Contoh Silabus Kurikulum 2013, Otomatisasi Perkantoran
SILABUS OTOMATISASI PERKANTORAN SMK
KURIKULUM 2013
PROGRAM KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN
: ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA
PELAJARAN
: OTOMATISASI PERKANTORAN
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas :
X
Kompetensi
Inti:
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
1.
2.
|
1.1Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2 Penerapan penggunaan panca indera
sebagai sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan
nilai-nilai agama yang dianut
1.3 Meyakini bahwa bekerja adalah
salah satu bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara
sungguh-sungguh
|
|||||||
2.1 Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan
otomatiasi perkantoran
2.2 Menunjukkan perilaku ilmiah
(jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
kerja
2.4 Memiliki Sikap proaktif dalam
melakukan kegiatan otomatisasi perkantoran
|
||||||||
Semester 1
|
||||||||
3.1. Menjelaskan cara mengetik
(keyboarding) dengan tepat dan tepat
4.1. Mengoperasikan cara mengetik
(keyboarding) dengan tepat dan tepat
|
1. K3 Perkantoran,
syarat-syarat ergonomic : luas ruang kerja, sikap duduk dan letak jari;
bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar; keyboard dan
mouse, map dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan, kebisingan
2. Mengetik 10 jari
dengan kecepatan 200 epm dan ketepatan 99%
3. Teknik Mengetik
system 10 Jari dengan Cepat dan Tepat:
a. Penguasaan Tuts
dasar, Tuts Atas, Tuts Bawah, Tuts Angka dan tanda baca
b. Mengetik naskah
dengan kecepatan mulai dari 50 epm sampai dengan 200 epm, dengan tepat 100%
|
Mengamati
Mengamati
beberapakondisi tentang K3, ergonomic : ruang kerja, sikap duduk
dan letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar;
keyboard dan mouse, dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan, dan
kebisingan
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan
denganpengetikan 10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts yang
digunakan dalampengetikan
Asosiasi (menalar)
Menjelaskan konidisi
atau dampak yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam duduk,
mengetik.
Komunikasi
Mempresentasikantata
cara mengetik 10 jari dan menjelaskandampak akibat kesalahan dalam
duduk, mengetik.
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan penmgetikan (keyboarding)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan pengetikan dikantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang proses pengetikan di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang tata cara mengetik
(keyboarding)
|
7 x 5 JP
|
||||
3.2 Mengidentifikasi cara
mengoperasikan Microsoft Word
4.2. Mengoperasikan cara
kerja Microsoft Word
|
MS
Word
o Mulai bekerja dengan MS
Word
o Membuat format dokumen
o Membuat format teks dan
paragraph
o Membuat Format Tabel dan
mengolah
o Membuat Mail Merge
o Menggunakan Warna dan
objek
o Mencetak File Dokumen
|
Mengamati
Mengamati bagaimana
cara kerjadengan MS Word, Membuat format dokumen, Membuat format teks dan
paragraph, Membuat Format Tabel, mengolah, Membuat Mail Merrge, Menggunakan
Warna dan objek dan Mencetak File Dokumen di sekolah atau di
kantor terdekat
Menanya
Memberikan
kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan cara kerja MS
Word.
Eksperimen/explore
Praktik
cara menggunakan semua tombol keyboard
Asosiasi
Menjelaskan tentang
cara kerja MS lainnya yang memiliki kesamaan dengan MS Word.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja dengan S Word.
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan
kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
6 X 5 JP
|
o
|
|||
3.3. Menguraikan cara mengoperasikan
Microsoft Excel
4.3. Mempraktikkan cara mengoperasikan
Microsoft Excel
|
MS
Excel
o Mulai bekerja dengan MS
Excel
o Membuat Format Wordbook
o Membuat Format Tabel
o Membuat Format data
Tabel
o Mengolah Data Tabel dan
Grafik
o Menggunakan warna dan
objek
o Mencetak File Workbook
|
Mengamati
Mengamati Mulai
bekerja dengan MS Excel, Membuat Format Wordbook, Membuat Format Tabel,
Membuat Format data Tabel, Mengolah Data Tabel dan Grafik, Menggunakan warna
dan objek, Mencetak File Workbook di sekolah atau di kantor terdekat
.
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan
cara kerja MS Excel
Eksperimen/explore
Menggunakan rumus-rumus
MS Excel
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi
lain yang meiliki kesamaan dengan MSel.
Komunikasi
o Mempresentasikancara
kerja MS Excel
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan
kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
7 X 5 JP
|
o
|
|||
Semestar 2
3.4 Menguraikan cara
mengoperasikan Microsoft Power Point
4.4 Mengoperasikan Microsoft
Power Point
|
MS
Power Point
o Mulai bekerja dengan MS
Power Point
o Membuat Format
Presentasi
o Membuat Format Teks
o Membuat Format Tabel
o Menggunakan warna dan
objek
o Membuat format
penampilan Slide
o Mencetak File presentasi
|
Mengamati
Mengamati Mulai
bekerja dengan MS Power Point, Membuat Format , Presentasi, Membuat Format
Teks, Membuat Format Tabel, Menggunakan warna dan objek, Membuat format
penampilan Slide, Mencetak File presentasi
Menanya
Memberikan
kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan cara kerja MS
power point
Eksperimen/explore
Menggunakan aplikasi
MS power point pada berbagai bidang kehidupan
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi
lain yang memiliki kesamaan dengan MS power point misalnya: Prezi
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja MS power point
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan materi yang dipresentasikan melalui
power point
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantorkhususnya dengan pekerjaan yang
menggunakan power point
Portofolio
Laporan
tertulis tentang penggunaan power point di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS power point
|
5 X 5 JP
|
||||
3.5 Menguraikan cara
mengoperasikan Microsoft Publisher
4.5 Mempraktikkan cara
mengoperasikan Microsoft Publisher
|
MS Publisher
o Mulai bekerja dengan MS
Publisher
o Langkah kerja MS Publisher
o Mencetak File MS Publisher
|
Mengamati
Mengamati cara
kerjaMulai bekerja dengan MS Publisher, Langkah kerja MS Publisher, Mencetak
File MS Publisher
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan
denganpembuatan MS Publisher
Eksperimen/explore
Menggunakan
simbol-simbol yang digunakanMS Publisher
Asosiasi
Menjelaskan
akibat kesalahan dalam mengerjakan materi dengan MS Publisher.
Komunikasi
MempresentasikanCara
kerja MS Publisher
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan
kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang penggunaan MS publisher di kantor terdekat secara
berkelompok
Tes
Tes
Praktik dan tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS
Publisher
|
5 X 5 JP
|
||||
3.6 Menguraikan cara mengoperasikanwebside
4.6 Mempraktikkan cara mengoperasikanwebside
|
Internet
dan E-mail
o Akses internet
o Pengertian tentang HTML
o Penggunaan perangkat
lunak untuk menciptakan web site
o E-mail dengan ISP
o Mengenal Aneka TIP
(Install Font, Print Out, Menentukan jumlah Worksheet atau Workbook, dan
tampilan halaman web dalam Home Page
|
Mengamati
Mengamati penggunaan
dan pengoperasian Webside di sekolah atau di kantor terdekat.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta
didik menanyakan hal yang berkaitan dengancara mengoperasikanwebside
Eksperimen/explore
Mendemontrasikan
cara kerja webside kepada teman sekelas secara individual atau kelompok
Asosiasi
Menjelaskan fasilitas
lain yang memiliki kesamaan dengan cara kerja internet email dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja webside secara berkelompok
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan
kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
5 x 5 JP
|
o
|
|||
3.7 Menjelaskan cara memproduksi
dokumen/lembar kerja sederhana
4.7 Mengoperasikan cara memproduksi
dokumen/lembar kerja sederhana
|
Tata
Cara pengetikan dokumen panjang maupun pendek seperti:
o Surat, memo dan sampulnya
o Kartu nama, ucapan,
undangan, barang, dll
o Surat/piagam
penghargaan,
o Brosur, calendar,
o Simbol rumus atau nilai
statistik
o Laporan, daftar isi,
daftar pustaka, dll
Tata
cara mengetik dan mengolah data tabel dan grafik dengan menggunakan
fungsi-fungsi:
o Matematika
o Statistik
o Logika
o Lookup
o Smart Art
Tata
Cara mengetik Bahan tampilan slide Presentasi dengan cara:
o Memformat presentasi
o Memformat Teks
o Memformat table
o Memfaatkan Smart Art
o Memformat penampilan
Slide secara transisi, animasi, sound effect
|
Mengamati
Mengamati
beberapacara memproduksi lembara kerja di sekolah atau di kantor
terdekat.
Menanya
Memberikan
kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengancara
pengetikan dokumen panjang maupun pendek
Eksperimen/explore
Mencoba
mengetik dokumen-dokumen seperti memo, kartu nama, kartu undangan dan
lain-lain secara individual
Asosiasi
Menjelaskan cara
pengetikan bahan tampilan presentasi dengan memanfaatkan Smart Art
dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana.
|
Tugas
Membuat
tulisan untuk Kartu Nama atau kartu ucapan dan lain-lain dengan menggunakan
fasilitas computer secara berkelompok
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan pengerjaan dokumen sederhana
Portofolio
Laporan
tertulis tentang cara membuat dokumen secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentangcara memproduksi
dokumen/lembar kerja sederhana
|
5 X 5 JP
|
o
|
|||
0 Response to "Contoh Silabus Kurikulum 2013, Otomatisasi Perkantoran"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)