Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
DIV
Pembelajaran pada hakikatnya
merupakan penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses
belajar pada diri siswa dengan mengoptimalkan pertumbuhan dan pengembangan
potensi yang ada pada diri siswa tersebut. Dengan demikian guru diibaratkan sebagai
sutradara seyogyanya merencanakan dengan matang skenario dalam RPP agar siswa
beraktivitas tinggi melalui penalaran, mencoba, eksplorasi, konjektur,
hipotesis, generalisasi, inkuiri, komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan
masalah.
Dalam proses pembelajaran
hindari prilaku siswa hanya bertindak sebagai penonton dan bersikap menerima.
Agar siswa siswa bisa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran ciptakan suasana
kondusif, nyaman dan menyenangkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang
pengertian pembelajaran lebih lanjut, berikut beberapa pengertian pembelajaran
menurut para ahli :
1.
Syaiful Sagala (61:
2009) pembelajaran adalah “membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan
maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”.
Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan pihak
guru sebagai pendidik., sedangkan belajar oleh peserta didik. Menurut Coreypembelajaran adalah suatu proses dimana
lingkungan seeorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta
dalam tingkah laku dalam kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap
situasi tertentu.
2.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.
20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah “proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar”. Pembelajaran sebagai proses belajar yang dibangun oleh
guru untuk mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan
berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkontruksikan pengetahuan
baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran.
3.
Oemar Hamalik (239:
2006) pembelajaran adalah “suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur
manusiawi, material fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling
mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran”. Dari teori-teori yang
dikemukakan banyak ahli tentang pembelajaran, Oemar Hamalik mengemukakan 3 (tiga) rumusan
yang dianggap lebih maju, yaitu:
- Pembelajaran adalah upaya mengorganisasikan
lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik.
- Pembelajaran adalah upaya
mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang baik.
- Pembelajaran adalah suatu
proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari-hari.
4.
Warsita
(2008:85) “Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar
atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik”.
5.
Sudjana
(2004:28) “Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik
dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara
dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber
belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan”.
6.
Corey
(1986:195) “Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara
disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku
tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap
situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”.
7.
Dimyati
dan Mudjiono (1999:297) “Pembelajaran adalah kegiatan
guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar
aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar”.
8.
Trianto
(2010:17) “Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks, yang
tidak sepenuhnya dapat dijelaskan”. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan
sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman
hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru
untuk membelajarkan siswanya (mengarhkan interaksi siswa dengan sumber belajar
lainnya) dalam rangkan mencapai tujuan yang diharapkan.
9.
Munif
Chatib “Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu dua arah,
antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi”.
10. Knowles “Pembelajaran adalah cara
pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan”
11. Slavin “Pembelajaran
didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh
pengalaman”
12. Woolfolk “Pembelajaran berlaku apabila
sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam
pengetahuan dan tingkah laku”
13. Crow & Crow “Pembelajaran
adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap”
14. Rahil Mahyuddin “Pembelajaran
adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu
penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek”
15. Achjar Chalil “Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar.
”
16. Corey “Pembelajaran
adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk
memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi
khusus”
17. G. A. Kimble “Pembelajaran
merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat
latihan yang diperkukuh”.\
Daftar Pustaka :
·
Rusman. (2012). Belajar dan
Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad
21. Bandung: Alfabeta
·
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan
Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
·
Trianto. (2009). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
·
Carapedia.com
·
Seputarpengetahuan.com
@JhonMiduk
0 Response to "Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)