Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Keahlian Manajemen | Tugas Kuliahku

Keahlian Manajemen

         Tidak semua orang mampu menjalankan peran sebagai manager, karena dengan menjadi  seorang manajer diperlukan beberapa keahlian yang khusus. Keahlian khusus ini dibutuhkan agar organisasi yang dipimpinnya mampu berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Keahlian yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi diantaranya adalah keahlian konseptual, keahlian manusiawi dan keahlian teknik.

1.      Keahlian Konseptual (Conceptual Skill)
Keahlian konseptual (conceptual Skill) merupakan kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan keterkaitan diantara bagian-bagiannya. Keahlian konseptual melibatkan pemikiran manajer, pengelolaan informasi dan kemampuan perencanaan. Keahlian konseptual lebih menekankan pada bagaimana kemampuan seorang manager untuk berpikir strategis, yang salah satunya adalah menekankan bagaimana membuat organisasi sesuai dengan industry, masyarakat, dan lingkungan bisnis sosial yang lebih luas.
Keahlian konseptual sangat diperlukan oleh manajer khususnya manajer puncak. Manajer puncak memiliki tanggungjawab diantaranya pengambilan keputusan pengalokasian sumber daya dan inovasi sehingga mereka harus mengembangkan keahlian koseptualnya.

2.      Keahlian Manusia (Human Skill)
Aspek pokok dalam manajemen adalah memahami peranan dan pentingnya orang lain. Keahlian manusia (human skill) merupakan kemampuan manager untuk bekera dengan dan melalui orang lain, serta secara efektif sebagai anggota kelompok. Sebagai seorang pemimpin, manajer dituntut untuk mampu berhubungan dengan orang lain dalam hal ini memotivasi, memfasilitasi, mengkoordinasi, memimpin, berkomunikasi dan menyelesaikan konflik yang teradi dalam organisasi.
Manajer saat ini tidak bisa hanya memperhatikan fisik karyawan tanpa memperhatikan kebutuhan emosionalnya.

3.      Keahlian Teknis (Teknical Skill)
Keahlian teknis merupakan pemahaman dan kefasihan dalam melakukan tugas tertentu. keahlian teknik mencakup penguasaan metode, teknik dan peralatan yang digunakan dalam menjalankan fungsi tertentu seperti engineering, manufaktur maupun keuangan, keahlian teknis juga mencakup pengetahuan khusus, kemampuan analisis dan penggunaan alat dan teknik yang tepat untuk menyelesaikan masalah dalam bidang disiplin ilmu tertentu.


Sumber : Sudarti & Umi Widyastuti. Pengantar Manajemen . Fakultas Ekonomi Universitas Negri Jakarta: 2011.