Otomatisasi Perkantoran
A.
Pengertian Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi Perkantoran adalah semua sistem informasi
formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada
dan dari orang yang berbeda didalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain
otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi
tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan.
Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika
IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin
TIK listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin
yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang
dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara
otomatis.
Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor
biasanya dikenal dengan istilah Office Automation atau OA.Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor
B. Tujuan Otomatisasi Perkantoran
OA atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan
produktivitas kerja melalui:
1.
Meminimalkan/Penghindaran Biaya, Komputer
tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai
yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2.
Pemecahan Masalah Kelompok, Otomatisasi
kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk saling melakukan
komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
3.
Pelengkap Bukan Pengganti, OA tidak akan
menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional - percakapan tatap
muka, percakapan telepon, peasn tertulis pada memo, dan sejenisnya.
4.
Penggabungan dan Penerapan Teknologi,
misalnya antara telepon,komputer, jaringan internet, satelit, dll.
5.
Memperbarui Proses Pelaksanaan Pekerjaan di
Kantor, Produk OA atau office Automation memungkinkan para pekerja kantor ini
memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik.
Jenis-Jenis
Aplikasi Otomatisasi Perkantoran.
Aplikasi otomatisasi kantor yang telah diketahui, yaitu:
1.
WORD PROCESSING
Word Processing adalah
penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa
tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
2.
ELECTRONIC MAIL
Electronic Mail yang
dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan
pemakai untuk mengirim, menyimpan, dan menerima pesan dengan menggunakan
terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3.
VOICE MAIL
Voice Mail sama persis
dengan electronic mail. perbedaan nya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan
mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya.
4.
ELECTRONIC CALENDARIN
Electronic Calendaring
adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah
ditetapkan oleh manajer.
5.
AUDIO CONFERENCING
Audio Conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi
suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara
geografis untuk tujuan melakukan konferensi.
6.
VIDEO CONFERENCING
Video Conferencing
melengkapi signal audio dan signal video. pralatan televisi digunakan untuk
mengirim dan menerima signal audio dan video.
7.
COMPUTER CONFERENCING
Computer Conferencing adalah penggunaan jaringan
komputer, sehingga meemberi kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran
informasi selama proses terjadinya konferensi.
8.
FACSIMILE TRANSMISSION
Facsimile Transmission yang biasanya disebut Fax, adalah
penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung
channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain.
9.
VIDEO TEXT
Video Text adalah penggunaan komputer untuk tujuan
memberikan tampilan mmateri tekstual pada layar crt.
10.
IMAGE STORE AND RETRIEVAL
Image Store and Retrieval digunakan dalam pemecahan
masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan
pemahaman masalah.
11.
DESKTOP PUBLISHING
Desktop Publishing atau DTP adalah pembuatan output
tercetak yang kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
Penggunaan Desktop Publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi
administrasi dan teknis.
D. Empat Kategori Pemakai Otomatisasi
Kantor
Agar suatu sistem atau aplikasi dapat berjalan dan dapat
dinilai apakah sistem itu bagus atau tidak, maka diperlukan namanya pemakai. ia
yang akan menilai, merancang, dan mengembangkan sehingga suatu sistem dapat
berjalan. Pengguna Otomatisasi Kantor yang ada dalam suatu sistem Informasi
adalah:
1.
Manajer, adalah seorang yang bertanggung
jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
2.
Profesional, yakni tidak mengelola orang
tetapi menyumbang keahlian khususnya (misalnya, pembeli, Wiraniaga, dan Asisten
Staff Khusus). Manajer dan Profesional secara bersama deikenal sebagai pekerja
terdidik.
3.
Sekretaris, biasanya ditugaskan pada pekerja
terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi,
menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4.
Clerical Employee (Pegawai Administratif),
melaksanakan tugas untuk tuga untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin
fotocopy, menyusun dokumen, dan mengirimkan surat.
E.
Manfaat Otomatisasi Kantor
Otomatisasi
perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi. mulai
dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara
optimal dan campur tangan manusia secara minimal. dengan demikian akan membuat
informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat.
Pada akhirnya dapat meletakan landasan yang kuat untuk integrasi informasi
sehingga perusahaan mampu berkompetisi dengan baik.
0 Response to "Otomatisasi Perkantoran"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)