Belajar dan Pembelajaran
Belajar
pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada
disekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan
kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Belajar juga merupakan
proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu (Sudjana, 1989: 28). Kegiatan
pembelajaran dilakukan oleh dua pelaku, yaitu guru dengan siswa. Perilaku guru
adalah mendidik dan perlaku siswa adalah belajar. Perilaku mendidik dan belajar
tersebut terkait dengan bahan pembelajaran.
Bahan pembelajaran dapat berupa
pengetahuan, nilai kesusilaan, seni, agama, sikap, dan keterampilan. Hubungan
antara guru, siswa, dan bahan ajar bersifat dinamis dan kompleks. Untuk
mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran, terdapat beberapa komponen
yang dapat menunjang, yaitu komponen utama, komponen materi, komponen strategi
belajar mengajar, dan komponen evaluasi. Masing-masing komponen tersebut saling
terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain.
Pembelajaran merupakan system yang
terdiri atas berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain.
komponen tersebut meliputi: tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Keempat
komponen pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih dan
menentukan model pembelajaran apa yang akan digunakan dalam kegiatan
pembelajaran.
Model-model pembelajaran biasanya
disusun berdasarkan berbagai prinsip dan teori sebagai pijakan dalam
pengembangannya. Para ahli menyusun model pembelajaran berdasarkan
prinsip-prinsip pendidikan, teori psikologis, sosiologis, psikiatri, analisis
system, atau teori lai ( Joyce & Weil, 1980). Biasanya mempelajari
model-model pembelajaran didasarkan pada teori belajar yang dikelompokkan
menjadi empat model pembelajaran.
Model tersebut merupakan pola umum
perilaku pembelajaran untuk mencapai kompetensi/ tujuan pembelajaran yang
diharapkan. Joyce & Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu
rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum dan pembelajaran
jangka panjang, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran
dikelas atau diluar kelas. Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan,
artinya para guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efesien
untuk mencapai tujuan pembelajaran.
0 Response to "Belajar dan Pembelajaran"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)