Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Contoh Proposal Public Relations | Tugas Kuliahku

Contoh Proposal Public Relations


FIFA NO AGAINST RACISM
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­KATA PENGANTAR
Puji Syukur Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kepada kita semua nikmat yang tak terhingga sehingga proposal kegiatan ini dapat terselesaikan sebagaimana mestinya.
Melalui proposal ini, Kami selaku humas dari FIFA dengan segala rasa bangga mempersembahkan sebuah kegiatan yang berjudul “FIFA NO AGAINST RACISM” . Kegiatan ini merupakan salah satu solusi tentang berbagai kasus rasis yang terjadi dalam setiap pertandingan sepakbola yang dibawahi oleh FIFA. Kegiatan ini ditujukan sepenuhnya untuk semua kalangan yang merupakan penikmat sepakbola terutama yang hadir untuk menonton secara langsung di stadion tempat berlangsungnya Turnamen Piala Dunia 2014 Brasil.
Tak lupa Ucapan Terima kasih yang terdalam kami ucapkan kepada Bapak Seep Bletter sebagai Presiden FIFA sekaligus penasihat acara juga seluruh pihak yang turut membantu penyelanggaraan acara ini.Tanpa dukungan anda semua akan sangat mustahil acara ini dapat terselenggara.
Akhir kata, Semoga Penyelenggaraan kegiatan program “FIFA NO AGAIST RACISM” ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi kita semua.Terima kasih.

Jakarta , 24 November 2013

Humas FIFA
         (Jhon Miduk S)

A.    Latar Belakang
Sepakbola pada umumya merupakan olahraga yang paling diminati oleh berbagai kalangan di dunia, dari kalangan anak-anak, dewasa, hingga yang lanjut usia. Olahraga ini juga merupakan turnamen yang terbesar dalam sejarah turnamen dunia, melebihi turnamen lain seperti Olimpiade Olahraga, Sains, pertunjukan music, dan lain-lain. Sebagai olaraga resmi yang berada dibawah
naungan FIFA (Federation International Football Ascociation) yang merupakan Induk Sepakbola terbesar di dunia, sepakbola jelas mampu mengundang berbagai perhatian dari semua lapisan masyarakat dunia tanpa terkecuali.
Dalam kehidupan dunia, sepabola mampu berperan sebagai pihak apapun, baik sebagai penengah masalah, pemicu masalah, hingga yang paling sering terjadi, Pelecehan terhadap ras tertentu. Isu SARA ini biasanya dilakukan oleh sekelompok yang berkepentingan ketika sebuah pertandingan sedang dijalankan. Para pendukung salah satu tim (Supporter) biasanya secara tidak langsung akan melecehkan Supporter bahkan pemain dari tim yang dilawan oleh tim kebanggaannya.
Masalah Rasisme merupakan masalah yang sangat serius untuk ditanggapi, karena jika tidak segera ditanggapi, Rasisme akan membuat konflik yang lebih serius dan lebih besar lagi dikemudian hari. Kondisi rasisme yang telah hidup di Eropa sejak zaman dulu ikut menciptakan kondisi yang ideal untuk melakukan pelanggaran rasis pada masa sekarang. Tak diragukan lagi bahwa pada kondisi seperti itu pemain, supporter, dan staff pelatih yang berkulit hitamlah yang paling menderita dan yang paling sering mendapat perlakuan rasialis dari masyarakat Eropa. Karena itu, perlu dilakukan upaya‑upaya bersama secara lebih serius guna memastikan bahwa pemain berwarna kulit hitam yang bermain di Piala Dunia 2014 Brasil tidak akan mendapat perlakuan Rasial lagi.
 Sejak era sepakbola modern, berbagai kasus rasisme sudah sering terjadi di dunia sepakbola bahkan hampir setiap tahun, kasus rasisme yang terjadi paling sedikit 10 kasus baik antar supporter maupun antar pemain dilapangan. Memang, FIFA langsung memberi sanksi terhadap para pelaku masalah Rasis, tetapi belum ada jalan yang signifikan untuk mengurangi kemunculan masalah ini dikemudian hari. Berbagai kasus misalnya, kasus Rasis yang dilakukan oleh Luiz Suarez terhadap Defender Machester United ,Patrice Evra , kasus Rasis yang dilakukan oleh supporter  Manchester City terhadap Mario Balotelli, adalah beberapa dari sekian kasus besar yang ada.
Pada dasarnya, manusia itu adalah sama harkat dan martabatnya oleh sang Pencipta, tidak ada yang duduk lebih tinggi dan tidak ada yang duduk lebih rendah. Dalam konsepsi Human of Rights  ( Hak Asasi Manusia) manusia itu mempunyai hak dasar yang sama, yaitu hak untuk memperoleh kenyamanan dan keamanan, hak untuk hidup, hak untuk menyatakan kebebasan opini tanpa kekangan dari  berbagai pihak lain, hak untuk mendapatkan perlindungan, dan berbagai hak yang lainnya yang menyangkut persamaan antara manusia dengan manusia yang lainnya . Masalah perbedaan latar  belakang, Ras kulit putih dan kulit hitam, hanyalah keberagaman anugerah yang diberikan Oleh Tuhan pada kita semua. Melalui Kegiatan ini, mudah-mudahan kasus Rasisme akan semakin bisa teratasi dan pihak yang bersangkutan bisa saling menghargai satu sama lain tanpa mengatasnamakan perbedaan latar belakang, terutama perbedaan Ras.
Salah satu factor yang menyebabkan terjadinya kasus yang menyangkut Rasisme dalam sepakbola adalah kurangnya tekanan dan motivasi dari pihak penyelenggaran turnamen untuk mengatasi terjadinya rasisme. Permasalahan seperti ini terlalu dianggap ringan dan sepele oleh peihak penyelenggara dan public, padahal pihak yang menjadi korban rasisme  ( bagi Pemain sepakbola maupun supporter tim) akan menciptakan efek psikologis yang sangat buruk. Terutama bagi pemain sepakbola yang menjadi korban rasis, tekanan batin akan menjadi rintangan terbesar dalam suatu turnamen, seperti turnamen sekelas Piala Dunia, Liga Champions, Euro, Copa Amerika, dan lain-lain.
Lalu, bagaimana kita menanggulangi masalah rasis yang terjadi pada Supporter dan Pemain di lapangan? Salah satu caranya adalah dengan memberikan motivasi positif bagi para pemain dan supporter di lapangan dengan beberapa media langsung seperti iklan anti rasis, sosialisasi anti rasis (kampanye) di beberapa stadion sepakbola di Eropa dan benua lainnya, serta mencantumkan hal yang berbau penolakan rasis disetiap atribut pertandingan.

B.     Dasar Pemikiran
Perkembangan industry sepakbola semakin meluas dan sangat pesat hingga ke pelosok dunia, hal ini dibuktikan dengan anggota FIFA, ada sebanyak 207 negara di seluruh dunia atau lebih banyak dari jumlah anggota PBB yang hanya 200 negara. Hal ini menjadi latar belakang mengapa sepakbola merupakan kegiatan yang paling popular didunia. Penggila sepakbola bisa melakukan apa saja untuk mendukung tim yang dibangga-banggakan, demikian juga sang pemain, akan melakukan apa saja untuk membela timnya sekaligus meningkatkan kecemerlangan kariernya juga. Tensi panas dalam pertandingan menjadi pemicu terjadinya berbagai konflik pribadi maupun kelompok berbau SARA terutama Ras. Pihak yang menjadi korban rasis hanya mempunyai dua pilihan, yang pertama menyerang balik baik secara fisik maupun non fisik, dan cara yang kedua, diam menerima serangan Rasis dan menderita tekanan batin.
Oleh karena itu, kegiatan “FIFA NO AGAINST RACISM” ini bersama FIFA ini akan mengusung kegiatan seperti Kampanye anti rasis beberapa Stadion sepakbola, tulisan anti rasis disetiap atribut pertandingan sepakbola, dan iklan tentang anti rasis yang akan ditayangkan di jeda pertadingan selama 15 menit di Stadion sepakbola maupun di TV yang menjadi Broadcaster Piala Dunia 2014 Brasil.

C.    Tema dan Judul Kegiatan
Tema Kegiatan            : Anti Rasis
Judul Kegiatan            : FIFA no against Racism
Slogan                         : -    Footbaall Without Racism
-          You & Me = World Cup Beautyful

D.    Tujuan Kegiatan
1.      Untuk mengurangi konflik  Rasis antar pemain sepakbola, penggemar, terutama supporter.
2.      Untuk memberikan kesadaran kepada pihak yang sering melakukan kasus Rasis agar mau menerima keberadaaan individu dari latar belakang manapun.
3.      Meningkatkan kerja sama dan rasa persaudaraan setiap individu (baik pemain maupun supporter dari seluruh ras) dalam setiap pertandingan.

E.     Bentuk Kegiatan
1.      Kampanye anti rasis di 12 Stadion yang akan digunakan sebagai tempat turnamen Piala Dunia 2014 di Brasil :
a.       Stadiiu] on Mineirao
b.      Estadion Garre Marincha
c.       Stadion Governaro Jose Guimaraes
d.      Stadion Joaquim Americo Gimaraes
e.       Stadion Placido Aderaldo Castelo
f.       Stadion Vivaldo Lima
g.      Das Dunas Arena
h.      Stadion Jose Pihero Borba
i.        Arena Cidade da Copa
j.        Estadion Da Maracana
k.      Estadion Fonte Nova
l.        Stadion Pompeu de Toledo
2.       Menyertakan tulisan anti rasis di setiap atribut ( kaos pertadingan, banner sebelum dan sesudah pertadingan yang di bawakan para pemain yang bertading di tunamen bersangkutan), di masing- masing tiket pertandingan, dan tayangan iklan sebelum, istrahat, dan sesudah pertadingan di layar lebar Stadion.
3.      Pembuatan iklan anti rasis yang akan ditayangkan di semua Broadcaster Piala Dunia 2014. Beberapa pemain besar akan turut berpartisipasi dalam pembuatan iklan anti rasis seperti :
a.       Didier Drogba
b.      Cristiano Ronaldo
c.       Lionel Messi
d.      Robin Van Persie
e.       Yaya Toure
f.       Shinji Kagawa
g.      Steve Mandanda
h.      Mark Scwarzher
i.        Samuel Eto’o
j.        Mesut Ozil


F.     Sasaran dan Target Kegiatan
a.       Semua pemain yang berpartisipasi di piala dunia 2014 Brasil
b.      60.000 supporter/ penonton dari masing-masing stadion tempat penyelenggaraan piala dunia 2014.
c.       1,5 Milyar pemirsa seluruh dunia yang menonton melalui Broadcaster resmi Piala Dunia 2014 Brasil.

G.    Undangan
a.       Presiden FIFA Seep Bletter
b.      Presiden dari setiap Negara yang akan bertanding.
c.       Presiden dari masing-masing federasi masing-masing benua seperti AFC oleh Bin Hamman, UEFA oleh Michel Platini, Conmenbol, CAD, Oceania, dan Amerika Latin.
d.      Ketua Asosiasi Pemain Anti rasis, Thierry Henry
e.       Pihak Sponsorship
f.       Pemain-pemain Legendaris seperti George Weah, Ian Rush, Yohan Cryuff, Marco van Basten, Dennis Berkamp, Tony Adams, Gerd Muller, Diego Maradona, Pele, dan lain-lain.

H.    Pelaksana
Humas FIFA

I.       Rencana Pelaksanaan Acara :
a.       Kampanye anti rasis di masing-masing stadion : Untuk babak penyisihan Group, karena dalam satu hari ada 2 pertadingan, maka akan tim akan dibagi menjadi 2 Group untuk masing-masing Stadion. Tanggal Pelaksanaan adalah tanggal 12 Juni hingga 28 Juni 2014, waktu yang digunakan disesuaikan dengan jadwal pertandingan. Untuk fase Knock Out hingga Final, Kampanye anti Rasis akan dilakukan oleh semua anggota team.
b.      Pencantuman tulisan anti Rasisme di setiap atribut (Jersey) yang dikenakan oleh masing-masing pemain. Untuk proses pencantuman tulisan anti rasisme ini akan dilakukan sejak awal Januari 2014 yang akan bekerja sama dengan pihak sponsor penyedia atribut pemain seperti, Adidas, Nike, Gibson, Fender, Peavey, Puma dan Volcom. Adapun tulisan yang akan dicantumkan di masing-masing Jersey pemain adalah “ Footbaal Without Racism” untuk Fase penyisihan Group, “ Respect” untuk Fase 16 Besar, “You & Me Beautyful Football” Untuk  Fase 8 besar dan Semi final, dan “Say no To Racism” untuk pertadingan Final. Waktu yang digunakan sesuai dengan jadwal dari masing-masing tim yang akan bertanding.
c.       Proses pembuatan Iklan Anti Rasis yang akan ditayangkan di Layar Lebar dan masing-masing Broadcaster Resmi Piala Dunia 2014. Broadcaster yang akan digunakan adalah semua Broadcaster yang ikut menyiarkan piala dunia Starsport, TV One, ANTV, BeinSports, Saopaulometro, AlmanarTV, . Untuk Iklan Layar lebar Stadion, penayangan Iklan akan ditayangkan 10 menit sebelum pertandingan, 15 Waktu istrahat, dan 5 menit sesudah pertandingan. Untuk iklan dimasing-masing siaran TV yang menyiarkan, penayangan iklan sudah dilakukan sebulan sebelum turnamen Piala Dunia dimulai, tepatnya tanggal 12 Mei 2014 secara proporsional. Ketika turnamen berlangsung, tanggal 12 Juni, Iklan akan ditayangkan saat sebelum, jeda pertandingan dan sesudah pertandingan berlangsung. Proses ini akan berlangsung hingga partai Final, tanggal 12 Juli di Stadion Mineirao.
d.      Pencantuman Kata “FIFA no Agaist Racism” dimasing-masing tiket piala dunia on-line maupun offline. Proses ini dilakukan mulai tanggal 23 Desember 2014.

J.      Susunan Panitia
Ketua Pelaksana                      : Jhon Miduk S                        ( Indonesia)
Sekretaris                                : Carel Jessica                          ( Kongo)
Bendahara                               : Christina Stephenson            ( Brasil)
Humas                                     : David Beckham                    ( Inggris)
Peralatan & Perlengkapan       : Emmanuel Adebayor            ( Togo)
Acara                                       : Sir Alex Ferguson                 ( Skotlandia)
Dana                                        : Tim Cahill                             (Australia)
Keamanan                               : Kanu                                     ( Ghana)

K.    Anggaran
Pemasukan                             
1.      FIFA                                 : USD   50.000.000,00
2.      Pihak Sponsorship :
a.       Fly Emirates                : USD   32.000.000,00
b.      Adidas                        : USD   15.000.000,00
c.       Samsung                      : USD   12.500.000,00
d.      Chevrolet                    : USD   12.500.000,00   +
Total Pemasukan               : USD  122.000.000,00
Pengeluaran    
1.      Transportasi                       : USD     5.000.000,00
2.      Tulisan Anti Rasis Jersey  : USD     2.000.000,00
3.      Kampanye Anti Rasis       : USD   15.000.000,00
4.      Spanduk anti rasis             : USD        100.000,00
5.      Biaya pembuatan  Iklan    : USD     7.900.000,00
6.      Biaya Penayangan Iklan   : USD   50.000.000,00 
7.      Tulisan Anti rasis Tiket     : USD        500.000,00
8.      Honor Partisipan               : USD   41.500.000,00 +
Total Pengeluaran                     USD  122.000.000,00
L.     Penutup
Demikian proposal ini kami buat sebagai salah satu acuan dalam melaksanakan kegiatan “FIFA NO AGAIST RACISM” ini. Akan lebih berarti jika kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Terimakasih kami ucapakan kepada pihak-pihak yang telah berpastisipasi atas bantuan dan kerja sama yang telah dikorbankan.
            Hormat Kami
           
            Ketua Pelaksana                                                                                  Sekretaris
           
            Jhon Miduk S                                                                                       Karel Jessica

            NIP. 0097666614552                                                                         NIP. 00978816398