Pengertian Manajemen menurut Para Ahli
Sangat beragam sekali para ahli
mendefinisikan tentang manajemen, berikut ini akan di sebutkan beberapa pengertian manajemen menurut para ahli. Sebelum di
paparkan pengertian manajemen menurut para ahli, tahukah kalian apa arti dari
manajemen itu sendiri? Kenapa manajemen itu harus kita pelajari, memang apa
fungsi dari manajemen itu? Jika kalian belum tahu apa arti dari manajemen,
disini saya akan berbagi pengetahuan yang sudah saya pelajari arti dari
manajemen itu sendiri.
Arti
Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa
perancis kuno menagement, yang berarti “seni melaksanakan
dan mengatur”.
Istilah manajemen mengandung 3 pengertian, yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2. Manajemen sebagai kolektivitas
orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3. Manajemen sebagai suatu seni (suatu
art) dan sebagai suatu ilmu.
Dalam Encylopedia
of the social sciences dikatakan
bahwa Manajemen adalah suatu proses dengan proses mana pelaksanaan suatu tujuan
tertentu di selenggarakan
dan di awasi. Manajemen dalam arti singular (tunggal) disebut manajer. Manajer ialah pejabat yang bertanggung jawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang di pimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.
dan di awasi. Manajemen dalam arti singular (tunggal) disebut manajer. Manajer ialah pejabat yang bertanggung jawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang di pimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.
Pengertian Manajemen menurut
Para Ahli
berikut ini adalah pengertian manajemen menurut para ahli :
1. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,
penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Menurut Henry Fayol
Disebutkan ada lima fungsi
manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi dan
mengendalikan. Sedangkan fungsi
manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan
melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
3. Menurut The Liang Gie, 1982
Manajemen adalah unsur yang merupakan suatu rangkaian
perbuatan yang menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas
kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.
4. Menurut George R. Terry, 1994
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih
dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
5. Menurut Dr. Sp. Siagian dalam
buku “Filsafat Administrasi”
Manajemen merupakan kemampuan atau keterampilan untuk
memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.
6. Menurut Ordway Tead yang di
sadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management”
Manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha
memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam
mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
7. Menurut Richard L. Daft
(2002:8)
Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi
dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian,
kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.
8. Menurut Mulayu S. P. Hasibuan
(2000:2)
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan
sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk
mencapai satu tujuan.
9. Menurut T. Hani Handoko
(2000:10)
Manajemen merupakan bekerja dengan orang-orang untuk
menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan
pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia,
pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
10. Menurut James A. F. Stoner
(2006: Organisasi.org)
Manajemen merupakan suatu proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi
serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
11. Menurut Marry Parker Follet
Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan
melalui orang lain.
12. Menurut Oxford
Manajemen ialah the process of dealing with or controlling
people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).
13. Menurut Horold Koontz dan Cyril
O’donnel
Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu
melalui kegiatan orang lain.
14. Menurut Lawrence A. Appley
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan
melalui usaha orang lain.
Demikian pengertian manajemen menurut para ahli, para ahli
mengemukakan penegertian manajemen menurut pendapatnya masing-masing namun
walaupun berbeda pendapat yang dilontarkan tetapi semuanya memiliki artian yang
sama.
Fungsi-fungsi
Manajemen
1. Fore
Casting, adalah
kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai
kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat
dilakukan. Misalnya suatu akademi, meramalkan jumlah mahasiswa yang akan
melamar belajar di akademi tersebut. Ramalan tersebut dengan menggunakan
beberapa indikator-indikator, misalnya jumlah lulusan SLTA dan lain sebagainya.
2. Planning
termasuk budgeting. Perencanaan ialah penentuan
serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
3. Organizing
atau pengorganisasian, adalah keseluruhan aktivitas
manajemen dalam mengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi,
wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan terciptanya
aktivitas-aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan
yang jelas ditentukan terlebih dahulu.
4. Staffing
atau Asemmbling Resources, merupakan salah satu fungsi
manajemen berupa penyusunan personalia pada sesuatu organisasi sejak dari
merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas
memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
5. Directing
atau Commanding, ialah berfungsi untuk mengkoordinasi
kegiatan berbagai unsur organisasi agar dapat efektif tertuju kepada realisasi
tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
6. Leading, pekerjaan leading meliputi 5 macam
kegiatan, yakni :
·
Mengambil
keputusan,
·
Mengadakan
komunikasi agar ada bahasa yang sama antara manajer dan bawahan,
·
Memberi
semangat inspirasi dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak,
·
Memilih
orang-orang menjadi anggota kelompoknya, serta
·
Memperbaiki
pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha memcapai
tujuan yang telah ditetapkan.
7. Coordinating, yakni berfungsi untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak
terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan
menghubung-hubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan
bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan
bersama / tujuan organisasi.
8. Motivating (pendorongan kegiatan), fungsinya berupa pemberian
inspirasi, penyemangat, dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan
kegiatan secara sukarela sesuai apa yang dikehendaki oleh atasan tersebut.
9. Controlling, yaitu
berfungsi mengadakan penilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi
sebagai apa saja yang sedang dilakukan bawahan dapat di arahkan kejalan yang
benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah di gariskan semula.
10. Reporting
atau pelaporan, merupakan salah satu dari fungsi manajemen berupa
penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai
segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang
lebih tinggi baik secara lisan maupun tulisan sehingga yang menerima laporan
dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.
Demikian beberapa pendapat ahli tentang
pengertian manajemen, semua pendapat tersebut tidak ada yang bisa disalahkan
dan juga tidak bisa dimutlakkan sebagai pengertian utama dari manajemen itu
sendiri. Semuanya tergantung pada diri anda sendiri yang mengartikan sejauh
mana manajemen itu di benak anda
Sumber : www.ensipklopedia1.com
0 Response to "Pengertian Manajemen menurut Para Ahli"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)