Contoh Proposal Public Relations
FIFA NO AGAINST RACISM
KATA PENGANTAR
Puji Syukur Kami panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kepada kita semua nikmat
yang tak terhingga sehingga proposal kegiatan ini dapat terselesaikan
sebagaimana mestinya.
Melalui proposal ini, Kami
selaku humas dari FIFA dengan segala rasa bangga mempersembahkan sebuah
kegiatan yang berjudul “FIFA NO AGAINST RACISM” . Kegiatan ini merupakan salah
satu solusi tentang berbagai kasus rasis yang terjadi dalam setiap pertandingan
sepakbola yang dibawahi oleh FIFA. Kegiatan ini ditujukan sepenuhnya untuk
semua kalangan yang merupakan penikmat sepakbola terutama yang hadir untuk
menonton secara langsung di stadion tempat berlangsungnya Turnamen Piala Dunia
2014 Brasil.
Tak lupa Ucapan Terima
kasih yang terdalam kami ucapkan kepada Bapak Seep Bletter sebagai Presiden
FIFA sekaligus penasihat acara juga seluruh pihak yang turut membantu
penyelanggaraan acara ini.Tanpa dukungan anda semua akan sangat mustahil acara
ini dapat terselenggara.
Akhir kata, Semoga
Penyelenggaraan kegiatan program “FIFA NO AGAIST RACISM” ini dapat berjalan
dengan baik dan memberikan manfaat bagi kita semua.Terima kasih.
Jakarta
, 24 November 2013
Humas
FIFA
(Jhon Miduk S)
A. Latar
Belakang
Sepakbola pada
umumya merupakan olahraga yang paling diminati oleh berbagai kalangan di dunia,
dari kalangan anak-anak, dewasa, hingga yang lanjut usia. Olahraga ini juga
merupakan turnamen yang terbesar dalam sejarah turnamen dunia, melebihi
turnamen lain seperti Olimpiade Olahraga, Sains, pertunjukan music, dan
lain-lain. Sebagai olaraga resmi yang berada dibawah
naungan FIFA (Federation
International Football Ascociation) yang merupakan Induk Sepakbola terbesar di
dunia, sepakbola jelas mampu mengundang berbagai perhatian dari semua lapisan
masyarakat dunia tanpa terkecuali.
Dalam kehidupan
dunia, sepabola mampu berperan sebagai pihak apapun, baik sebagai penengah
masalah, pemicu masalah, hingga yang paling sering terjadi, Pelecehan terhadap
ras tertentu. Isu SARA ini biasanya dilakukan oleh sekelompok yang
berkepentingan ketika sebuah pertandingan sedang dijalankan. Para pendukung
salah satu tim (Supporter) biasanya secara tidak langsung akan melecehkan
Supporter bahkan pemain dari tim yang dilawan oleh tim kebanggaannya.
Masalah Rasisme
merupakan masalah yang sangat serius untuk ditanggapi, karena jika tidak segera
ditanggapi, Rasisme akan membuat konflik yang lebih serius dan lebih besar lagi
dikemudian hari. Kondisi
rasisme yang telah hidup di Eropa sejak zaman dulu ikut menciptakan
kondisi yang ideal untuk melakukan pelanggaran rasis pada masa sekarang. Tak
diragukan lagi bahwa pada kondisi seperti itu pemain, supporter, dan staff
pelatih yang berkulit hitamlah yang
paling menderita dan yang paling sering mendapat perlakuan rasialis dari masyarakat Eropa. Karena
itu, perlu dilakukan upaya‑upaya bersama secara lebih serius guna
memastikan bahwa pemain berwarna kulit hitam
yang bermain di Piala Dunia 2014 Brasil tidak akan mendapat perlakuan Rasial
lagi.
Sejak era sepakbola modern, berbagai kasus
rasisme sudah sering terjadi di dunia sepakbola bahkan hampir setiap tahun,
kasus rasisme yang terjadi paling sedikit 10 kasus baik antar supporter maupun
antar pemain dilapangan. Memang, FIFA langsung memberi sanksi terhadap para
pelaku masalah Rasis, tetapi belum ada jalan yang signifikan untuk mengurangi
kemunculan masalah ini dikemudian hari. Berbagai kasus misalnya, kasus Rasis
yang dilakukan oleh Luiz Suarez terhadap Defender Machester United ,Patrice Evra
, kasus Rasis yang dilakukan oleh supporter
Manchester City terhadap Mario Balotelli, adalah beberapa dari sekian
kasus besar yang ada.
Pada dasarnya,
manusia itu adalah sama harkat dan martabatnya oleh sang Pencipta, tidak ada
yang duduk lebih tinggi dan tidak ada yang duduk lebih rendah. Dalam konsepsi Human of Rights ( Hak Asasi Manusia) manusia itu mempunyai
hak dasar yang sama, yaitu hak untuk memperoleh kenyamanan dan keamanan, hak
untuk hidup, hak untuk menyatakan kebebasan opini tanpa kekangan dari berbagai pihak lain, hak untuk mendapatkan
perlindungan, dan berbagai hak yang lainnya yang menyangkut persamaan antara
manusia dengan manusia yang lainnya . Masalah perbedaan latar belakang, Ras kulit putih dan kulit hitam,
hanyalah keberagaman anugerah yang diberikan Oleh Tuhan pada kita semua. Melalui
Kegiatan ini, mudah-mudahan kasus Rasisme akan semakin bisa teratasi dan pihak
yang bersangkutan bisa saling menghargai satu sama lain tanpa mengatasnamakan
perbedaan latar belakang, terutama perbedaan Ras.
Salah satu factor
yang menyebabkan terjadinya kasus yang menyangkut Rasisme dalam sepakbola
adalah kurangnya tekanan dan motivasi dari pihak penyelenggaran turnamen untuk
mengatasi terjadinya rasisme. Permasalahan seperti ini terlalu dianggap ringan
dan sepele oleh peihak penyelenggara dan public, padahal pihak yang menjadi
korban rasisme ( bagi Pemain sepakbola
maupun supporter tim) akan menciptakan efek psikologis yang sangat buruk.
Terutama bagi pemain sepakbola yang menjadi korban rasis, tekanan batin akan
menjadi rintangan terbesar dalam suatu turnamen, seperti turnamen sekelas Piala
Dunia, Liga Champions, Euro, Copa Amerika, dan lain-lain.
Lalu, bagaimana
kita menanggulangi masalah rasis yang terjadi pada Supporter dan Pemain di
lapangan? Salah satu caranya adalah dengan memberikan motivasi positif bagi
para pemain dan supporter di lapangan dengan beberapa media langsung seperti iklan
anti rasis, sosialisasi anti rasis (kampanye) di beberapa stadion sepakbola di
Eropa dan benua lainnya, serta mencantumkan hal yang berbau penolakan rasis
disetiap atribut pertandingan.
B. Dasar
Pemikiran
Perkembangan
industry sepakbola semakin meluas dan sangat pesat hingga ke pelosok dunia, hal
ini dibuktikan dengan anggota FIFA, ada sebanyak 207 negara di seluruh dunia
atau lebih banyak dari jumlah anggota PBB yang hanya 200 negara. Hal ini
menjadi latar belakang mengapa sepakbola merupakan kegiatan yang paling popular
didunia. Penggila sepakbola bisa melakukan apa saja untuk mendukung tim yang
dibangga-banggakan, demikian juga sang pemain, akan melakukan apa saja untuk
membela timnya sekaligus meningkatkan kecemerlangan kariernya juga. Tensi panas
dalam pertandingan menjadi pemicu terjadinya berbagai konflik pribadi maupun
kelompok berbau SARA terutama Ras. Pihak yang menjadi korban rasis hanya
mempunyai dua pilihan, yang pertama menyerang balik baik secara fisik maupun
non fisik, dan cara yang kedua, diam menerima serangan Rasis dan menderita
tekanan batin.
Oleh karena itu,
kegiatan “FIFA NO AGAINST RACISM” ini bersama FIFA ini akan mengusung kegiatan
seperti Kampanye anti rasis beberapa Stadion sepakbola, tulisan anti rasis
disetiap atribut pertandingan sepakbola, dan iklan tentang anti rasis yang akan
ditayangkan di jeda pertadingan selama 15 menit di Stadion sepakbola maupun di
TV yang menjadi Broadcaster Piala Dunia 2014 Brasil.
C. Tema
dan Judul Kegiatan
Tema Kegiatan :
Anti Rasis
Judul Kegiatan : FIFA no against Racism
Slogan :
- Footbaall Without Racism
-
You
& Me = World Cup Beautyful
D. Tujuan
Kegiatan
1.
Untuk
mengurangi konflik Rasis antar pemain
sepakbola, penggemar, terutama supporter.
2.
Untuk
memberikan kesadaran kepada pihak yang sering melakukan kasus Rasis agar mau
menerima keberadaaan individu dari latar belakang manapun.
3.
Meningkatkan
kerja sama dan rasa persaudaraan setiap individu (baik pemain maupun supporter
dari seluruh ras) dalam setiap pertandingan.
E. Bentuk
Kegiatan
1.
Kampanye
anti rasis di 12 Stadion yang akan digunakan sebagai tempat turnamen Piala
Dunia 2014 di Brasil :
a.
Stadiiu]
on Mineirao
b.
Estadion
Garre Marincha
c.
Stadion
Governaro Jose Guimaraes
d.
Stadion
Joaquim Americo Gimaraes
e.
Stadion
Placido Aderaldo Castelo
f.
Stadion
Vivaldo Lima
g.
Das
Dunas Arena
h.
Stadion Jose Pihero Borba
i.
Arena
Cidade da Copa
j.
Estadion
Da Maracana
k.
Estadion
Fonte Nova
l.
Stadion
Pompeu de Toledo
2.
Menyertakan tulisan anti rasis di setiap
atribut ( kaos pertadingan, banner sebelum dan sesudah pertadingan yang di
bawakan para pemain yang bertading di tunamen bersangkutan), di masing- masing
tiket pertandingan, dan tayangan iklan sebelum, istrahat, dan sesudah
pertadingan di layar lebar Stadion.
3.
Pembuatan
iklan anti rasis yang akan ditayangkan di semua Broadcaster Piala Dunia 2014.
Beberapa pemain besar akan turut berpartisipasi dalam pembuatan iklan anti
rasis seperti :
a.
Didier
Drogba
b.
Cristiano
Ronaldo
c.
Lionel
Messi
d.
Robin
Van Persie
e.
Yaya
Toure
f.
Shinji
Kagawa
g.
Steve
Mandanda
h.
Mark
Scwarzher
i.
Samuel
Eto’o
j.
Mesut
Ozil
F. Sasaran
dan Target Kegiatan
a.
Semua
pemain yang berpartisipasi di piala dunia 2014 Brasil
b.
60.000
supporter/ penonton dari masing-masing stadion tempat penyelenggaraan piala
dunia 2014.
c.
1,5
Milyar pemirsa seluruh dunia yang menonton melalui Broadcaster resmi Piala Dunia
2014 Brasil.
G. Undangan
a.
Presiden
FIFA Seep Bletter
b.
Presiden
dari setiap Negara yang akan bertanding.
c.
Presiden
dari masing-masing federasi masing-masing benua seperti AFC oleh Bin Hamman,
UEFA oleh Michel Platini, Conmenbol, CAD, Oceania, dan Amerika Latin.
d.
Ketua
Asosiasi Pemain Anti rasis, Thierry Henry
e.
Pihak
Sponsorship
f.
Pemain-pemain
Legendaris seperti George Weah, Ian Rush, Yohan Cryuff, Marco van Basten,
Dennis Berkamp, Tony Adams, Gerd Muller, Diego Maradona, Pele, dan lain-lain.
H. Pelaksana
Humas FIFA
I. Rencana
Pelaksanaan Acara :
a.
Kampanye
anti rasis di masing-masing stadion : Untuk babak penyisihan Group, karena
dalam satu hari ada 2 pertadingan, maka akan tim akan dibagi menjadi 2 Group
untuk masing-masing Stadion. Tanggal Pelaksanaan adalah tanggal 12 Juni hingga
28 Juni 2014, waktu yang digunakan disesuaikan dengan jadwal pertandingan.
Untuk fase Knock Out hingga Final, Kampanye anti Rasis akan dilakukan oleh
semua anggota team.
b.
Pencantuman
tulisan anti Rasisme di setiap atribut (Jersey) yang dikenakan oleh
masing-masing pemain. Untuk proses pencantuman tulisan anti rasisme ini akan
dilakukan sejak awal Januari 2014 yang akan bekerja sama dengan pihak sponsor
penyedia atribut pemain seperti, Adidas, Nike, Gibson, Fender, Peavey, Puma dan
Volcom. Adapun tulisan yang akan dicantumkan di masing-masing Jersey pemain
adalah “ Footbaal Without Racism” untuk Fase penyisihan Group, “ Respect” untuk
Fase 16 Besar, “You & Me Beautyful Football” Untuk Fase 8 besar dan Semi final, dan “Say no To
Racism” untuk pertadingan Final. Waktu yang digunakan sesuai dengan jadwal dari
masing-masing tim yang akan bertanding.
c.
Proses
pembuatan Iklan Anti Rasis yang akan ditayangkan di Layar Lebar dan
masing-masing Broadcaster Resmi Piala Dunia 2014. Broadcaster yang akan digunakan
adalah semua Broadcaster yang ikut menyiarkan piala dunia Starsport, TV One,
ANTV, BeinSports, Saopaulometro, AlmanarTV, . Untuk Iklan Layar lebar Stadion,
penayangan Iklan akan ditayangkan 10 menit sebelum pertandingan, 15 Waktu
istrahat, dan 5 menit sesudah pertandingan. Untuk iklan dimasing-masing siaran
TV yang menyiarkan, penayangan iklan sudah dilakukan sebulan sebelum turnamen
Piala Dunia dimulai, tepatnya tanggal 12 Mei 2014 secara proporsional. Ketika
turnamen berlangsung, tanggal 12 Juni, Iklan akan ditayangkan saat sebelum,
jeda pertandingan dan sesudah pertandingan berlangsung. Proses ini akan
berlangsung hingga partai Final, tanggal 12 Juli di Stadion Mineirao.
d.
Pencantuman
Kata “FIFA no Agaist Racism” dimasing-masing tiket piala dunia on-line maupun
offline. Proses ini dilakukan mulai tanggal 23 Desember 2014.
J. Susunan
Panitia
Ketua Pelaksana : Jhon Miduk S (
Indonesia)
Sekretaris :
Carel Jessica (
Kongo)
Bendahara :
Christina Stephenson ( Brasil)
Humas :
David Beckham ( Inggris)
Peralatan & Perlengkapan : Emmanuel Adebayor ( Togo)
Acara :
Sir Alex Ferguson (
Skotlandia)
Dana :
Tim Cahill (Australia)
Keamanan :
Kanu (
Ghana)
K. Anggaran
Pemasukan
1.
FIFA : USD 50.000.000,00
2.
Pihak
Sponsorship :
a.
Fly
Emirates : USD 32.000.000,00
b.
Adidas : USD 15.000.000,00
c.
Samsung : USD 12.500.000,00
d.
Chevrolet : USD 12.500.000,00 +
Total Pemasukan : USD
122.000.000,00
Pengeluaran
1.
Transportasi : USD 5.000.000,00
2.
Tulisan
Anti Rasis Jersey : USD 2.000.000,00
3.
Kampanye
Anti Rasis : USD 15.000.000,00
4.
Spanduk
anti rasis : USD 100.000,00
5.
Biaya
pembuatan Iklan : USD 7.900.000,00
6.
Biaya
Penayangan Iklan : USD 50.000.000,00
7.
Tulisan
Anti rasis Tiket : USD 500.000,00
8.
Honor
Partisipan : USD 41.500.000,00 +
Total Pengeluaran USD 122.000.000,00
L. Penutup
Demikian proposal
ini kami buat sebagai salah satu acuan dalam melaksanakan kegiatan “FIFA NO
AGAIST RACISM” ini. Akan lebih berarti jika kegiatan ini dapat terlaksana
sebagaimana mestinya. Terimakasih kami ucapakan kepada pihak-pihak yang telah
berpastisipasi atas bantuan dan kerja sama yang telah dikorbankan.
Hormat
Kami
Ketua
Pelaksana
Sekretaris
Jhon
Miduk S Karel Jessica
NIP.
0097666614552 NIP.
00978816398
0 Response to "Contoh Proposal Public Relations"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)