Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. CIRI-CIRI PEKERJAAN KANTOR | Tugas Kuliahku

CIRI-CIRI PEKERJAAN KANTOR

Pekerjaan kantor meliputi aktivitas manajerial mulai dari perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. sedangkan secara khusus pekerjaan kantor meliputi tugas-tugas menghimpun, menggandakan, mengirim, dan menyimpan. Aktivitas pekerjaan kantor itu dilakukan oleh semua bagian dari organisasi/perusahaan.  

Agar lebih memahami tentang aktivitas yang termasuk pekerjaan kantor, berikut ini akan disampaikan ciri-ciri pekerjaan administrasi kantor, yaitu :
1.      Bersifat Pelayanan
Ciri pertama dalam pekerjaan administrasi perkantoran adalah bersifat pelayanan, maksudnya adalah pekerjaan kantor itu pada dasarnya melayani pelaksana pekerjaan operasional (tugas pokok kantor) dlaam pencapaian tujuan organisasi. Hal ini sejalan dengan fungsi pekerjaan kantor itu sendiri yaitu membantu pekerjaan lain agar pekerjaan tugas pokok tersebut dapat berjalan secara efektif dan efesien.
G.R. Terry juga menyebutkan bahwa pekerjaan kantor merupakan pekerjaan pelayanan (service work) yang berfungsi untuk memudahkan dan meringankan, serta membantu pekerjaan lain agar dapat berjalan lebih berdaya guna. Demikian pula dengan pendapat Harry L. Wylie dan Robert P. Brecht yang menyebutkan bahwa pekerjaan kantor merupakan organisasi pelayanan (service unit) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada bagian dalam organisasi atau perusahaan.
2.      Merembes Segenap Bagian Organisasi
Pekerjaan kantor yang bersifat pelayanan itu membuatnya mampu merembes ke segenap bagian dari organisasi/perusahaan. Sifat pelayanan yang dimiliki oleh pekerjaan kantor tadi membuat pekerjaan kantor dapat merambah ke semua pekerjaan operatif dalam setiap unit atau bagian dari organisasi/perusahaan, seperti bagian produksi dan penjualan. Jadi pekerjaan kantor bersifat terbuka dan luas sehingga pekerjaan kantor juga dapat dilakukan dimana saja dalam suatu organisai atau perusahaan, tidak terbatas di kantor saja tetapi dapat pula dilakukan diluar kantor sekalipun.
3.      Dilakukan oleh Semua Pihak
oleh karena pekerjaan kantor itu merembes ke segenap bagian organisasi/perusahaan maka pekerjaan kantor dapat dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi/perusahaan tersebut. Jadi. Pekerjaan kantor dapat dilakukan oleh siapa saja mulai dari pimpinan yang paling tinggi sampai karyawan yang paling bawah sekalipun.
Misalnya seorang direktur selai bertugas dalam memimpin suatu perusahaan dan mengkoordinasi semua bagian, dia juga dapat bertugas menelepon kantor lain untuk menghimpun data atau keterangan yang diperlukan, atau sebaliknya menerima telepon dari kantor lain. seorang mandor pabrik mencatat para pekerja atau karyawan yang tidak masuk atau yang lembur tanpa mengurangi tugas pokoknya sebagai mandor. Seorang petugas pembersih, selain bertugas membersihkan kantor sering pula mendapat pekerjaan mengantar surat dan mengisi buku ekspedisi. Begitu pula dengan bagian penjualan, selain bertugas untuk produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan dia juga bertugas membuat surat permintaan barang, surat penawaran barang, dan membuat bukti pembayaran dan pembelian barang.

Berdasarkan ciri-ciri pekerjaan kantor yang telah diuraikan diatas, dapat disimpulkan bahwa pekerjaan kantor pada umumnya merupakan suatu tugas fungsi yang memberikan bantuan (facilitating fungtion) dan merupakan urat nadi bagi setiap organisasi modern.


Sumber : Widiyanti Ika, 2014. Administrasi Perkantoran. Jakarta : Yudhistira.