RPP Otomatisasi Perkantoran Kurikulum 2013
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan
pendidikan                  : SMKN 1
Amborgang
Program/Program
Keahlian     : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester                        : XI / II
Mata
Pelajaran                        : Otomatisasi Perkantoran
Topik                                       : Pengoperasian
Powerpoint
Alokasi
Waktu                        :  2 × 45 menit
Pertemuan
ke                          :  1
A.    KOMPETENSI
INTI
1.     
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.     
Mengembangkan perilaku ( jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerja sama, cinta damai, responsive, dan prokltif) dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     
Memahami, menerapkan, menganalisi
pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rsa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasam
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedurak pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     
Mengolah, menalar, menyaji, dan
menciptakan dalm ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.     KOMPETENSI
DASAR
B.1.     menguraikan
cara mengoperasikan Microsoft Powerpoint
B.2.
    Mengoperasikan Microsoft Powerpoint
C.     INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.     
Mensyukuri kebesaran tuhan yang
ditunjukan dengan sikap  kecermatan
2.     
Terlibat aktif dalam mengoperasikan
Microsoft Powerpoint
3.     
Teliti dalam pemeliharaan alat-alat yang
berhunbungan dengan Microsoft Powerpoint
D.    TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.     
Siswa menunjukkan sikap, teliti, cermat,
kritis,kreatif,  sistematis dan teratur
dalam mengoperasikan Microsoft Powerpoint.
2.     
Siswa mampu mendeskripsikan pengertian
dari Microsoft Powerpoint
3.     
Siswa mampu mengidentifikasikan
Microsoft Powerpoint
4.     
Siswa mampu menciptakan presentasi
Microsoft Powerpoint yang kreatif
E.     MATERI
PEMBELAJARAN
Microsoft Powerpoit
·        
Pengertian Microsoft Powerpoint
·        
Mengaktifkan Microsoft Powerpoint
·        
Menu-Menu  Microsoft Powerpoint
·        
Membuat Presentasi dengan menggunakan
Microsoft Powerpoint
F.      PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan                 :
Scientifik
Strategi                        :
Discovery
Metode                        :
Diskusi, Tanya Jawab, praktek laboratorium
Model                          :
Praktek Laboratorium
G.    MEDIA
DAN ALAT
1.     
Media                    : LCD, Power Point Presentation
2.     
Alat                       : Laptop, LCD dan Speaker Active,
ATK, Whiteboard
3.     
Laboratorium        : Komputer, LCD dan perangkat-perangkat elektronik lainnya
H.    SUMBER
BELAJAR
Buku               :
Panduan belajar Otodidak, Microsoft Powerpoint 
I.       KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan 
 | 
  
Langkah –
  langkah model discovery 
 | 
  
Deskripsi
  Kegiatan 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
Stimulasi 
 | 
  
Pemusatan
  Perhatian : 
-         
  Mengucapkan Salam dan menanyakan kabar siswa 
-         
  Membaca do’a 
-         
  Mengabsen siswa 
-         
  Menyampaikan tujuan belajar 
Guru
  menayangkan gambaran terkait Microsot Powerpoit serta memberikan stimulus
  bagi siswa untuk berpendapat dan memberikan ide-ide yang mereka ketahui untuk
  disampaikan. 
 | 
  
10 Menit 
 | 
 
Kegiatan
  Inti 
 | 
  
Pembahasan
  tugas dan Identifikasi masalah 
 | 
  
Mengamati 
Mengamati  Mulai bekerja dengan MS Power Point, Membuat
  Format , Presentasi, Membuat Format Teks, Membuat Format Tabel, Menggunakan
  warna dan objek, Membuat format penampilan Slide, Mencetak File presentasi 
Menanya 
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang
  berkaitan dengan cara
  kerja MS power point 
Eksperimen/explore 
Menggunakan aplikasi
  MS power point pada berbagai bidang kehidupan 
Asosiasi 
Menjelaskan aplikasi
  lain yang memiliki kesamaan dengan MS power point misalnya: Prezi 
  Komunikasi 
Mempresentasikan cara
  kerja MS  power point 
 | 
  
30
  Menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
Guru bersama
  siswa membuat kesimpulan tentang Microsoft Powerpoint 
 | 
  
5 menit 
 | 
 
Pertemuan 
Ke II
Kegiatan 
 | 
  
Langkah-langkah Discovery 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
Stimulasi 
 | 
  
Pemusatan
  Perhatian : 
-         
  Mengucapkan Salam dan menanyakan kabar siswa 
-         
  Membaca do’a 
-         
  Mengabsen siswa 
-         
  Menyampaikan tujuan belajar 
-         
  Mengajak siswa ke Laboratorium computer dan
  menyuruh masing-masing siswa untuk menyalakan computer masing-masing. 
Guru
  menayangkan gambaran terkait materi yang telah diajarkan pada pertemuan
  sebelumnya, kemudian mendorong siswa untuk mengulas kembali apa yang telah
  dipelajari. 
 | 
  
10 Menit 
 | 
 
Kegiatan Inti 
 | 
  
Mengamati 
Mengamati  Mulai bekerja dengan MS Power Point, Membuat
  Format , Presentasi, Membuat Format Teks, Membuat Format Tabel, Menggunakan
  warna dan objek, Membuat format penampilan Slide, Mencetak File presentasi 
Menanya 
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang
  berkaitan dengan cara
  kerja MS power point 
Eksperimen/explore 
Menggunakan aplikasi
  MS power point pada berbagai bidang kehidupan 
Asosiasi 
Menjelaskan aplikasi
  lain yang memiliki kesamaan dengan MS power point misalnya: Prezi 
  Komunikasi 
Mempresentasikan
  cara kerja MS  power point 
 | 
  
30 Menit 
 | 
 |
Penutup 
 | 
  
Guru bersama siswa
  membuat kesimpulan sesuai dengan materi yang telah dipraktekkan. 
 | 
  
5 Menit. 
 | 
 
I. Materi Pelajaran
Materi Pelajaran
Microsoft Powerpoint silahkan didownload disini
J. Evaluasi, Tes Pilihan
Ganda
(1) Fungsi dari Microsoft Powerpoint adalah….
(a)
Program pengolah kata
(b)
Program basis data
(c)
Sistem operasi
(d)
Program presentasi
(e)
Program pengolah gambar
(2)
Langkah pertama membuat file baru presentasi adalah….
(a)
Klik new file
(b)
Klik open file
(c)
Klik save as
(d)
Klik print preview
(e)
Klik page set up file
(3)
Untuk Menampilkan atau menjalankan file presentasi
adalah….
(a) Klik slide
show view show
(b)
Klik slide show set up show
(c)
Klik save as
(d)
Klik print preview
(e)
Klik slide show custom animation
(4)
Cara cepat Menampilkan atau menjalankan file presentasi
adalah….
(a)
F1
(b)
F2
(c)
F3
(d)
F4
(e)
F5
 (5)
Perintah Untuk Menyimpan File adalah….
(a) File close
(b) File open
(c) File
save
(d) File
new
(e) File search
(6)
Icon pada toolbar untuk membatalkan perintah adalah….
(a)
cut
(b)
paste
(c)
undo
(d)
redo
(e) format painter
(7)
Toolbar yang berisi Mencetak file, Mengkopi file,
menyimpan file disebut
toolbar….
(a)
toolbar standar
(b)
toolbar formating
(c)
toolbar drawing
(d)
toolbar tabel and borde
(e)
menu bar
(8)
Perintah menambah slide baru….
(a) insert
new slide
(b) file
new
(c) file open
(d) insert slide
number
(e) insert diagram
(9)
Disebuat apa file presentasi yang dicetak lebih dari satu
slide
dalam satu halaman….
(a)
handouts
(b)
slide
 (c) outline view
(d)
notes pages
(e)
printing
(10)
Untuk mengatur rata tengah teks menggunakan….
(a)
Ctrl + E
(b)
Ctrl + A
(c)
Ctrl + L
(d)
Ctrl + R
(e) Ctrl + P
K. Kunci Jawaban
1. d
2. a
3. a
4. e
5. c
6. c
7. b
8. a
9. c
10. e
J.       PENILAIAN
Metode 
 | 
  
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
Sikap 
 | 
  
Lembar
  Pengamatan
  tentang sikap teliti, cermat, kritis, sistematis dan teratur dalam menngoperasikan
  Microsoft Powerpoint 
 | 
 
Tes
  Untuk Kerja 
 | 
  
Tugas 
Membuat
  kesimpulan tentang Microsoft Powerpoint dan hubungannya dengan kehidupan
  terutama bidang-bidang administrasi Perkantoran. 
Praktek 
Masing-masing
  siswa diarahkan untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari pada pertemuan
  I serta dibimbing oleh guru. 
 | 
 
Tes
  tertulis 
 | 
  
Tes
  Pilihan Ganda 
Melakukan
  tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap Microsoft
  Powerpoint  sebanyak 10 soal. 
 | 
 
INSTRUMEN
LEMBAR PENGAMATAN
1.      Lembar Pengamatan Ranah Afektif (Teliti,
Cermat, Kritis, Sistemati, dan Teratur)
No 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Aspek Yang Dinilai 
 | 
 ||||||||||
Teliti 
 | 
  
Cermat 
 | 
  
Kreatif 
 | 
  
Sistematis 
 | 
  
Teratur 
 | 
  
Keterangan  
 | 
 |||||||
Ya 
 | 
  
Tdk 
 | 
  
Ya 
 | 
  
Tdk 
 | 
  
Ya 
 | 
  
Tdk 
 | 
  
Ya 
 | 
  
Tdk 
 | 
  
Ya 
 | 
  
Tdk 
 | 
  |||
Kriteria Nilai :
-         
Ya = Baik
-         
Tidak = Kurang Baik.
2.     
Rubrik
kegiatan Diskusi
No. 
 | 
   
Nama Siswa 
 | 
   
A s p e k  P e n g a m a t a n 
 | 
   
Jumlah 
Skor 
 | 
   
Nilai 
 | 
   
Ket. 
 | 
  ||||
Kerja sama 
 | 
   
Meng- 
komunika 
sikan pen-dapat 
 | 
   
Toleransi 
 | 
   
Keaktifan 
 | 
   
Menghargai
   pendapat teman 
 | 
  |||||
Keterangan Skor :                                           
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1
= Kurang
                           ∑ Skor
perolehan 
                           Skor
Maksimal
(20)                              
          Kriteria Nilai 
          A  =                80
– 100             :                             Baik Sekali   
          B  =                70
– 79               :                             Baik
          C  =                60
– 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang
3.     
Rubrik Penilaian Praktek
No. 
 | 
   
Nama Siswa 
 | 
   
A s p e k  P e n i l a i a n 
 | 
   
Jumlah 
Skor 
 | 
   
Nilai 
 | 
   
Ket. 
 | 
  |||||
Disiplin 
 | 
   
Sistemati ka pengoperasian 
 | 
   
Wawa 
San 
 | 
   
Kebera nian 
 | 
   
Antusias 
 | 
   
Gesture dan penampilan 
 | 
  |||||
Keterangan Skor :                                           
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria :
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1
                  = Kurang
                           ∑ Skor
perolehan 
                           Skor
Maksimal
(24)
Kriteria Nilai 
          A  =                80
– 100             :                             Baik Sekali   
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60
– 69               :                             Cukup
          D  =                ‹
60                     :                             Kurang
4.      Rubrik Penilaian Pilihan Berganda
No. 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Nilai 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
Bobot
Soal
No. 
 | 
  
Nomor soal 
 | 
  
Bobot
  penilaian 
 | 
 
1. 
 | 
  
1 
 | 
  
10 
 | 
 
2. 
 | 
  
2 
 | 
  
10 
 | 
 
3. 
 | 
  
3 
 | 
  
10 
 | 
 
4. 
 | 
  
4 
 | 
  
10 
 | 
 
5. 
 | 
  
5 
 | 
  
10 
 | 
 
6. 
 | 
  
6. 
 | 
  
10 
 | 
 
7. 
 | 
  
7. 
 | 
  
10 
 | 
 
8. 
 | 
  
8. 
 | 
  
10 
 | 
 
9. 
 | 
  
9. 
 | 
  
10 
 | 
 
10. 
 | 
  
10. 
 | 
  
10 
 | 
 
                     ∑ Skor perolehan 
                     Skor
Maksimal
(100)
Kriteria Nilai 
          A  =                80
– 100             :                             Baik Sekali   
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60
– 69               :                             Cukup
          D  =                ‹
60                     :                             Kurang
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Amborgang                                               Guru
Mata Pelajaran
(
Robin  Van Persie )                                                                           (Jhon
Miduk S                        )
NIP.19878999045                                                                              NIP.
1994 675 876 789
0 Response to "RPP Otomatisasi Perkantoran Kurikulum 2013"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)