Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Rangkaian Foto Selama Perang Dunia II | Tugas Kuliahku

Rangkaian Foto Selama Perang Dunia II

World War II
Adolf Hitler memeriksa pasukannya saat akan menginvasi Polandia, 1939. (sumber: Merdeka)  
Perang dunia II (PD II) merupakan perang internasional atau global yang berlangsung pada tahun 1939 hingga tahun 1945. Perang ini hampir melibatkan seluruh kekuatan perang terbesar di dunia, dimana tergabung dalam dua aliansi yang berlawanan yaitu aliansi sekutu melawan aliansi poros atau axis. Aliansi sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat beranggotakan Inggris, Prancis, Belanda, Australia, Polandia, Kanada, Belgia, Uni Soviet, dan lain-lain. Sedangkan aliansi poros beranggotakan Jerman, Jepan, Italia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan lain-lain.

Perang dunia II merupakan perang terbesar sepanjang sejarah kemanusiaan yang mengorbankan lebih dari 61.000.000 nyawa manusia baik dalam pihak sipil maupun militer.[1] Perang dunia II diakhiri dengan masa suram dimana Hirosima dan Nagasaki di Bombardir oleh bom atom Amerika serikat di blok Asia Pasifik dan Hancurnya Berlin di Blok Barat (Eropa) oleh sekutu dan Uni Soviet.
Dunia fotografi pada saat itu tidaklah sebanyak sekarang. Fotografi yang ada masih sangat terbatas karena fotographer sangat sulit ditemukan dan hanya orang-orang tertentu saja yang berani dan mampu bahkan bisa hidup selama perang pada saat pengambilan gambar. Meski banyak juga dokumentasi dari pihak militer yang masih belum dipublikasikan secara terbuka hingga sekarang, foto-foto perang dunia II menggambarkan betapa sebuah perang telah merusak peradaban dan kehidupan manusia baik secara psikolgi maupun psikis. Berikut adalah rangkaian foto-foto selama perang dunia II.

World war II
Tentara Jerman berbaris sebelum menginvasi Warsawa, Polandia pada 1 September 1939. Invasi ini sekaligus memicu perang dunia II di blok Eropa. 

World War II

Kanselir Jerman Adolf Hitler berbicara kepada para pejabat Nazi pada tahun 1939, tahun blitzkrieg (serangakn kilat)  Jerman ke Polandia, Denmark, Luxemburg, Belanda, Norwegia, dan Belgia yang akan  segera di bawah kekuasaan Jerman. Ketika Perancis di kuasai kurang dari setahun kemudian, hanya Inggris yang tersisa sebagai rencana perang ketiga Jerman, dan Amerika Serikat belum terlibat dalam perang.

World War II
Di Asia, pasukan Jepang menempati titik Pengembangan strategi pada pulau Chusan pada 13 Juli 1939. selama Perang Sino-Jepang, Jepang menandatangani pakta tripartit pada tahun 1940. Secara formal bersekutu dengan Jerman dan Italia, dan dengan 1942 sebagian besar wilayah Asia Pasific memiliki berada di bawah dominasi Jepang.

World War II
Tentara Jerman mengekspansi Menara Effiel. Pada juni 1940, tentara Jerman menguasai Prancis, tentara Prancis menyerah kepada Jerman dan sebagian pemerintahannya menjadi Pro kubu Axis. 


World war II
Pesawat yang menghadang invasi tentara Jerman pada saat akan menginvasi Inggris. 

British Hawker terbang selama Pertempuran Inggris pada tahun 1940. Pesawat yang berada baris pertama pertahanan terhadap pembom Jerman menyerang Inggris. Pertempuran yang terjadi antara 10 Juli dan 31 Oktober 1940 adalah pertempuran besar pertama yang menang di udara oleh Inggris.. Kemenangan Angkatan udara kerajaan Inggris ini menggagalkan rencana Hitler untuk menginvasi Inggris.

World war II
Kota London hancur saat invasi Jerman

Asap di belakang menara jembatan kota London selama invasi pertama dan pengeboman di London pada 7 September 1940.

World War II
Adolf Hitler bersama Benito Mussolini.
Diktator Italia, kiri bersama Adolf Hitler tengah dan pemimpin Nazi lainnya mengunjungi Jerman pada saat perang. Italia dan Jerman menjadi satu aliansi sebelum perang berlansung, tetapi Italia tidak berperang hingga 10 juni 1940, ketika mendeklarasikan perang terhadap Belanda dan Prancis, perang menyebar ke Yunani dan Afrika Utara. 

World war II

Pasukan Jerman menyerang Uni Soviet di Front Barat, pada 22 Juni 1941. Jerman menyerang Uni Soviet tanpa pemberitahuan perang sehingga menyebabkan lautan berdarah karena banyaknya korban sipil selama perang. Dalam estimasi korbannya, Uni Soviet adalah negara dengan jumlah korban paling banyak dengan 13,8 juta tentara mati selama perang. Estimasi atas pembantaian penduduk sipil, kejahatan kemanusiaan, mati kelaparan, dan mati akibat penyakit sebanyak lebih dari 9 juta nyawa. 

Sebuah pemandangan dari kapal perang Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada 7 Desember 1941. USS Virgina dan USS Tennessee tenggelam seperti digambar. Serangan ini menghancurkan lebih dari setengah armada kapal AS, dan mengancurkan 8 kapal perang, Jepang juga menyerang kekuatan udara As di Piliphina yaitu Clark dan Iba. Selama perang pasifik ini, lebih dari setengah kekuatan angkatan laut AS telah hancur hanya dalam satu hari saja oleh Jepang.

World War II
Presiden Amerika Serikat, Franklin Delano Roseveelt, menandatangani deklarasi perang terhadap Jepang pada 8 Desember 1941. Italia dan Jerman kemudian mendeklarasikan perang terhadap AS pada 11 Desember 1941, F.D. Roseveelt kemudia mengumumkan perang terhadap seluruh blok Axis dan bersatu dengan blok sekutu. 

World War II
Tahanan penjara Inggris meninggalkan Hong Kong menuju camp tahanan Jepang pada Desember 1941. 

Senjata anti pesawat terlihat sangat terang pada malam 23 Nov, 1942. Sekutu berhasil menghentikan serangan dan kekuatan Axis di Afrika Utara dan Uni Soviet. 

World war II
Asap hitam membumbung tinggi setelah angkatan udara Jepang membombardir pusat tentara AS di Midway selama perang di Midway bulan juni 1942. Empat hari sebelum kemenangan tentara AS, tentara As diam-diam menyerbu pesawat perang Jepang dan perlahan-lahan, wilayah Asia dan Pasifik mulai beralih ke tangan AS. 

Para operator wanita untuk pesawat ballon udara yang disebut dengan WAAF, melaporkan situasi dan kondisi persiapan balon udara, di dalam hangar kerajaan Inggris. Selama perang dunia II, wanita memainkan peranan yang sangat penting. Mereka berperan di garis pertahanan dan sukarelawan untuk para korban perang.

World War II
Tentara inggris mendarat di pantai Algeria, pada operasi November 1942. Operasi yang bernama Torch ini merupakan gabungan dari Inggris dan AS untuk menguasai Afrika Utara. Ini merupakan aksi pertama kekuatan sekutu dari Eropa untuk melawan Jerman secara langsung.

World war II
Tentara Uni Soviet menghadang Jerman selama pertempuran Stalingrad. Pertempuran ini berakhir pada Februari 1943 dengan 160.000 tentara Jerman terbunuh akibat perang dan kedingingan yang berkepanjangan. Tetapi, korban dari Uni Soviet melebihi angka korban Jerman. 

World War II

Tentara Jerman yang ditahan Italia di keluarkan pada tahun 1944. kapal amfibi dan kapal perang sangat membantu Sekutu untuk mempercepat kekalahan blok Axis. 

World War II
 Pengungsi Prancis hidup dan tinggal di dalam tambang dekat Fleury sur Orne. Selama pengeboman di area tersebut, 20.000 pengungsi hidup dan tinggal di daerah tambang tersebut.


World War II

Tentara AS di pantai Omaha pada saat invasi Normandy pada 6 Juni 1944. Dalam satu hari tersebut, tentara sekutu berhasil mendarat di 5 pantai utama, Utah, Omaha, Juno, Gold, dan Sword, merupakan pendaratan terbesar pertama front Eropa Barat. Pendaratan tersebut disertai dengan 5.000 kapal, 11. Pesawat udara, dan 150.000 tentara tetapi lebih dari 35.000 tentara terbunuh saat akan mendarat di pantai Normandy hingga Normandy berhasil dikuasai pada tahun 1944.

World War II
Sebuah kerumunan yang sangat luar biasa untuk menghibur para tentara oleh Chales de Gaulle di Place de la Concordea pada 26 Agustus 1944, sehari setelah pembebasan Prancis.

World war II
Tentara dari berbagai divisi infanteri bergerak menuju pengunungan salju yang sangat tebal di daerah Krinkelter, Belgia, pada 20 Desember 1994 pada perang Belgia, sebuah kejutan bagi tentara Jerman yang sangat terbuka terhadap tentara Sekutu yang menutup persediaan minyak dari barat. Lebih dari 90.000 terbunuh karena salju.

World war II
Tentara AS dari resimen 28, divisi ke 5, menaikkan bendera AS di gunung Suribachi, Iwo Jiwa, pada 23 Februari 1945. Tempat strategis ini hanya berjarak 600 Mil dari kota Tokyo, menjadi peluang terbaik untuk menguasai Jepang selanjutnya. ini adalah pertempuran yang berdarah bagi pasukan AS, lebih dari 27.000 tentara tewas dan luka, sedangkan tentara Jepang lebih dari 18.000 tewas dan 216 orang selamat. 

World war II
Tahanan perang AS berjalan menuju sebuah terowongan setelah serangan di sungai Rhine oleh tentara  marinir AS ke-9, pada 26 Maret 1945. 

World War II
Dari kiri, perdana menteri Inggris, Winston Churchill, presiden AS, F.D. Roseveelt, dan Pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin pada konferensi Yalta, pada bulan Frebruari 1945.

World War II
Tahanan blok 61 Buchenwald di camp konsentrasi pada April 1945. Konstruksi penjara Buchenwald dimulai pada 15 Juli 1937. Kamp ini kemudia dibebaskan oleh AS pada 11 April oleh George Patton's. Sebanyak 239.000 hingga 250.000 orang dipenjara di Kamp ini. 56.000 orang meninggal, 11.000 diantaranya adalah orang Yahudi. 

World War II
F.D. Roseveelt meninggal pada 12 April 1945 dan ini adalah prosesi pemakamannya. Roseveelt meninggal tepat seminggu sebelum Jerman menyerah kepada Sekutu. 

World War II
Harry S. Truman mengambil sumpah pada 12 April 1945, sekaligus menjadi presiden ke-33 AS. Disampingnya berdiri istrinya dan saudaranya. 


World war II
Badan Benito Mussolini (kiri), menteri-menterinya (Clara Petacci) digantung dan didapati setelah bunuh diri dengan  gas gasoline. Foto ini diambil di Swiss pada 28 April 1945.

Tentara Rusia mengibarkan bendera mereka pada saat penyerbuan Berlin, 30 April 1945. Pada hari tersebut, Uni soviet menutup bunker yang diduga sebagai tempat persembunyian Hitler. 

Winston Churchill bersama pejabat lainnya merayakan kemenangan Sekutu atas Jerman dan Italia di seluruh wilayah Eropa secara resmi.

Tentara AS berlari membawa tentara lainnya yang sedang cedera pada pertempuran di Okinawa pada juni 1945. 

Sebuah foto asli dari museum Bradbury Science yang menujukkan betapa dahsyatnya bom atom yang di uji coba pada 16 Juli 1945, 05:29 a.m, di Trinity site, Mexico. Pada deklarasi Postdam, setelah 10 hari kemudian yang menuntut agar Jepang menyerah. jika tidak menyerah, maka bom atom akan dijatuhkan. 

Kolonel Paul W. Tibbets. Jr. (tengah), bersama para kru yang membawa bom atom yang berjulukan "Enola Gay". mereka menjatuhan bom atom pada tanggal 6 Agustus 1945, di Hirosima, Jepang yang melenyapkan lebih dari 130.000 manusia hangus terbunuh. 

World war II
Seorang korban radiasi nuklir akibat bom atom Hirosima. Meski banyak korban yang selamat, tetapi mereka sudah dipastikan akan mengalami perubahan fisik dan mental karena efek radiasi nuklir yang berkepanjangan. 

Bom atom ke dua di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Foto ini diambil dari ketinggian 60.000 kaki. Bom ini diperkirakan telah membunuh dan menghanguskan lebih dari 70.000 nyawa penduduk dan tentara di Nagasaki, Jepang. Dengan demikian, Hirohito akhirnya menerima deklarasi  Postdam, dan akhirnya Jepang menyerah. 

Seorang tentara AS mencium seorang perawat setelah mendengar dan merayakan kekalah Jepang atas AS, 14 Agustus 1945. 

Menteri luar negeri Jepang, Mamoru Shigemitsu menandatangani surat penyerahan Jepang di kapal USS Missouri di Tokyo, 2 September 1945. Perang dunia II resmi berakhir. Tampak pada gambar Jenderal Sekutu, Duglas Mac. Arthur menyaksikan penandatanganan penyerahan tersebut (sebelah kanan)


Sumber :  
Penulis mengolah dan mengambil sumber dari CNN, Gallery World War II. 
  


[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II