Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Cara Membuat Catatan Kaki di MS. Word. | Tugas Kuliahku

Cara Membuat Catatan Kaki di MS. Word.

Catatan Kaki (Footnote) merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan sebuah karya, termasuk karya ilmiah, makalah, skripsi, tesis, disertasi, paper, dan lain sebagainya. Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis disetiap lembar suatu naskah atau akhir bab pada sebuah karangan ilmiah. Catatan kaki bisa digunakan untuk memberikan keterangan terhadap suatu kata, suatu kalimat, suatu komentar, suatu istilah, dan menjelaskan sumber kutipan dan pedoman penyusunan daftar bacaan.

Bagi yang belum memahami bagaimana cara membuat catatan kaki, memang sangat terasa sulit bagi mereka untuk membuat catatan kaki, apalagi jika dilakukan dengan cara manual (seperti mengetik biasa di ms. Word). Tetapi, sekarang membuat catatan kaki adalah perkara mudah. Yang menjadi masalah adalah bagaimana etika dan tata cara pembuatannya agar sesuai dengan aturan pembuatan catatan kaki.

Langsung saja ke cara pembuatan catatan kaki di MS. Word. Cara paling mudah adalah dengan langkah berikut ini :
·         Buka file MS. Word yang akan dibuatkan catatan kakinya (perhatikan tanda panah merah pada gambar)
Letakkan kursor di halaman yang akan dibuat Footnotenya
·         Tekan sekaligus bersamaan tombol keyboard “Ctrl + Alt + F”. Maka secara otomatis keyboard akan diarahkan pada halaman bawah dan anda tinggal mengetik catatan kaki yang akan anda maksudkan sesuai dengan keinginan anda. Anda juga tidak perlu menulis tanda catatan kaki di teks anda (…..1) karena komputer anda telah membuatkannya untuk anda.
Tekan Ctrl + Alt + F
·         Catatan Kaki sudah Jadi                                        
Catatan Kaki sudah jadi
Perhatian :
·         Jika nomor yang ada pada teks (……1) anda hapus, maka catatan kaki yang dibawah teks anda akan otomatis terhapus. Untuk mengembalikannya, cukup tekan Ctrl+Z saja untuk mengembalikan catatan kaki yang hilang.
·         Jika anda ingin menyisipkan catatan kaki diantara dua catatan kaki, maka anda hanya akan melakukan cara yang sama seperti diatas. Soal penomoran, catatan kaki akan diurutkan secara otomatis oleh komputer dan MS. Word anda.
·         Untuk mengedit catatan kaki, silahkan double clik catatan kaki yang berada di bawah teks, kemudian edit. Setelah selesai, klik bagian atas teks untuk kembali ke keadaan semula.
·         Perhatikan etika penulisan catatan kaki yang baik dan benar.

<meta name="propeller" content="a649c8c4fdcf7f00d094770f8cea6c18" />