Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli | Tugas Kuliahku

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Pada dasarnya, belajar merupakan proses perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu yang merupakan hasil dari pemberian stimulus dan respon. Hasil dari belajar telihat dalam perubahan tingkah laku baik secara positif maupun negatif.

Stimulus merupakan rangsangan yang diberikan sedangkan respon merupakan tanggapan atau hasil dari pemberian stimulus tersebut. Hasil belajar yang baik dan positif harus menghasilkan stimulus dan respon dalam dua arah, misalnya dalam proses pembelajaran guru mengajari muridnya dan kemudian muridnya memberikan tanggapan atau pertanyaan atas materi tersebut.

Nah, untuk mengetahui defenisi Belajar atau pengertian belajar lebih lanjut, silahkan simak pengertian belajar menurut para ahli sebagai berikut :

Ernest  R. Hillard
Belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda sebelumnya dari perubahan yang ditimbulkan oleh hal yang lainnya.

Moh Surya (1981 : 32)
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh sebuah perubahan tingkah laku dan sikap yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Jadi, belajar itu mengutamakan perubahan pada diri seseorang.

Winkel
Belajar merupakan semua aktivitas mental atau psikologis yang berlangsung pada interaksi aktif dalam sebuah lingkungan atau ruang, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

Notoadmodjo
Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan.

Ahmadi A
Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia.

Noehi Nasution
Belajar merupakan suatu proses yang memungkinkan timbulnya sebuah perubahan tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama dengan syarat bahwa perubahan tersebut disertai dengan adanya kematangan atau adanya perubahan yang bersifat sementara.

Whiterington
Belajar adalah proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan pola respon dan tingkah laku yang nyata dalam bentuk keterampilan, kebiasaan, kesanggupan dan sikap.

Snelbecker
Belajar mencakup tingkah laku dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks dan perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol faktor eksternal.

Gronbach
Belajar merupakan proses mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca inderanya sebaik mungkin.

Ernest H. Hilgard
Belajar merupakan dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar dan bila kelakuannya berubah sehingga caranya lain menghadapi sesuatu yang berubah tersebut.

Speass
Belajar adalah mengamati, membaca, imitasi, untuk mencoba sesuatu secara sendiri, mendengarkan dan mengikuti arahan.

James Patrick Chaplin (dictionary of phsicology 1985)
Belajar dibagikan dalam dua rumusan. Rumusan pertama adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap akibat latihan dan pengalaman. Rumusan kedua belajar adalah proses memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.

Hitzman. Douglas (the psicology of Learning and Memory 1987)
Belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, manusia, atau hewan yang disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.

Ngalim Purwanto (1992:84)
Belajar merupakan setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan dan pengalaman.

Skinner
Belajar merupakan hubungan antar stimulus dan respon yang tercipta melalui proses perubahan tingkah laku.

Arno F. Witting (Psicology of learning, 1981)
Belajar merupakan perubahan yang relatif menetap dalam segala macam tingkah laku suatu organisme sebagai hasil belajar.

Trianto
Belajar merupakan sebuah proses yang melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar.

Slameto (2002)
Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Robert M. Gagne (the conditioning of learning)
Learning is change in human disposition or capacity, wich persists over a period time, and which is not simply ascribable to process a groeth. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi.

Lester D. Crow and Alice Crow
Belajar adalah acuquisition of habits, knowledge and attitudes. Belajar adalah upaya-upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap.

Herbart (swiss)
Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafalan.

Djamarah, Syaiful Bahri (Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah  serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor

Howard L. Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.

Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.

James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.

Lester D. Crow
Belajar adalah kebiasaan acuquisition, pengetahuan  dan sikap. Belajar merupakan upaya untuk memperoleh kebiasaan, pengetahuan dan sikap


Berdasarkan defenisi belajar menurut para ahli tersebut, belajar merupakan proses perubahan tingkah laku (respon) yang disebabkan adanya faktor internal dan eksternal (stimulus). Semoga bermanfaat untuk anda.