Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. 11 Tipe Dosen | Tugas Kuliahku

11 Tipe Dosen

Menjadi mahasiswa menyimpan kenangan tersendiri bagi masing-masing mahasiswa. Begitu juga dengan dosen, bagi mahasiswa, dosen adalah paru-paru karena nilai yang kita terima tergantung dari dosen tersebut. Mau seberapa besar usaha kita, mau guling-guling keliling lapangan, mau bayar ke mbah dukun, mau sembah syujud, atau gimanapun, tetap kuncinya ada di dosen. Jika dosen memberikan nilai A atau syukur-syukur nilai B, hati sudah pasti sudah lega, tapi coba kalo dosen memberikan nilai dibawah itu.

Nilai yang diberikan dosen memang berdasarkan pertimbangan dari pekerjaan kita juga, seberapa rajin kita masuk ketika mata kuliahnya, seberapa aktif kita berinteraksi dikelasnya, seberapa sering kita mengumpul tugas, seberapa dekat kita dengan dosen tersebut, jika kita tidak memiliki masalah dengan dosen terhadap hal-hal diatas, tenang, nilai anda akan terjamin yang penting anda wajib ikut UTS dan UAS.

Bicara tentang tipe-tipe dosen, mahasiswa sering memberikan label yang berbeda kepada masing-masing dosen karena memang karakteristik setiap dosen itu berbeda-beda, bahkan label kepada seorang dosenpun terkadang berbeda dari semua mahasiswa karena cara mahasiswa memahami dosen juga berbeda-beda. Berikut beberapa tipe dosen yang wajib anda ketahui :

1.    Dosen Perfeksionis
Dosen seperti ini sebenarnya tidak ditakuti oleh mahasiswa, tetapi semua mahasiswa sangat hormat dan respect kepada dosen ini. Jika dosen mengatakan ada tugas dan harus dikumpulkan sekarang juga, maka semua mahasiswa akan mengumpulkan saat itu juga tanpa ada protes sedikit pun. Dosen seperti ini sebenarnya masih bisa dilobby, jadi kalo mau UTS atau UAS, kita masih bisa nego soal kisi-kisi soal, atau jika tugas belum selesai masih ditoleransi untuk diundurkan pengumpulannya.

Jika mengajar dikelas, semua mahasisa tidak boleh ada yang main-main, jika ada yang main-main biasanya langsung ditegur walau tidak sampai dikeluarkan. Jika ada yang telat masih dalam jam toleransi, tetapi dimasukkan. Dosen seperti ini sangat enak jika diajak serius dan bercanda, jika sudah diluar jam kuliah, dosen ini akan lebih banyak mengajak anda bercanda.

2.    Dosen Tukang Curhat
Dosen seperti ini biasanya sering curhat masalah rumah tangganya, masalah kehidupan sehari-hari, masalah cucu, masalah anak, pokoknya mahasiswa dijadikan sebagai tempat untuk mengadu masalah deh. Kan harusnya mahasiswa yang curhat kepada dosen, kok ini malah kebalik. Tapi benaran ada kok.
Dosen ini biasanya disukai oleh mahasiswa (mahasiswa yang tidak suka belajar mulu), tetapi dibenci oleh mahasiswa yang benar-benar ingin kuliah. Dosen ini juga kurang dianggap oleh teman dosen yang lain biasanya. Mahasiswa yang mendengarkan curhatannya biasanya hanya mengangguk-ngangguk walau tanpa memberikan solusi.

3.    Dosen Teks Book
Suka berceramah panjang lebar tanpa titik koma selama jam kuliah dikelas. Ilmu yang dimilikinya hanya sebatas ilmu yang diajarinya, tetapi dia hafal betul teori yang diajarkannya, berada dibuku halaman mana. Mahasiswa banyak yang bosan dengan dosen ini karena hanya ngomong terus sepanjang jam kuliah. Dosen ini kurang memperhatikan mahasiswa yang tidur dan tidak hadir, dan hanya dekat dengan beberapa mahasiswa yang aktif dikelas saja.

4.    Dosen Pemalas
Jarang hadir untuk mengajar dikelas, padahal mahasiswa semangat untuk kuliah saat jam kuliahnya. Dosen seperti ini biasanya melimpahkan kegiatan perkualiahan kepada mahasiswanya, misalnya membuat tugas kelompok dan mempresentasikan tugas tersebut dengan kelompok masing-masing. Jadi, ketika dia sedang malas ngajar, dosen ini akan menyuruh kepada mahasiswanya tetap masuk dan presentasi tanpa ada yang membimbing. Kalo gitu, sama aja nongkrong di warung kopi J

5.    Dosen Pedagang
Dosen seperti ini sepertinya membutuhkan tambahan penghasilan. Biasanya ketika ada mata kuliahnya, dosen ini akan meminta mahasiswa untuk membeli buku yang dijualnya. Alasannya, “materinya lengkap ada dibuku ini”, “kalian wajib memiliki buku”, “hasil penjualan buku bukan untuk saya” dan bla-bla-bla begitu deh. Jadi mahasiswa yang diajarinya terpaksa deh mengeluarkan duit tambahan buat membeli bukunya, bahkan kreditpun jadi. Jika masuk pada hari berikutnya dengan mata kuliah yang sama, maka dosen ini sebelum membuka perkuliahan selalu menanyakan “siapa yang belum lunas bukunya, dibayar sekarang ya!”.

Untuk kasus ini, saya pernah berhadapan dengan dosen seperti ini, beliau mejual buku yang kecil dengan harga selangit. Tetapi ada sesuatu yang janggal, disampul belakang bukunya tertulis “buku ini tidak untuk diperjual belikan”. Hohohoho,….. hayoo.

6.    Dosen Upeti
Dosen ini senang dimanjakan dengan hadiah atau upeti terutama oleh mahasiswa yang bermasalah. Dosen ini pura-pura tegas didepan, tetapi kalo sudah disogok hatinya akan luluh juga. Iya dong, siapa yang matanya ga merah melihat duit gratis hehe.

7.    Dosen Killer
Dosen yang paling ditakuti oleh mahasiswa. Untuk zaman sekarang, populasi dosen seperti ini sepertinya sudah mulai punah karena dosen killer adalah lulusan tahun 50-70anlah. Dosen jenis ini memiliki aturan tersendiri yang tegas dan super tegas hingga seluruh mahasiwa akan takut jika bertemu dengan dosen ini. nilai maksimal yang bisa kita dapatkan dari dosen ini adalah nilai B. jadi, untuk mata kuliah yang diajarkannya, siap-siap untuk menerima resiko mengulang mata kuliah kembali.
Saat mengajar dikelas, mahasiswa akan berusaha menghindari tatapan matanya agar tidak disuruh maju kedepan. Jika ada mahasiswa yang tidur dikelas, mahasiswa tersebut akan dicerca atau diberikan sanksi berupa nilai E. duuhhh ampuunn.

8.    Dosen Malaikat
Dosen seperti ini merupakan dosen yang paling disukai oleh mahasiswa. Hampir semua mahasiswa yang diajarnya setuju jika dosen seperti ini adalah dosen yang baik dan sangat baik. Dosen seperti ini bukan berarti dosen yang bisa dinego-nego bukan bro. dosen seperti ini juga tegas, tetapi tahu kondisi, kelemahan, keunggulan masing-masing mahasiswanya, sehingga kalo memberikan nilai ada beberapa pertimbangan yang sangat diperhatikan oleh dosen ini.
Dosen ini akan lebih sering menanyakan kabar anda, tugas anda, melobby anda tentang skripsi anda, menyapa anda lebih duluan, dan yang pasti akan selalu tersenyum buat anda sehingga anda akan benar-benar merasa dekat atau seperti temanan dengannya.

9.    Dosen Artis
Dosen tipe ini cenderung lebih memperhatikan penampilan dirinya sendiri, sebelum mengajar kekampus, dia akan terlebih dahulu kesalon untuk bersolek. Dosen seperti ini didominasi oleh perempuan, jika dia berjilbab, jilbabnya agak tanggung jadi lebih berkesan seperti kerudung, trus rambutnya dibuat seperti jambul yang melengkung keatas, make-up yang over dosis, sepatu hak tinggi sehingga terdengar suara plok-plok-plok, cara berjalan yang di setting banget, ngomong yang centi-centil, pokoknya dosen seperti ini mungkin representasi model dosen modern 100 tahun yang akan datang.

10. Dosen OVJ
Dosen ini merupakan dosen yang periang, minimal selalu tersenyum kepada mahasiswanya, saat ngajar, dikampus, diruangan kantor pribadi, atau dimanapun. Dosen ini juga banyak disukai oleh mahasiswa. Meski dosen ini tidak pernah tertawa, tetapi dosen seperti ini mampu membuat mahasiswanay tertawa terbahak-bahak hingga sakit perut yang luar biasa. Dosen seperti ini juga tidak pelit dalam memberikan nilai, dijamin anda akan dapat nilai A, yang penting hadir aja terus.

11. Dosen Penabur Sensasi
Dosen ini dikategorikan oleh mahasiswa sebagai dosen Ganteng/Cantik. Mahasiswa cewek akan senang dengan dosen yang ganteng, begitu juga dengan mahasiswa cowok paling demen dengan dosen yang menawan. Tidak heran jika mahasiswa/i tidak akan pernah absen saat mata kuliahnya.

Demikianlah tipe-tipe dosen yang ada dimuka bumi ini, beberapa dari dosen anda mungkin akan masuk ke tipe tersebut. Sebaik dan seburuk dosen adalah hal yang wajar karena mereka juga manusia, sama seperti anda, aku, dan mereka yang disana.




@JhonMiduk