Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. PEKERJAAN SAMPINGAN YANG PALING COCOK UNTUK MAHASISWA | Tugas Kuliahku

PEKERJAAN SAMPINGAN YANG PALING COCOK UNTUK MAHASISWA


                                                                                                             Jhon Miduk Sitorus
            Jika anda sebagai seorang mahasiswa, sangat wajar jika anda malu meminta uang bulanan kepada orang tua setiap akhir atau awal periode bulan. Apalagi jika anda adalah seorang laki-laki, anda akan benar-benar ingin untuk meringankan beban orang tua anda mengurangi biaya kuliah atau biaya hidup anda sehari-hari. Niat anda itu sebenarnya baik, jika anda benar-benar ingin mecari usaha atau penghasilan sampingan sambil kuliah, berikut saya menawarkan beberapa pilihan untuk anda
1.      Bisnis jual pulsa
Ini adalah pilihan yang paling mudah bagi anda, terutama bagi anda yang tidak ingin terlalu banyak proses,karena bisnis ini hanya mengandalakan kemampuan individu saja. Meski hanya mendapat  untung kisaran Rp 500,00 -  Rp 2.000,00 per transaksi,tetapi bisnis ini mampu memberikan untung yang banyak, terutama bagi yang sudah memiliki teman yang banyak. Bisnis jual pulsa juga memiliki banyak kendala,seperti teman-teman anda pasti banyak yang akan meminta bon kepada anda, nah anda harus bisa  bertindak tegas dengan meminta langsung pada hari H nya. Bisnis jual pulsa biasanya banyak dijalankan oleh para mahasiswi karena bisnis ini tidak terlalu menarik bagi mahasiswa.
2.      Jasa pengetikan
Jika anda memiliki PC, netbook, atau laptop,apa salahnya anda mencoba menjalankan bisnis yang satu ini.modal anda hanya barang yang sudah anda punya tentunya,ditambah dengan tenaga mengetik anda, dan listrik anda. Jasa ini memberi banyak keuntungan bagi anda, sekarang,dosen lebih suka memberikan tugas makalah, paper, dan resume yang diketik daripada ditulis tangan. Misalnya,anda mematok harga per-lembar adalah 500 rupiah,jika dalam sehari anda bisa mengetik 50 lembar, maka total anda bisa mendapatkan pendapatan 25.000 rupiah perhari. Manfaat yang berikutnya yang paling menggiurkan adalah anda akan dilatih mengetik sepuluh jari dengan tepat.meski pada awalnya masih susah, tetapi lama kelamaan akan terbiasa. Yang pasti, sediakan waktu anda sekitar 2-4 jam perhari, saya rasa semua mahasiswa mampu untuk menyediakan itu setiap
harinya.
3.      Jasa Terjemahan
Jika anda memiliki kemampuan menerjemahkan, mengapa anda tidak coba bisnis yang ini? Dari beberapa sumber yang saya tahu, penerjemah mematok harga 5.000 rupiah perlembarnya. Wah sangat menggiurkan bukan? Mahasiswa sekarang tentu sudah menguasai minimal bahasa inggris, termasuk anda. Meski lebih sulit dari jasa pengetikan, namun, anda secara tidak sadar juga akan belajar tentang terjemahan , lama kelamaan anda bisa lolos tes TOEFL. Cara mengiklankannya juga cukup mudah, anda hanya membuat brosur dan tempelkan saja di madding-mading yang ada di kampus. Anda juga bisa menggunakan media social berupa facebook,twitter,Line, Whattsapp, dan lain-lain.
4.      Jasa Print/cetak
Jika anda memiliki printer,mengapa anda tidak mencoba menawarkan kepada teman-teman anda untuk mencetak tugasnya melalui anda?  Misalnkan saja harga perlembar 500 rupiah, kan lumayan,apalagi anda lengkapi sekalian menjilid, tentu anda akan bisa membiayai hidup anda sendiri sebagai mahasiswa.
5.      Jasa guru les bimbel/privat
Anda merasa bisa mengajar? Coba usaha yang ini. Sekarang banyak bimbingan belajar yang membutuhkan pengajar yang lagi kuliah. Untuk les privat, anda juga bisa karena makin hari makin banyak yang membutuhkan tenaga pengajar les privat baik melalui institusi atau lembaga maupun non lembaga. Dari pengalaman saya saja, untuk mengajar les privat saya bisa dibayar 70.000 rupiah perjamnya plus ongkos transportasi dan makan satu kali. Untuk bimbingan belajar,honor biasanya bervariasi, tergantung tempat bimbingan belajarnya dan jumlah sheet yang anda ambil. Standar honor untuk bimbingan belajar adalah 30.000 rupiah perjamnya.
6.      Kerja part time
Ini mungkin lebih beresiko bagi anda, karena kerja part time akan menjadi sebuah ikatan kontrak perjanjian antara anda dengan perusahaan tempat anda bekerja. Beberapa perusahaan menyediakan sheet bagi mahasiswa yang ingin bekerja part time. Mungkin anda bisa bekerja sehabis kuliah sore hingga malam. Kerja part time akan lebih beresiko bagi anda karena anda akan sangat susah untuk bernegosiasi dengan perusahaan ketika ada hal-hal yang bersifat mendesak seperti dosen mengumumkan bahwa besok sore UAS, adanya perubahan jadwal kuliah dari dosen,dan lain-lain. Contoh perusahaan yang menerima kerja part time adalah Hoka-Hoka Bento, Pizza Hut, beberapa mall yang besar, dan lain-lain..
7.      Kerja liburan semester
Jika anda tidak memiliki rencana untuk berlibur pada masa liburan semester, anda sebaiknya mengisi waktu anda untuk bekerja  mencari penghasilan. Biasanya liburan kuliah semester genap memakan waktu hingga tiga bulan. Nah, anda bisa memanfaatkan moment ini untuk mencari dollar. Anda bisa bekerja full time hingga anda akan memasuki kuliah kembali. Misalnya, anda bisa bekerja di PRJ yang diadakan setiap tahun di Jakarta, di supermarket, mal-mal besar, SPG/SPB, dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan biasanya diatas UMR karena dituntut bekerja 8 jam perhari.

Mungkin masih banyak pilihan bekerja sampingan bagi mahasiswa, tetapi yang paling realistis adalah tawaran diatas. Semua pilihan kerja diatas saya tulis berdasarkan pengalaman saya sebagai mahasiswa yang ingin mencari penghasilan sendiri, meskipun baru hanya sebatas biaya makan, setidaknya saya bisa mengurangi beban orang tua saya dan tentu membuat saya agak sedikit bertanggungjawab sebagai lelaki. Jika ada kekurangan boleh anda tambahkan di kolom komentar di bawah postingan ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda pembaca.saran dan kritik atau komentar sangat saya harapkan. Terimakasih.