Organisasi bisa diartikan sebagai
suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan
bersama dengan pola tertentu yang perwujudannya memiliki kekayaan baik
fisik maupun non fisik. Dalam arti yang lain, Pengertian Organisasi adalah suatu
kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dari segi kerja, Pengertian
Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia
dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dan lainnya)
yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama
(tujuan organisasi). Pengertian Organisasi juga dapat
diartikan sebagai sekumpulan orang-orang yang disusun dalam
kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Berikut
ini, beberapa Pengertian
Organisasi Menurut para Ahli:
1.
Stoner mengatakan bahwa
organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di
bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
2.
James D. Mooney mengemukakan
bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama.
4.
Stephen P. Robbins menyatakan
bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)
sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
5.
Prof Dr. Sondang P. Siagian,
mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang
atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka
pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat
seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang
yang disebut dengan bawahan.
6.
Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi
ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari
sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya
merupakan alat dan wadah saja.
7.
Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi
adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara
sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk
bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
8.
James D Mooney berpendapat
bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment
of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk
pencapaian suatu tujuan bersama.
9.
Chester L Bernard (1938) mengatakan
bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define
organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama
memiliki visi dan misi yang sama.
10.
Paul Preston dan
Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang
disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan
bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working
together to achieve some common objectives).
11.
Oliver Sheldon (1923) Organisasi
adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok
harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas,
sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien,
sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.
12.
Dexter Kimball & Dexter Kimball, Jr.
(1947) Organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini
mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat
yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan merinci
hubungan-hubungan yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang.
Organisasi sebagai suatu aktivitas, sesungguhnya, adalah cara kerja manajemen.
13.
J. William Schulze (1949) Organisasi
adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan,
ruang kerja dan segala sesuatu yang bertalian dengannya, yang dihimpun dalam
hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
14.
Harleigh Trecker (1950) Organisasi
adalah perbuatan atau proses menghimpun atau mengatur kelompok-kelompok yang
saling berhubungan dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.
15.
Ralp Currier Davis (1951) Organisasi
adalah sesuatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama
di bawah kepemimpinan.
16.
John M. Pfiffner & S. Owen Lane (1951) Organisasi
adalah proses menggabungkan pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok
harus melakukan dengan kekuasaan yang diperlukan untuk pelaksanaannya, sehingga
kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan demikian itu memberikan saluran-saluran
terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien, teratur, positif, dan
terkoordinasikan.
17.
Ernest Dale (1952) Organisasi
adalah suatu proses perencanaan. Ini bertalian dengan hal menyusun,
mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja
dari orang-orang dalam suatu badan usaha.
18.
John D. Millet (1954) Organisasi
adalah kerangka struktur dalam mana pekerjaan dari banyak orang dilakukan untuk
pencapaian maksud bersama. Sebagai demikian itu adalah suatu sistem mengenai
penugasan pekerjaan di antara kelompok-kelompok orang yang mengkhususkan diri
dalam tahap-tahap khusus dari suatu tugas bersama.
19.
John D. Millet (1954) Sebagai
tambahan, organisasi adalah orang-orang yang bekerja sama, dan dengan demikian
ini mengandung ciri-ciri dari hubungan-hubungan manusia yang timbul dari
aktivitas kelompok.
20.
John Price Jones (1955) Organisasi
telah dilukiskan sebagai sistem. Organisasi adalah struktur dan peralatan yang
tersusun dari orang-orang dan benda-benda dengan mana suatu usaha berencana
yang teratur dijalankan.
21.
John Price Jones (1955) Dalam
kata-kata yang lebih sederhana, organisasi adalah sekelompok orang yang
bersatupadu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah kepemimpinan bersama
dengan alat-alat yang tepat.
22.
William R. Spiegel & Richard H. Lansburgh
(1955) Organisasi adalah hubungan-hubungan struktur di
antara bermacam-macam faktor dalam suatu badan usaha.
23.
Dwight Waldo (1956) Organisasi
adalah struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan wewenang
dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.
24.
Herbert A. Simon, Donald W. Smithburg and
Victor A. Thompson (1956) Organisasi adalah suatu sistem
terencana mengenai usaha kerjasama dalam mana setiap peserta mempunyai peranan
yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk
dilaksanakan.
25.
Henry G. Hodges (1956) Organisasi
didirikan sebagai proses pembentukan bagi macam-macam badan usaha, suatu
kerangka yang akan memberikan pembagian aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan
untuk pengaturan aktivitas-aktivitas ini dalam suatu kerangka yang menunjukkan
kepentingan tingkatan mereka dalam hubungan fungsional.
26.
James G. March & Herbert A. Simon (1957) Organisasi
adalah himpunan-himpunan saling pengaruh manusia dan mereka merupakan
himpunan-himpunan paling luas di dalam masyrakat kita yang memiliki sesuatu
yang sama sistem koordinansi pusat.
27.
Luther Gulick (1957) Organisasi
adalah alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada
orang-orang yang ditempatkan dalam struktur wewenang, sehigga pekerjaan dapat
dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan, yang menjangkau
dari puncak sampai ke bawah dari seluruh badan usaha.
28.
Louis A. Allen (1958) Organisasi
formal adalah suatu sistem dari pekerjaan-pekerjaan yang dirumuskan dengan
baik, masing-masing pekerjaan itu mengandung sejumlah wewenang, tugas dan
tanggung jawab tertentu, keseluruhannya disusun secara sadar untuk memungkinkan
orang-orang dari badan usaha itu bekerja sama secara paling efektif dalam
mencapai tujuan mereka
29.
Louis A. Allen (1958) Kami
dapat merumuskan organisasi sebagai proses menetapkan dan
mengelompok-kelompokkan pekerjaan yang akan dilakukan, merumuskan serta
melimpahkan tanggung jawab dan wewenang, dan menyusun hubungan-hubungan dengan
maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara paling efektif dalam
mencapai tujuan-tujuan.
30.
PFIFFNER dan SHERWOOD Organisasi
sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling
berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang
bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar,
menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis
31.
BAKKE Organisasi merupakan
sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas
manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan
tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya
alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan
referensi : Arifin Immanul, Gina Hadi. Membuka cakrawala ekonomi,
0 Response to ""
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)