Contoh Silabus Kurikulum 2013, Otomatisasi Perkantoran

SILABUS OTOMATISASI PERKANTORAN SMK KURIKULUM 2013



PROGRAM KEAHLIAN                                   :
  ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN                                          :  ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN                                        :  OTOMATISASI PERKANTORAN


Satuan Pendidikan        : SMK
Kelas                               : X
Kompetensi Inti:
 KI 1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.





No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.

























2.

1.1Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Penerapan penggunaan panca indera sebagai sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
1.3  Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
2.1 Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan otomatiasi perkantoran
2.2  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
2.4  Memiliki Sikap proaktif dalam melakukan kegiatan otomatisasi perkantoran
Semester 1
3.1. Menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat


4.1. Mengoperasikan  cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat



1.    K3 Perkantoran, syarat-syarat ergonomic : luas ruang kerja, sikap duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar; keyboard dan mouse, map dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan, kebisingan
2.    Mengetik 10 jari dengan kecepatan 200 epm dan ketepatan 99%
3.    Teknik Mengetik system 10 Jari dengan Cepat dan Tepat:
a.    Penguasaan Tuts dasar, Tuts Atas, Tuts Bawah, Tuts Angka dan tanda baca
b.    Mengetik naskah dengan kecepatan mulai dari 50 epm sampai dengan 200 epm, dengan tepat 100%
Mengamati
Mengamati  beberapakondisi  tentang K3,  ergonomic : ruang kerja, sikap duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar; keyboard dan mouse,  dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan, dan kebisingan

Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan denganpengetikan 10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts yang digunakan dalampengetikan
Asosiasi (menalar)
Menjelaskan konidisi atau dampak yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam duduk,  mengetik.
  Komunikasi
Mempresentasikantata cara mengetik 10 jari dan menjelaskandampak akibat kesalahan dalam duduk, mengetik.
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan penmgetikan (keyboarding)
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan pengetikan dikantor
Portofolio
Laporan tertulis tentang proses pengetikan di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang tata cara mengetik (keyboarding)


7 x 5 JP
3.2 Mengidentifikasi cara mengoperasikan Microsoft Word


4.2. Mengoperasikan cara kerja Microsoft Word

         MS Word
o   Mulai bekerja dengan MS Word
o   Membuat format dokumen
o   Membuat format teks dan paragraph
o   Membuat Format Tabel dan mengolah
o   Membuat Mail Merge
o   Menggunakan Warna dan objek
o   Mencetak File Dokumen
Mengamati
Mengamati bagaimana cara kerjadengan MS Word, Membuat format dokumen, Membuat format teks dan paragraph, Membuat Format Tabel, mengolah, Membuat Mail Merrge, Menggunakan Warna dan objek dan Mencetak File Dokumen  di sekolah atau di kantor terdekat
Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan cara kerja MS Word.
Eksperimen/explore
Praktik cara menggunakan semua tombol keyboard
Asosiasi
Menjelaskan tentang cara kerja MS lainnya yang memiliki kesamaan dengan MS Word.
  Komunikasi
Mempresentasikan cara kerja dengan S Word. 
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan kantor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantor

Portofolio
Laporan tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
6 X 5 JP
o    
3.3. Menguraikan cara mengoperasikan Microsoft Excel

4.3. Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Excel


         MS Excel
o   Mulai bekerja dengan MS Excel
o   Membuat Format Wordbook
o   Membuat Format Tabel
o   Membuat Format data Tabel
o   Mengolah Data Tabel dan Grafik
o   Menggunakan warna dan objek
o   Mencetak File Workbook
Mengamati
Mengamati  Mulai bekerja dengan MS Excel, Membuat Format Wordbook, Membuat Format Tabel, Membuat Format data Tabel, Mengolah Data Tabel dan Grafik, Menggunakan warna dan objek, Mencetak File Workbook di sekolah atau di kantor terdekat
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan cara kerja MS Excel
Eksperimen/explore
Menggunakan rumus-rumus MS Excel
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi lain yang meiliki kesamaan dengan MSel.
  Komunikasi
o    Mempresentasikancara kerja MS Excel




Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan kantor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda


7 X 5 JP
o    
Semestar 2

3.4 Menguraikan cara mengoperasikan  Microsoft Power Point


4.4 Mengoperasikan  Microsoft Power Point



         MS Power Point
o   Mulai bekerja dengan MS Power Point
o   Membuat Format Presentasi
o   Membuat Format Teks
o   Membuat Format Tabel
o   Menggunakan warna dan objek
o   Membuat format penampilan Slide
o   Mencetak File presentasi

Mengamati
Mengamati  Mulai bekerja dengan MS Power Point, Membuat Format , Presentasi, Membuat Format Teks, Membuat Format Tabel, Menggunakan warna dan objek, Membuat format penampilan Slide, Mencetak File presentasi

Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan cara kerja MS power point
Eksperimen/explore
Menggunakan aplikasi MS power point pada berbagai bidang kehidupan

Asosiasi
Menjelaskan aplikasi lain yang memiliki kesamaan dengan MS power point misalnya: Prezi
  Komunikasi
Mempresentasikan cara kerja MS  power point

Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan materi yang dipresentasikan melalui power point
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantorkhususnya dengan pekerjaan yang menggunakan power point
Portofolio
Laporan tertulis tentang penggunaan power point di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS power point


5 X 5 JP
3.5  Menguraikan cara mengoperasikan Microsoft Publisher



4.5  Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher



   MS Publisher
o  Mulai bekerja dengan MS Publisher
o  Langkah kerja MS Publisher
o  Mencetak File MS Publisher

Mengamati
Mengamati  cara kerjaMulai bekerja dengan MS Publisher, Langkah kerja MS Publisher, Mencetak File MS Publisher

Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan denganpembuatan MS Publisher
Eksperimen/explore
Menggunakan simbol-simbol yang digunakanMS Publisher
Asosiasi
Menjelaskan akibat kesalahan dalam mengerjakan materi dengan MS Publisher.
  Komunikasi
MempresentasikanCara kerja MS Publisher 
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan kantor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan tertulis tentang penggunaan MS publisher di kantor terdekat  secara berkelompok
Tes
Tes Praktik dan tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS Publisher
5 X 5 JP
3.6 Menguraikan cara mengoperasikanwebside

4.6 Mempraktikkan cara mengoperasikanwebside




         Internet dan E-mail
o   Akses internet
o   Pengertian tentang HTML
o   Penggunaan perangkat lunak untuk menciptakan web site
o   E-mail dengan ISP
o   Mengenal Aneka TIP (Install Font, Print Out, Menentukan jumlah Worksheet atau Workbook, dan tampilan halaman web dalam Home Page
Mengamati
Mengamati penggunaan dan pengoperasian  Webside di sekolah atau di kantor terdekat. 
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengancara mengoperasikanwebside

Eksperimen/explore
Mendemontrasikan cara kerja webside kepada teman sekelas secara individual atau kelompok
Asosiasi
Menjelaskan fasilitas lain yang memiliki kesamaan dengan cara kerja internet email dan lain-lain.
  Komunikasi
Mempresentasikan cara kerja webside secara berkelompok 
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penangananpekerjaan kantor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o   Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
5 x 5 JP
o    
3.7  Menjelaskan cara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana

4.7 Mengoperasikan cara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana
         Tata Cara pengetikan dokumen panjang maupun pendek seperti:
o   Surat, memo dan sampulnya
o   Kartu nama, ucapan, undangan, barang, dll
o   Surat/piagam penghargaan,
o   Brosur, calendar,
o   Simbol rumus atau nilai statistik
o   Laporan, daftar isi, daftar pustaka, dll
         Tata cara mengetik dan mengolah data tabel dan grafik  dengan menggunakan fungsi-fungsi:
o   Matematika
o   Statistik
o   Logika
o   Lookup
o   Smart Art
          Tata Cara mengetik Bahan tampilan slide Presentasi dengan cara:
o   Memformat presentasi
o   Memformat Teks
o   Memformat table
o   Memfaatkan Smart Art
o   Memformat penampilan Slide secara transisi, animasi, sound effect
Mengamati
Mengamati  beberapacara memproduksi lembara kerja  di sekolah atau di kantor terdekat. 
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengancara pengetikan dokumen panjang maupun pendek
Eksperimen/explore
Mencoba mengetik dokumen-dokumen seperti memo, kartu nama, kartu undangan dan lain-lain secara individual
Asosiasi
Menjelaskan cara pengetikan bahan tampilan  presentasi dengan memanfaatkan Smart Art dan lain-lain.
  Komunikasi
Mempresentasikan cara memproduksi dokumen/lembar  kerja sederhana.
Tugas
Membuat tulisan untuk Kartu Nama atau kartu ucapan dan lain-lain dengan menggunakan fasilitas computer secara berkelompok
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan pengerjaan dokumen sederhana
Portofolio
Laporan tertulis tentang cara membuat dokumen secara berkelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentangcara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana
5 X 5 JP
o    





0 Response to "Contoh Silabus Kurikulum 2013, Otomatisasi Perkantoran"

Posting Komentar

Termimakasih buat partisipasinya ya :)