Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Tingkatan Manajemen dalam Organisasi | Tugas Kuliahku

Tingkatan Manajemen dalam Organisasi

Secara umum, tingkatan manajemen dalam organisasi dapat dibedakan secara horizontal dan vertical.
A.    Perbedaan Vertical
Secara vertical, hierarki manajemen dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, manajer puncak, manajer menengah dan manajer lini pertama.

·         Manajer puncak (top manager) adalah manajer yang berada di puncak hierarki dan bertanggungawab terhadap perusahaan secara keseluruhan. Umumnya manajer puncak dikenal sebagai presiden, presiden direktur (Chief Executive Officer), Direktur, atau Wakil presiden eksekutif. Manajer puncak bertanggungjawab dalam menentukan tujuan perusahaan, strategi yang akan dijalankan dalam mencapai tujuan, melakukan analisis strength, weakness, opportunity, threat (SWOT) yang disebabkan adanya faktor eksternal untuk selanjutnya mengambil keputusan.
·         Manajer menengah (middle manager) menjalankan tugasnya pada tingkatan menengah dalam organisasi dan bertanggungjawab atas unit usaha dan departemen utama. Biasanya manager menengah dikenal dengan kepala departemen, kepala divisi, kepada bagian dan lain sebagainya. Manager menengah umumnya masih memiliki dua atau tiga jenjang manajemen dibawahnya. Manajer tingkat menengah bertanggungjawab atas implementasi strategi secara keseluruhan dan kebijakan yang ditentukan oleh manajer puncak.
·         Manajer lini pertama (first line manager) secara langsung bertanggungjawab atas produksi barang dan jasa. Umumnya manajer tingkatan ini memegang jabatan sebagai penyelia, manajer kepala seksi dan manajer kantor. Manajer ini bertanggungjawab atas pelaksanaan aturan dan prosedur untuk mencapai produksi yang lebih efesien, memberikan bantuan teknis dan memotivasi bawahan.

B.     Perbedaan Horizontal
·         Secara horizontal tingkatan manajemen dibedakan dalam manajer fungsional dan manajer umum. Manajer fungsional bertanggunjawab atas departemen yang menjalankan tugas fungsional tunggal dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan keahlian yang serupa. Sedangkan manaer umum bertanggungjawab terhadap beberapa departemen yang menjalankan fungsi yang berbeda.


Sumber : Sudarti & Umi Widyastuti. Pengantar Manajemen . Fakultas Ekonomi Universitas Negri Jakarta: 2011.