Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia | Tugas Kuliahku

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia.   Training.ppsdm.com
Fenomena sosial masa kini dan masa depan dalam era globalisasi ini, yang sangat menentukan adalah manajemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan modal dan kekayaan yang terpenting dari setiap kegiatan manusia. Manusia sebagai unsur terpenting mutlak, dianalisis dan dikembangkan dengan cara tersebut, waktu, tenaga, dan kemampuannya benar-benar dapat dimanfaatkan dengan cara yang optimal bagi organisasi maupun bagi kepentingan individu.
Manajemen sumber daya manusia terdiri dari empat suku kata, yaitu manajemen, sumber, daya dan manusia. Keempat sukuu kata terbukti tidak sulit untuk dipahami artinya. Dikamsudkan dengan manajemen sumber daya manusia adalah proses pengendalian berdasarkan fungsi manajemen terhadap daya yang bersumber dari mannusia. Seperti ditulis oleh Michael Amstrong, Manajemen Sumber Daya Manusia dari hasil kerja Peter Drucker dan Souglas MC Groger di tahun 1950-an.
Sebagaimana dikemukakan oleh Drucker, merintis jalan ke arah falsafah manajemen sumber daya manusia dan program sumber daya manusia harus dimasukkan sebagai sasaran dan rencana strategis dari perusahaan.
Ada lima prinsip pendekatan terhadap manajemen sumber daya manusia, yaitu :
1.    Sumber daya manusia adalah merupakan kekayaan yang paling penting, yang dimiliki oleh suatu organisasi, sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan organisasi tersebut.
2.    Keberhasilan sangat mungkin dicapai manakala peraturan atau kebijaksanaan dan prosedur, serta mekanisme kerja yang bertalian dengan mnasuia dan perusahaan tersebut saling berhubungan dan memberikan sumbangan terhadap pencpaian tujuan perusahaan dan pencapaian strategis.
3.    Budaya dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian terbaik.
4.    Manajemen sumber daya manusia berhubungan secara integrasi, menjadikan semau anggota organsasi terlibat untuk mencapai tujuan.
5.    Empat prinsip tersebut harus tertanam dalam diri setiap anggota (manusia).
Hubungan manajemen dengan sumber daya manusia, merupakan proses usaha pencapaian tujuan melalui kerjasama dengan orang lain. ini berarti menunjukkan pemanfaatan daya yang bersumber dari orang lain untuk mencapai tujuan.
Sumber daya manusia sering disebut Human Resources, tenaga atau kekuatan manusia (energi atau power). Sumber daya yang juga disebut sumber tenaga, kemampuan, kekuatan, keahlian yang dimiliki oleh manusia, dipunyai juga oleh makluk organisme lainnya, misalnya pada hewan, tumbuh-tumbuhan bahkan dipunyai juga oleh unsur dalam.

Manusia sebagai perencana, pelaksana, pengendali, dan evaluasi suatu pembangunan dan menikmati hasil evaluasi suatu pembangunan, sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan, karena manusia mempunyai peran yang sangat menentukan.