Kondisi Belajar
KONDISI BELAJAR
- Pengertian Kondisi Belajar.
Kondisi belajar adalah suatu
keadaan yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Definisi yang
lain tentang kondisi belajar adalah suatu keadaan yang mana terjadi aktifitas
pengetahuan dan pengalaman melalui berbagai proses pengolahan mental. Kondisi
belajar juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang harus dialami siswa
dalam melaksanakan kegiatan belajar. Gagne dalam bukunya “Condition of learning” (1977)
menyatakan “The occurence of learningis inferred from a difference in human
being’s performance before and after being placed in a learning situation” .Terjadinya
belajar pada manusia dapat disimpulkan bila terdapat perbedaan dalam
penampilan/ kinerja manusia sebelum dan sesudah ia ditempatkan pada situasi
belajar. Dengan kata lain ia menyatakan bahwa kondisi belajar adalah suatu situasi belajar (learning situation) yang dapat mengahasilkan perubahan perilaku (performance)
pada seseorang setelah ia ditempatkan
pada situasi tersebut.
Gagne membagi kondisi belajar atas dua, yaitu:
1. Kondisi internal (internal condition): Kemampuan yang telah ada pada diri individu
sebelum ia mempelajari sesuatu yang baru. Kondisi internal ini dihasilkan oleh seperangkat proses transformasi (ingat
information processing theory Gagne).
2. Kondisi eksternal (external condition) adalah situasi
perangsang di luar diri si belajar. Kondisi belajar yang diperlukan
untuk belajar ber-beda2 untuk tiap kasus. Jenis kemampuan belajar yang berbeda
akan membutuhkan kemampuan belajar sebelumnya yang berbeda dan kondisi
eksternal yang berbeda pula.
.
- Kondisi Belajar Untuk
Berbagai Jenis Belajar
Gagne (dalam Richey, 2000) menyatakan bahwa
dibutuhkan kondisi belajar yang efektif untuk berbagai jenis/ kategori
kemampuan belajar. Kondisi
belajar dibagi atas lima kategori belajar sebagai berikut:
a. Keterampilan intelektual (intellectual
skill): Untuk jenis belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan adalah
pengambilan kembali keterampilan-ketrampilan bawahan (yang sebelumnya),
pembimbingan dengan kata-kata atau alat lainnya, pendemonstrasian penerapan
oleh siswa dengan diberikan balikan, pemberian reviu.
b. Informasi verbal (verbal
information): Untuk jenis belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan
adalah pengambilan kembali konteks dari informasi yang bermakna, kinerja (performance) dari pengetahuan baru yang
direkonstruksi, balikan
c.Strategi
kognitif (Cognitive Strategy/problem
solving): Untuk jenis belajar ini,
kondisi belajar yang dibutuhkan
adalah pengambilan kembali aturan-aturan dan konsep-konsep yang relevan,
penyajian situasi masalah baru yang berhasil, pendemonstrasian solusi oleh
siswa.
d.Sikap (attitude): Untuk jenis
belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan adalah pengambilan kembali
informasi dan ketrampilan intelektual yang relevan dengan tindakan pribadi yang
diharapkan, pembentukan atau pengingatan
kembali model manusia yang dihormati,
penguatan tindakan pribadi dengan pengalaman langsung yang berhasil maupun yang
dialami oleh orang lain dengan mengamati orang yang dihormati.
e.Keterampilan motorik (Motor
Skill): Untuk jenis belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan adalah
pengambilan kembali rangkaian unsur motorik, pembentukan atau pengingatan
kembali kebiasaan-kebiasaan yang dilaksanakan, pelatihan
ketrampilan-ketrampilan keseluruhan, balikan yang tepat.
0 Response to "Kondisi Belajar"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)