Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Manfaat Analisis Jabatan | Tugas Kuliahku

Manfaat Analisis Jabatan

            Analisisi jabatan memiliki banyak manfaat bagi pimpinan untuk memecahkan masalah salah satu masalah kepegawaian yang bertalian dengan tugas yang harus dilakukannya. Beberapa manfaat dari analisis jabatan antara lain membantu dalam hal:


1.      Penarikan, seleksi dan penempatan tenaga kerja
2.      Pendidikan dan latihan kerja yang perlu dilakukan
3.      Penilaian jabatan
4.      Perbaikan syarat-syarat pekerjaan
5.      Perencanaan organisasi
6.      Pemindahan dan promosi
Dengan analisis jabatan dapat diperoleh pentunjuk tentang kualifikasi yang harus dimiliki oleh tenaga kerja agar dapat menunaikan tugas sesuai dengan jabatan yang akan diserahkan kepadanya. Oleh karena itu analisis jabatan dapat membantu pimpinan dalam melakukan penarikan, seleksi dan penempatan tenaga kerja pada suatu jabatan yang tersedia secara tepat. Suatu ketepatan dalam  menempatkan tenaga kerja pada suatu jabatan berarti mencegah pemborosan waktu, tenaga, maupun biaya sehingga dapat membantu tercapainya suatu efesiensi semaksimal mungkin bagi organisasi dan perusahaan yang bersangkutan.
Dengan mengetahui syarat kualifikasi suatu jabatan diperoleh pula petunjuk yang menyangkut basis pendidikan dan keahlian yang diperlukan. Maka, dapat disusun program pendidikan maupun latihan yang diarahkan pada terbentuknya keahlian yang diperlukan untuk memangku jabatan yang tersedia.
Berdasarkan kualifikasi suatu jabatan, diketahui pula petunjuka yang dapat dimanfaatkan oleh pimpinan untuk memberi penialian terhadap jabatan atau pekerjaan yang terdapat dalam organisasi. Penilaian terhadap setiap jabatan atau pekerjaan itu bukan saja dapat dimanfaatkan untuk menentukan tingkat upah setiap jabatan atau pekerjaan tetapi sekaligus juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan promosi ataupun pemindahan pegawai.
Analisis jabatan dapat pula memberikan manfaat bagi pimpinan untuk mengadakan penyederhanaan dan perbaikan syarat-syarat pekerjaan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efesiensi. Selain itu, analisis jabatan dapat juga membantu pimpinan dalam menyusun organisasi, apabila telah diketahui batas dan kualifikasi yang diperlukan untuk setiap jabatan atau pekerjaan serta hubungan antara jabatan atau pekerjaan yang satu dengan yang lain.
Dengan adanya informasi yang jelas untuk setiap jabatan yang ada, maka dapat dihindarkan timbulnya duplikasi pelaksanaan tugas di antara berbagai jabatan atau pekerjaan dalam organisasi atau perusahaan.


Sumber : Saksono, Slamet. Administrasi Kepegawaian. Kanisius. Yogyakarta. 1988.