Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Tips menjadi anak kost yang disiplin bagi Mahasiswa | Tugas Kuliahku

Tips menjadi anak kost yang disiplin bagi Mahasiswa


                                                                                                            Oleh : Jhon Miduk Sitorus
                  Bagi anda yang jauh dari orang, tua, keluarga, dan saudara, menumpang tinggal di rumah orang lain tentu menjadi pilihan hidup. Terutama bagi anak kuliahan, lebih dari 40% mahasiswa dalam suatu kampus adalah anak yang berasal dari luar daerah. Banyak orang beranggapan negative terhadap anak kost karena hidupnya serba bebas, tidak ada yang mengontrol, kurang disiplin, dan lain-lain. tetapi anggapan itu tidak sepenuhnya benar, tergantung individu masing-masing juga. Nah,jika anda adalah seorang anak kost seperti saya, mungkin anda bisa melakukan trik-trik agar menjadi anak kost yang disiplin agar hidup anda lebih bermakna:
1.      Tentukan prioritas harian
            Jika an  da sedang dalam masa kuliah, tentu kegiatan prioritas anda adalah kuliah, bukan berarti tidak akan melakukan kegiatan selain kuliah. Ini sangat penting karena jangan sampai kuliah anda terbengkalai hanya karena hal sepele. Banyak anak kuliah yang terlalu sibuk dengan kegiatan di luar kuliah, misalnya sibuk ber organisasi, bekerja,bermain dengan teman,berpetualang, dan lain-lain. Sekalipun anda bekerja, tetap prioritas anda adalah menomorsatukan kegiatan kuliah, baru menomor duakan kerja. Kuliah biasanya hanya 5 hari dalam seminggu, nah, hari sabtu dan minggunya lebih baik anda prioritaskan untuk mengerjakan tugas, bermain bersama teman. Liburan bersama keluarga, dan lain-lain. Yang
penting,jangan menggangu kegiatan dalam kuliah.
2.      Scedule
            Terkadang orang-orang menganggap schedule adalah sebuah hal yang sepele. Tetapi jangan salah, 9 dari 10 orang di dunia ini, tidak mampu melaksanakan komitmennya untuk membuat schedule yang telah direncanakan sebelumnya,itu karena tidak ada komitmen dan tanggung jawab dari diri sendiri. Sebelum anda tidur, sebaiknya anda sudah memikirkan dan menuliskan kegiatan apa saja yang akan anda laukan besok hari lengkap dengan waktunya. Ingat, schedule bukan membuat waktu mengatur anda, tetapi ini adalah masalah komitmen. Semakin mampu anda membuat schedule perhari,maka semakin sukses semua planning yang akan anda harapkan.
3.      Olahraga
            Banyak anak kostan yang jarang berolahraga,bahkan tidak pernah sama sekali sejak kost. Ini karena factor kebebasan yang telah dirangkul oleh masing-masing mahasiswa, sehingga seakan-akan tidak ada lagi yang mengawasinya. Imbasnya, bagung kesiangaan,tidur kemalaman, banyak begadang, dan lain-lain.sikap seperti ini akan membuat badan anda akan semakin lemah dan kelihatan tidak berdaya sama ssekali. Maka, anda harus membangun komitmen untuk berolahraga setiap harinya. Jika anda tidak memiliki uang ke tempat  fitness, anda bisa olahraga dengan lari pagi di daerah tempat tinggal anda. Jika anda tidak bisa berolahraga setiap hari, anda bisa melakukannya minimal satu kali seminggu. Olahraga akan membuat pikiran dan badan anda tenang, memang tidak menyelesaikan masalah, tetapi setelah olahraga, pikiran yang tenang akan membantu anda  untuk menyelesaikan tugas.
4.      Makan teratur
            Penyakit terbesar anak kost adalah tidak pernah makan teratur. Hamper semua anak kost pasti mengalami hal ini, karena sifat kebebasan yang tadi dan tidak ada yang memberikan control terhadap dirinya lagi. Usahakan makan teratur, bangun jam 05.00 kemudian setelah sholat atau ibadah, anda disarankan langsung makan pagi, karena perut anda telah kosong selama 12 jam sejak anda tidur satu malam. Efek makan tidak teratur memang tidak terasa langsung di usia anda yang masih muda, tetapi efeknya nanti akan terasa ketika anda berusia 30-40 tahun dimana anda sudah memiliki anak, menyakitkan bukan? Jangan lupa juga untuk memilih  makanan yang sehat dan layak untuk dimakan. Jangan terlalu sering makan makanan yang instan,karena akan merusak jaringan pencernaan anda secara perlahan-lahan.


5.      Daftar pegeluaran
            Sebelum anda mennjadi sarjana,anda sebenarnya sudah dituntut untuk menjadi seorang manager yang handal. Ya,bukti keclilnya, bagaimana anda mengatur pengeluaran anda setiap hari.  Hamper semua anak kostan termasuk dalam kategori boros,terutama yang hanya mengharapkan kiriman dari orang tua. Itu karena anda belum merasakan bagaimana jerih payah dan susahnya mencari uang. Anda harus mampu membangun komitmen untuk selalu membuat daftar pengeluaran anda perhari, bila perlu buku pengeluaran bisa anda bawa kemana-mana dan anda catatat pengeluaran anda pas ketika anda sedang mengeluarkan uang anda. Semakin mampu anda mencatat pengeluaran anda setiap hari, semakin besar peluang anda untuk berhemat dan tentunya, tidak terlalu membebani orang tua bagi anda yang masih belum bekerja, dan bagi anda yang sudah bekerja. Satu jurus ampuh, ketika anda sedang mempergunakan uang anda untuk suatu kepentingan anda, ingatlah orang tua anda sedang berkeringat untuk mencari uang bagi anda.
6.      Bergaul yang sehat
            Banyak anak kuliah yang terjerumus ke efek pergaulan bebas, hal ini karena alas an yang sama, kurangnya control orang tua dan orang terdekat dari masing-masing individu. Kebebasan ini mereka pergunakan untuk mengisi waktu luang mereka agar terhindari dari masalah tugas kuliah, kesendirian, dan anti social. Banyak anak kost yang alim sebelum ngekost, tetapi beberapa semester ngekost, menjadi menyedihkan karena situasi kebebasan yang tadi. Bentuknya dapat berupa pacaran yang tidak sehat, narkoba, pengaruh main games, pegaruh teman dan lingkungan sendiri. Anda boleh bergaul dengan siapa saja, tetapi bukan berarti anda harus menjadi seperti mereka, anda cukup berbaur dan mengambil hal yang positif dan tidak mengikuti hal yang negatif.

7.      Jangan lupa beribadah
            Anak kostan paling malas melaksanakan ibadahnya masing-masing karena sudah terleapas dari control orang-orang terdekat. Ibadah menjadi nomor terakhir dari semua kegiatan yang ada, bahkan hanya sekedar itupun jika ada teman yang sedang mengajak atau keluarga yang mengajak. Ingat, ibadah anda sebenarnya merupakan awal dari semua kegiatan anda. Ibadah anda adalah kunci dari anda sukses atau tidak di kemudian hari nanti. Jangan sampai ibadah anda menjadi sampingan anda, atau tersisihkan oleh kegiatan anda masing-masing.
                  Tips-tips diatas mungkin masih kurang bagi anda, tetapi setidaknya bisa menjadi bahan refernsi bagi anda mahasiswa yang ingin hidup disiplin sebagai anak kost. Semua hal diatas saya tulis berdasarkan pengalaman saya, karena saya juga seorang anak kost Jakarta. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda, terimakasih banyak. saran dan tambahan boleh anda tambahkan di kolom comment di bawah postingan blog ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Sukses buat anda.