Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) Otomatisasi Perkantoran
Satuan
Pendidikan : SMK N 1 Jakarta Timur
Kelas /
semester : XI / 1
Mata
Pelajaran : Otomatisasi
Perkantoran
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Menganalisis pengertian otomatisasi
perkantoran secara umum
Kompetensi
Dasar : Menganalisis otomatiasi perkantoran dan
penggunaanya dalam ruang lingkup kantor.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.
Menjelaskan
pengertian otomatisasi perkantoran
2.
Menjelaskan
tujuan otomatisasi perkantoran
3.
Menjelaskan
penggunaan otomatisasi perkantoran
4.
Mendeskripsikan
alat-alat otomatisasi perkantoran
5.
Mendemonstrasikan
alat-alat otomatisasi perkantoran
6.
Mengaplikasikan
jenis-jenis aplikasi otomatisasi perkantoran
7.
Menunjukkan
kategori pemakai otomatisasi perkantoran
8.
Mendeskripsikan
manfaat otomatisasi perkantoran
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
2.
Siswa
dapat menjelaskan tujuan otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
4.
Siswa
dapat mendeskripsikan alat-alat otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
6.
Siswa
dapat mengaplikasikan jenis-jenis aplikasi otomatisasi perkantoran dengan
kebenaran 80%
7.
Siswa
dapat menunjukkan kategori pemakai otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
8.
Siswa
dapat mendeskripsikan manfaat dari otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
Materi
Ajar :
OTOMATISASI
PERKANTORAN
A.
Pengertian Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi Perkantoran adalah semua sistem informasi
formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada
dan dari orang yang berbeda didalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain
otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi
tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan.
Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika
IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin
TIK listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin
yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang
dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara
otomatis.
Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor biasanya dikenal dengan istilah Office Automation atau OA.
B. Tujuan Otomatisasi Perkantoran
Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor biasanya dikenal dengan istilah Office Automation atau OA.
B. Tujuan Otomatisasi Perkantoran
OA atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan
produktivitas kerja melalui:
1.
Meminimalkan/Penghindaran Biaya, Komputer
tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai
yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2.
Pemecahan Masalah Kelompok, Otomatisasi
kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk saling melakukan
komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
3.
Pelengkap Bukan Pengganti, OA tidak akan
menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional - percakapan tatap
muka, percakapan telepon, peasn tertulis pada memo, dan sejenisnya.
4.
Penggabungan dan Penerapan Teknologi,
misalnya antara telepon,komputer, jaringan internet, satelit, dll.
5.
Memperbarui Proses Pelaksanaan Pekerjaan di
Kantor, Produk OA atau office Automation memungkinkan para pekerja kantor ini
memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik.
Jenis-Jenis
Aplikasi Otomatisasi Perkantoran.
Aplikasi otomatisasi kantor yang telah diketahui, yaitu:
1.
WORD PROCESSING
Word Processing adalah
penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa
tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
2.
ELECTRONIC MAIL
Electronic Mail yang
dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan
pemakai untuk mengirim, menyimpan, dan menerima pesan dengan menggunakan
terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3.
VOICE MAIL
Voice Mail sama persis
dengan electronic mail. perbedaan nya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan
mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya.
4. ELECTRONIC CALENDARIN
4. ELECTRONIC CALENDARIN
Electronic Calendaring
adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang
telah ditetapkan oleh manajer.
5. AUDIO CONFERENCING
5. AUDIO CONFERENCING
Audio Conferencing adalah
penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara
orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi.
6. VIDEO CONFERENCING
6. VIDEO CONFERENCING
Video Conferencing
melengkapi signal audio dan signal video. pralatan televisi digunakan untuk
mengirim dan menerima signal audio dan video.
7. COMPUTER CONFERENCING
7. COMPUTER CONFERENCING
Computer Conferencing
adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga meemberi kemampuan seseorang
untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi.
8. FACSIMILE TRANSMISSION
8. FACSIMILE TRANSMISSION
Facsimile Transmission yang
biasanya disebut Fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca
tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di
ujung yang lain.
9. VIDEO TEXT
9. VIDEO TEXT
Video Text adalah
penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan mmateri tekstual pada
layar crt.
10. IMAGE STORE AND RETRIEVAL
Image Store and Retrieval
digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali
dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11. DESKTOP PUBLISHING
11. DESKTOP PUBLISHING
Desktop Publishing atau DTP
adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir sama dengan yang
dihasilkan oleh typesetter. Penggunaan Desktop Publishing sebagai alat
pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi dan teknis.
D. Empat Kategori Pemakai
Otomatisasi Kantor
Agar suatu sistem atau
aplikasi dapat berjalan dan dapat dinilai apakah sistem itu bagus atau tidak,
maka diperlukan namanya pemakai. ia yang akan menilai, merancang, dan
mengembangkan sehingga suatu sistem dapat berjalan. Pengguna Otomatisasi Kantor
yang ada dalam suatu sistem Informasi adalah:
1.
Manajer, adalah seorang yang bertanggung
jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
2.
Profesional, yakni tidak mengelola orang
tetapi menyumbang keahlian khususnya (misalnya, pembeli, Wiraniaga, dan Asisten
Staff Khusus). Manajer dan Profesional secara bersama deikenal sebagai pekerja
terdidik.
3.
Sekretaris, biasanya ditugaskan pada pekerja
terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi,
menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4.
Clerical Employee (Pegawai Administratif),
melaksanakan tugas untuk tuga untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin
fotocopy, menyusun dokumen, dan mengirimkan surat.
E.
Manfaat Otomatisasi Kantor
Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai
komponen dalam menangani informasi. mulai dari input hingga distribusi dengan
memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara
minimal. dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah
digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakan landasan
yang kuat untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi
dengan baik.
Karakter
yang harus dimiliki :
1)
Kerja Keras : siswa
bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan dalam belajar dan tugas,
serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
2)
Kreatif: siswa mampu menciptakan hal-hal baru dalam
belajarnya baik berupa kemampuan mengembangkan kemampuan formasi yang
diperoleh dari guru dalam proses belajar mengajar yang berupa pengetahuan
sehingga dapat membuat kombinasi yang baru dalam belajarnya.
3)
Toleransi: siswa dapat berikap dan bertindak
yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya baik di lingkungan sekolah maupun di luar
sekolah.
4)
Disiplin: siswa dapat menunjukan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan yang ada di lingkungan sekolah.
5)
Rasa Ingin Tahu: siswa dapat
selalu berupaya untuk
mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan
didengar di dalam kelas maupun di lingkungannya.
6)
Semangat Kebangsaan: siswa
mampu berpikir, bertindak
dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas
kepentingan diri dan kelompoknya. Contohnya: menggunakan peralatan perkantoran
untuk lebih mengembangkan kemampuan belajar.
7)
Cinta Tanah Air: siswa
memiliki rasa bangga menjadi
orang Indonesia, mampu melestarikan budaya, dan menghormati upacara bendera
sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia
8)
Peduli Sosial: siswa mampu
bersikap dan bertindak
ingin selalu memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi:
merupakan interaksi antara didik dan peserta didik, atau peserta didik dan
pengajar untuk menganalisis, menggali, atau memperdebatkan topik atau
permasalahan tertentu.
1.
Menyediakan
topik atau masalah yang akan didiskusiakan tentang revolusi industri dan
pengaruhnya pada kehidupan di Indonesia.
2.
Menyebutkan
pokok-pokok masalah yang akan dibahas perkelompok.
3.
Menugaskan
peserta didik untuk menjelaskan, menganalisis, dan meringkas.
4.
Membimbing
diskusi dan tidak memberikan ceramah.
·
Persentasi: Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan
banyak hadirin. Presentasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti
menyajikan atau mengemukakan.
1.
Perkelompok mempersentasikan hasil diskusi
sesuai dengan topik atau masalah masing-masing di depan kelas.
·
Tanya Jawab:
Metode Tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan
pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi
kesempatan bertanya dan guru menjawab.
1.
Setelah
perkelompok mempersentasikan hasil diskusinya di depan kelas, perkelompok
mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap kelompok yang sedang
mempersentasikan hasil diskusinya.
Media Pembelajaran :
1.
LCD :
Untuk presentasi guru dalam menjabarkan materi dan kelompok yang akan
presentasi setelah membahas materi masing-masing.
2.
Laptop : sebagai media sambungan LCD,
sebagai salah satu alat otomatisasi kantor.
3.
Alat-
alat kantor : merupakan alat yang
berfungsi sebagai sarana dan objek pembelajaran.
4.
PPT : untuk mempresentasikan
hasil diskusi masing-masing kelompok di depang kelas
5.
Model
Pembelajaran
STUDENT
TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah
:
1.
Membentuk kelompok yang anggotanya = 5 orang
secara heterogen (campuran menurut
prestasi, jenis kelamin, suku, dll).
2.
Guru menyajikan pelajaran.
3.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan pada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.
Guru mempersilakan perkelompok untuk
mempersentasi hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi dan memberikan
pertanyaan terhadap kelompok yang sedang persentasi
5.
Memberi evaluasi
6.
Kesimpulan
Kegiatan Pembelajaran
No
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
|
1.
|
Kegiatan
Awal
|
§ Guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan KD dari
materi pokok pelajaran yang akan di ajarkan.
§ Guru
memberi informasi sekilas tentang revolusi industri di Eropa terhadap
perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.
|
10
|
2.
|
Kegiatan
Inti
|
§ Eksplorasi:
Guru membentuk kelompok menjadi 6 kelompok dan memberikan materi diskusi
kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing
secara kooperative.
§ Elaborasi:
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan
dari materi yang didiskusikan kelompok.
§ Konfirmasi:
Setiap kelompok memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap kelompok yang
sedang mempresentasikan hasil diskusinya.
§ Kelompok
menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
|
65
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
|
§ Guru
memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
§ Guru
memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya
§ Guru
memberikan tugas secara individu tentang materi yang sedang dibahas.
§ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
15
|
Penilaian
Hasil Belajar
Evaluasi
Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Tepat
1.
Manakah Konsep Manajamen Perkantoran Modern
yang tepat ?
a.
Berhubungan dengan pekerjaan ketatausahaan
b.
Berhubungan dengan korespondesi untuk bahan
presentasi pimpinan
c.
Berhubungan dengan pengolahan informasi untuk
pengambilan keputusan
d.
Berhubungan dengan pengambilan keputusan
untuk pemecatan karyawan
e.
Berhubungan dengan pekerjaan tata letak kantor
2.
Pilihlah salah satu Tujuan dari otomatisasi
perkantoran !
a.
Penggabungan dan penerapan sumber daya manusia
b.
Produktifitas pekerjaan menjadi lebih rumit
c.
Merubah budaya organisasi perusahaan
d.
Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan
dikantor
e.
Meningkatkan gaji karyawan
3.
Manakah aplikasi dari otomatisasi
perkantoran ?
a.
Konferensi audio,video, dan tatap muka
b.
Konferensi video,komputer, dan rapat pimpinan
c.
Videotext, surat elektronik, surat pos
d.
Konferensi video, surat pos, dan
konferensi audio
e.
Konferensi audio, video, dan komputer
4.
Use of automatic equipment and ….. to do work
a.
Human
b.
Machine
c.
Horse
d.
Automatic
e.
Manual
5.
Istilah yang dikeluarkan oleh IBM untuk
menjelaskan kegiatan mesin tik listrik adalah?
a.
Excel Processing
b.
Powerpoint processing
c.
Autocad processing
d.
Word processing
e.
Number processing
6.
Pada dasarnya ada4 pemakai yang menggunakan
otmatisasi kantor.Siapakah mereka ?
a.
sekretaris,pegawai admnistratif, professional
dan office boy
b.
sekretaris, satpam, pegawai admnistratif,
professional
c.
sekretaris,satpam,pegawai admnistratif,office
boy
d.
sekretaris, manajer, professional, office boy
e.
sekretaris,pegawai
admnistratif, professional,manajer
7.
Apa yang dimaksud dengan video
conference pada otomatisasi perkantoran ?
a.
hubungan jarak jauh yang menggunakan system
audio
b.
hubungan jarak jauh yang menggunakan system
visual
c.
hubungan jarak jauh yang menggunakan surat
menyurat
d.
hubungan jarak jauh yang menggunakan audio
visual
e.
hubungan jarak jauh yang menggunakan telepati
8.
Salah satu kelemahan yang utama dari adanya
pemakain otomatisasi perkantoran adalah?
a.
pajak perusahaan menjadi lebih tinggi
b.
lemahnya pengawasan terhadap pekerjaan
c.
gaji karyawan menurun
d.
pengurangan kebutuhan sdm menjadi teknologi
e.
banyak menimbulkan keborosan produksi
9.
Model OA dibagi dalam dua komponen utama yaitu
komponen
a.
Database dalam OA dan Aplikasi dalam OA
b.
Service messaging dalam OA dan Aplikasi dalam
OA
c.
Input dalam OA dan Aplikasi dalam OA
d.
Output dalam OA dan Aplikasi dalam OA
e.
Saving dalam OA dan Aplikasi dalam OA
10.
Apa yang dimaksud dengan kantor virtual ?
a.
Pekerjaan yang dapat di delegasikan kepada
orang lain
b.
Pekerjaan yang dapat di kerjakan dengan cara
musyawarah
c.
Pekerjaan yang dilakukan dalam kantor
d.
Pekerjaan yang dapat dikerjakan di lokasi
geografis manapun
e.
Pekerjaan yang dapat biasa dilakukan oleh karyawan
kantor
Kunci
Jawaban :
1.
Jawaban :c. Berhubungan dengan pengolahan
informasi untuk pengambilan keputusan
2.
Jawaban: d. Memperbaharui proses pelaksanaan
pekerjaan dikantor
3.
Jawaban: e. Konferensi audio, video, dan
komputer
4.
Jawaban: b. Machine
5.
Jawaban: d. Word Processing
6.
Jawaban: e. sekretaris, pegawai admnistratif,
professional,manajer
7.
Jawaban :d. hubungan jarak jauh yang
menggunakan audio visual
8.
Jawaban: d. pengurangan kebutuhan sdm menjadi
teknologi
9.
Jawaban: a.Database dalam OA dan Aplikasi
dalam OA
10.
Jawaban: d. Pekerjaan yang dapat dikerjakan di
lokasi geografis manapun
Mengetahui
Wakasek bag. Kurikulum Jakarta, 01 Mei 2014
SMK N 1 Jakarta Timur Guru Mata Pelajaran
Robin Van Persie. M.Pd Jhon Miduk Sitorus. S.Pd
NIP. 020098776513767 NIP.
008876612757
0 Response to "Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) Otomatisasi Perkantoran"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)