Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia | Tugas Kuliahku

Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia
Perencanaan Sumber Daya Manusia
Tujuan perencanaan SDM adalah sebagai berikut :
1.    Bagi kepentingan organisasi adalah sebagai berikut :
·         Menarik dan mempertahankan jumlah karyawan yang cukup dengan keahlian yang memadai untuk dapat berperan secara efektif dalam mencapai tujuan organisasi.
·         Menggunakan karyawan secara maksimal. Perencanaan SDM dapat menjadi alat untuk mengevaluasi dampat kebijakan dan tindakan alternative penggunaan SDM. Dengan perencanaan SDM, maka aktivitas SDM dapat dievaluasi dengan menggunakan model yang sama melalui investasi terhadap fasilitas baru, promosi pemasaran, atau alat-alat keuangan. Aktivitas SDM menggunakan input berupa uang, waktu, dan material, dan keterlibatan karyawan. Penggunaan input tersebut untuk menciptakan pengalaman bagi karyawan atau untuk melakukan perubahan terhadap hubungan organisasi. Aktivitas kompesasi menggunakan uang dan manajemen waktu untuk melakukan perubahan antara perilaku karyawan dengan balas jasanya.. aktivitas pelatihan menggunakan uang, waktu pelatihan dan bahan-bahan pelatihan untuk menciptakan pengalaman dalam mengingkatkan keahlian, kemampuan, dan motivasi peserta.
·         Mengantisipasi dan menghadapi perubahan-perubahan tuntutan kerja/perubahan-perubahan sumber daya manusia yang tersedia. Perencanaan SDM meningkatkan proses perencanaan bisnis secara keseluruhan.
·         Memenuhi kriteria sumber daya manusia dimasa mendatang yang berasal dari sumber internal. Perencanaan SDM dapat menjadi suatu bentuk perhatian yang besar dari manajemen SDM terhadap berbagai tingkatan manajerial dalam organisasi.
·         Memastikan bahwa kesempatan yang sama dalam hal promosi dan pengembangan akan berlakuk bagi semua karyawan. Perencanaan SDM dapat menjadi dasar bagi pengembangan kemampuan karyawan yang dirancang untuk mencapai pemanfaatan karyawan secara optimum dalam organisasi melalui pemberian kesempatan yang lebih luas bagi wanita dan golongan minoritas dalam perkembangan organisasi dimasa depan, dan mengidentifikasi kebutuhan terhadap program pelatihan dan pengemangan secara khusus dalam rangka meningkatkan keahlian di masa depan.
·         Mengontrol biaya SDM dan mengantisipasi secara efektif bila terdapat biaya karyawan yang baru muncul. Pengurangan biaya kepegawaian disebabkan karena kemampuan manajemen untuk mengantisipasi kekurangan dan atau kelebihan karyawan dan mengoreksi ketidakseimbangan sebelum menjadi tak terkendali dan mengeluarkan biaya yang cukup besar.
·         Mengintegrasikan seluruh aktivitas manajemen SDM. Berbagai perbedaan dalam aktivitas SDM harus dapat diintegrsikan untuk mempertinggi nilai SDM.

2.    Bagi kepentingan pribadi karyawan, perencanaan SDM adalah sebagai alat untuk menyusun rencana pengembangan karir pribadi, yaitu :
·         Mengetahui mengenai kemampuan pengebangan jenjang karirnya.
·         Mengetahui mengenai kemampuan apa yang harus dimilikiny untuk menduduki jabatan tertentu.
·         Mengetahui mengenai waktu terbaik untuk mencapai karir tersebut

3.    Bagi kepentingan negara, perencanaan SDM memiliki tujuan sebagai berikut :
·         Penentuan struktur serikat pekerja yang ekonomis.
·         Inventarisasi klasifikasi jabatan.
·         Penetapan tingkatt kepandaian dan keahlian karyawan asing dalam rangka alih terknologi “Program penampungan dan pelatihan kerja bagi para penganggur.”