Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Tata Ruang Kantor | Tugas Kuliahku

Tata Ruang Kantor

         Dalam melaksanakan tatausaha, suatu factor penting  yang turut menentukan kelancarannya ialah penyusunan tempat kerja dan alat perlengkapan kantor yang sebaik-baiknya. Penyusunan alat kantor pada letak yang tepat serta pengaturan tempat kerja yang menimbulkan kepuasan bekerja bagi para pegawai disebut tata ruang kantor.  

            Untuk memperjelas pengertian tentang tata ruang kantir itu, kita dapat memperhatikan kutipan perumusan berikut :
·         Office layout may be defined as the arrangement of furniture and equipment within available floor space”.[1]  (tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alat perlengkapan pada luas lantai yang tersedia).
·         Office layout is determination of space requirements and of the detailed utilization of this space in order to provide a practical arrangement of the physical factors consired necessary for the execution off the office work within reasonable costs”[2]. (tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaan secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari factor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak).

            Di Indonesia, tata ruang kantor masih kurang mendapat perhatian dalam instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Misalnya sering terlihat bahwa suatu instans atau pejabat yang banyak melayani public di letakkan di belakang, sehingga orang-orang yang harus bertanya kian kemari sebelum dapat menjumpainya. Ini menghamburkan waktu dan menggagu pegawai yang lain yang setiap kali harus memberi pentunjuk kepada orang yang bersangkutan. Tidak jarang kita jumpai perusahaan yang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, pegawai-pegawainya berjalan mondar-mandir dari satu meja ke meja yang lain sehingga mengurangi kecepatan dalam bekerja, ini terjadi karena tata ruang yang buruk.
            Tata ruang kantor yang baik akan bermanfaat bagi organisasi yang bersangkutan dalam menyelesaikan pekerjaan kantornya. Pada pokoknya akan diperoleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut :
1.      Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar-mandir yang sebenarnya tidak diperlukan
2.      Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan
3.      Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efesien, yaitu suatu luas lantai tertentu dapat dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya.
4.      Mencegah  para pegawai di bagian lain terganggu oleh public yang akan menemui suatu bagian tertentu.

Sumber : The, Liang Gie. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Nurcahanya : 1980.




[1] Littlefield & Peterson. Modern Office Management, 1995, p. 117
[2] George Terry, Office Management and Control, 1958, p. 348