Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Pengertian Seni Menurut Para Ahli | Tugas Kuliahku

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli
Dalam kehidupan sehari-hari, segala unsur kegiatan dan aktivitas kita selalu berhubungan dengan seni baik secara disadari maupun tanpa disadari. Secara umum, seni adalah segala sesuatu yang memiliki nilai dan keindahan yang diungkapkan oleh manusia melalui kelima panca inderanya.

Seni berasal dari bahasa Sansekerta (sani) yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Jadi, pada dasarnya kata seni (sani) tersebut digunakan untuk kepentingan upacara keagamaan. Berdasarkan bahasa Belanda, seni berasal dari kata “Genie” yang dalam bahasa latin diartikan sebagai “Genius” yang memiliki arti sebagai kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Dalam kajian Ilmu Eropa, Seni disebut dalam bahasa Inggris “art” yang berarti sebagai artivisual dari suatu benda (baik hidup maupun mati) yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Untuk memperjelas pemahaman kita tentang seni, Tugas Kuliahku menyediakan 23 Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Ada baiknya kita simak Pengertian Seni Menurut Para ahli sebagai berikut :

Aristoteles
Seni adalah usaha untuk meniru yang dilakukan terhadap alam dengan sifat yang harus ideal.

Plato dan J.J. Rosseau
Seni adalah hasil peniruan dari alam dengan segala seginya.

Emmanuel Kant
Seni adalah suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.

Alexander Baum Garton
Seni menyangkut tentang keindahan seni memiliki tujuan yang positif, serta menjadikan setiap orang yang melihat dan mendengar seni tersebut merasa bahagia.

Ki Hajar Dewantara
Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga mampu menggetarkan hati dan perasaan manusia.

Leo Tolstoy
Seni adalah ungkapan perasaan sang pencipta yang kemudian diungkapkan kepada orang lain dengan harapan agar mereka mampu merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

Chartin Muller
Seni adalah sesuatu yang dihasilkan dari unsur rasa yang berhubungan dengan karya cipta seseorang.

Sudarmadji
Seni adalah segala jenis bentuk manifestasi batin serta yang melibatkan berbagai media dalam bidang, garis, tekstur, warna, volume, serta gelap dan terang.

Suwajdi Bastomi
Seni adalah aktivitas batin yang melibatkan pengalaman estetis yang diungkapkan dalam sebuah bentu agung, yang kemudian mampu membangkitkan rasa haru dan tajub akan  pengalaman tersebut.

Shcopeheur
Seni adalah segala macam usaha yang dilakukan untuk menciptakan berbagai bentuk atau situasi yang menyenangkan.

Jhon Miduk Sitorus
Seni adalah segala sesuatu yang bisa dilihat, dirasakan, diraba dan diekspresikan oleh manusia. Segala sesuatu yang adalah dalam kehidupan adalah seni karena semuanya memiki proses yang bertahap tanpa terkecuali.

Hilary Bell
Seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

James Murko
Seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam setiap jiwa manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi kedalam bentuk yang dapat dianggap oleh indera pendengar, penglihatan, atau dilahirkan kembali/baru dengan perantara.

Popo Iskandar
Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Ira Idriati (Dosen Seni ITB)
Seni adalah proses dan produk dari memilih medium dan suatu aturan peraturan untuk menggunakan medium itu dan suatu nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu untuk menyampaikan dengan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara sefektif mungkin untuk medium tersebut.

Eric Ariyanto
Seni adalah kegiatan rohani dan aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Adhian Karta Miharja
Seni merupakan kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

Herbet Read
Seni adalah aktivitas yang menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.

Hary Sulastianto
Seni adalah suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai pemikiran estetika dan ide, termasuk dalam menciptakan imajinasi, pandangan, dan kemampuan akan suatu suasana dan benda dan juga karya yang bisa menumbuhkan rasa indah sehingga dapat menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

Nuning Y. Damayanti
Seni adalah sinonim dari ilmu yang bisa dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreativitas yang diciptakan oleh manusia.

Everyman Encyclopedia
Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia, bukan atas dorongan atau kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak atau kemauan atas kemewahan, kenikmatan, atau kebutuhan spiritual.

Ensiklopedi Indonesia
Seni merupakan ciptaan atas segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarkannya.

Wikipedia Indonesia
Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Seni juga dapat didefenisikan sebagai sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.


Demikianlah Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Pada umumnya memiliki dasar dan persamaan persepsi terhadap seni bahwa seni menyangkut keindahan cita, dan rasa. Semoga bermanfaat.