Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Fungsi Manajemen | Tugas Kuliahku

Fungsi Manajemen

1.      Perencanaan (Planning)
            Suatu organisasi harus menentukan kemana organisasi dimasa yang akan datang dan bagaimana bisa sampai ke sana. Fungsi perencanaan (planning) erat kaitannya dengan bagaimana menentukan tujuan untuk kinerja organisasi dimasa depan, serta menentukan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

            Misalnya PT. Pertamina menetapkan tujuan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut, pimpinan Pertamina sebagai penyedia Minyak dan Gas Bumi harus mampu memberikan sebuah investasi berupa sumber daya manusia secara kualitas maupun kuantitas agar mampu memberikan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu perlu menyiapkan sumber daya manusia dengan pelatihan melalui diklat atau kualifikasi sumber daya manusia yang diperlukan. Kurangnya perencanaan atau perencanaan yang buruk dapat mengakibatkan kinerja organsasi yang buruk juga.
2.      Pengorganisasian (Organizing)
            Pengorganisasian umumnya dilakukan setelah perencanaan dan mencerminkan bagaimana perusahaan mencoba untuk mencapai rencana yang telah disusun. Pengorganisasian (organizing) meliputi penentuan dan pengelompokan tugas kedalam departemen, penentuan otoritas serta alokasi sumber daya ke dalam departemen.
3.      Pengarahan (Actuating)
            Dalam menjalankan fungsi pengarahan, manajer harus dapat mempengaruhi karyawan untuk melakukan pekerjaan agar tujuan yang telah ditentukan dapat dicapai. Salah satu hal yang harus dilakukan olh manajer berkaitan dengan bagaimana memotivasi karyawannya dan bagaimana seorang manager memimpin karyawannya.
4.      Pengendalian (Controlling)
            Pengendalian berarti mengawai aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi dapat memenuhi target tujuannya dan melakukan koreksi bila diperlukan.




Sumber : Sitorus. Jhon Miduk. Pendidikan Ekonomi dan Administrasi. UNJ. 2014