Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. PENGERTIAN ORGANISASI PERKANTORAN | Tugas Kuliahku

PENGERTIAN ORGANISASI PERKANTORAN

       
                        Sedikitnya ada lima fakta dalam organisasi perkantoran :
1)      Setiap organisasi perkantoran pasti mencakup sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam interaksi social, baik disebabkan oleh struktur formal maupun struktur informal.
2)      Interaksi dengan system social tersusun dalam sebuah struktur yang menjamin perintah dan lapiran, baik yang berhubungan dengan arus pekerjaan maupun arus informasi.
3)      Sebagai suatu system terbuka, setiap organisasi perkantoran memiliki hubungan timbal balik, baik dalam organisasi intern maupun organisasi ekstern.

4)      Setiap orang di dalam organisasi perkantoran memiliki tujuan individu, yang sebagian darinya merupakan alasan tindakannya, dan masing-masing orang mengharapkan organisasi dapat membantu mencapai tujuannya.
5)      Interaksii social yang terjadi dalam manajemen perkantoran juga dapat membantu percapaian tujuan bersama dengan tujuan individu tersebut.
Berdasarkan kelima fakta diatas, dapat dijabarkan bahwa pengertian organisasi penkantoran adalah sebagai berikut:
1.      Organisasi perkantoran adalah suatu proses yang menjadi tempat orang-orang berinteraksi untuk mencapai tujuan kantor.
2.      Organisasi perkantoran adalah suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orang melangsungkan kegiatannya untuk menerima, menyimpan, mengolah, dan menyajikan informasi dan merawat aktiva.
3.      Organisasi perkantoran mencakup susunan staf dan alokasi tugas dan tanggungjawab dalam mengolah data, memasok informasi untuk pembuatan, dan merawat aktiva.
Sementara itu, dari bentuk komunikasi atau interaksi yang terjadi, didapat dua jenis unsur yang umumnya terjadi dalam setiap organisasi perkantoran, yaitu unsur inti dan unsur kerja.
1.      Unsur Inti
Unsur inti adalah manusia, yaitu orang-orang tertentu yang komunikasi dan interaksinya membentuk organisasi perkantoran.  Lousiana State University, Baton Rauge, Los Angeles, Amerika Serikat (1993), mengatakan bahwa kondisi yang dibutuhkan organisasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih yang merasa bahwa kebutuhan individual mereka dapat terpenuhi lebih baik melalui perpaduan kemampuan atau sumber daya yang dimiliki secara pribadi. Setelah organsasi kantor terwujud, unsur inti mulai terpengaruh oleh unsur kerja. Dapat dikatakan bahwa unsur kerja menentukan mutu interaksi. Para anggota yang berinteraksi membentuk sebuah organsasi perkantoran, sedangkan unsur kerja membuatnya efektif dan infektif.
2.      Unsur Kerja
Unsur kerja (working Elements) yang muncul dalam organisasi perkantoran meliputi :
v  Sumber daya Insani, yaitu kemampuan para karyawan dan pengaruh pribadi mereka
v  Sumber daya nirinsani, yaitu barang ekonomi, seperti mesin-mesin serta perlengkapan kantor dan computer; dan
v  Sumber daya konseptual dan kelompok khusus, yaitu para manajer.
Tingkat pemanfaatan kemampuan dan pengaruh segenap karyawan dan pengaruh segenap karyawan dalam efetivias penggunaan sumber daya sangat tergantung pada cara manajer organisasi perkantoran memahami dan melaksanakan tugas-tugas mereka. Perlu diketahui, membangun hubungan antara tujuan-tujuan pribadi dan tujuan-tujuan organsasi perkantoran merupakan tugas seorang manajer.
           

Sumber : Haryadi Hendi. Administrasi Perkantoran untuk Manajer dan Staf. Jakarta      Selatan. Transmedia Pustaka. 2009.