonesia dalam arti tanpa biaya pendidikan yang selama ini kita lihat. Selain itu, Kartu Indonesia Pintar juga akan menjangkau anak-anak yang berada diluar lingkuang pendidikan non-formal, bahkan anak-anak jalanan, anak putus sekolah, yatim-piatu, dan difabel.

            Kartu ini juga bisa dipergunakan di balai-balai latihan kerja, penerima kartu ini hanya tinggal menunjukkan kartu Indonesia Pintar ke pihak sekolah dan balai-balai latihan dan pihak sekolah dan balai latihan akan langsung menerima anak tersebut tanpa perlu melakukan prosedur pengurusan surat-surat lagi.
            Peluncuran kartu ini pertama kali dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Pendidikan Dasar dan Menegah Anies Baswedan pada hari senin (3/11/2014) di Kantor Pos Jakarta Pusat, jalan Lapangan Banteng Utara, pada pukul 11.30 WIB.

            Sebanyak 18 kabupaten dan kota akan menerima KIP tahap awal hingga akhir tahun 2014 yaitu: Jembrana, Padeglang, Jakarta Barat, Pusat, selatan, timur, utara, Cirebon, Kota Bekasi, Kuningan, Kota Semarang, Tegal, Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Balikpapan, Kota Kupang, Mamuju Utara, dan Kota Pematang Siantar. KIP disebarkan kepada siswa SD, SMP, hingga SMA/SMK dengan sasaran siswa sebanyak 152. 434 orang. Selebihnya akan dibagikan secara menyeluruh pada awal tahun 2015 dan ditargetkan tahun tersebut, seluruh pelajar miskin Indonesia sudah memiliki kartu Indonesia Pintar tersebut.