Historiografi Jepang Modern
1 Pendahuluan
pengembangan Historiografi Jepang modern
mungkin mengejutkan Eropa . Seperti negara
Asia lainnya
,
Jepang mempertahankan sistem feodal sampai abad pertengahan ,membangun dirinya
sebagai kekuatan ekonomi yang besar pada akhir 20 ' " abad . Tapi ,pada
awal artikel ini , kita harus memastikan bahwa , dalam membentuk masyarakat
modern ,Jepang mengalami dua konversi sejarah . Yang pertama adalah Restorasi
Meiji pada tahun 1868 . Sejak tanggal tersebut , Jepang telah membantah
masyarakat tradisional dan dipromosikan industrialisasi dan modernisasi . Ini
adalah proses " westernisasi " dimana Jepang sangat terbuka dalam
konteks ekspansi imperialis oleh kekuatan Barat . Proses westernisasi mendesak
di Jepang yang terlibat banyak masalah sejarah . Ini diikuti pada perkembangan
yang tidak merata dalam masyarakat Jepang dan invasi imperialis tetangga Asia. Hasilnya
dari westernisasi yang terdistorsi tersebut adalah kekalahan di Perang Dunia I
, yang kedua konversi untuk Jepang. Setelah 1945 , reformasi oleh GHQ ' tersapu
tidak hanya sistem sosial lama tetapi juga identitas nasional , yang memiliki
akarnya dalam Restorasi Meiji . Pasca-perang Jepang dengan demikian diperlukan
untuk membangun masyarakat demokratis dan membangun kembali identitas nasional
, sehingga cocok untuk demokrasii .
Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa
dua konversi ini setiap merupakan waktu krisis untuk Jepang , mewajibkan mereka
untuk mengubah identitas mereka sendiri . umumnya, ketika Jepang bertemu krisis
seperti itu, mereka sangat antusias untuk mengimpor metode dan nilai-nilai dari
Barat . Jadi westernisasi yang disajikan tidak hanya untuk " memodernisasi
" masyarakat Jepang dengan
mengambil alih cara Barat , tapi pada saat yang sama untuk " membaratkan
" nilai-nilai Jepang Akademisme juga dipengaruhi oleh nilai-nilai Barat .
Sebagai contoh, ketika mencoba untuk mengidentifikasi diri , sejarawan Jepang
telah menggunakan konsep ' RSIA " . Tapi nama " Asia " awalnya
diciptakan sebagai standar identifikasi budaya oleh orang Eropa pada dikotomi
antara " Eropa " dan " non - Eropa " , ketika Eropa
dibandingkan budaya mereka kepada orang lain . Dikotomi ini dipengaruhi Sejarawan
Jepang yang tersiksa oleh keterbelakangan bangsa mereka . Sebagian besar dari
mereka ditafsirkan dikotomi sebagai konfrontasi antara " yang dikembangkan
Eropa " dan" Asia berkembang " . Dalam hal dikotomi , Jepang
seperti sejarawan telah mencoba untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri .
Beberapa diakui Jepang sebagai anggota dari " Asia stagnan " ; lain
berpendapat peculiariry Jepang , yang berbeda dari negara-negara Asia lainnya .
Dengan cara ini historiografi di Jepang modern mencerminkan jalan orang-orang
mencari identitasnya . Kita harus memahami seperti mental yang keadaan , ketika
kita memahami jalur rumit dari studi sejarah di Jepang modern . Dalam artikel
ini saya tidak akan memeriksa apakah Jepang setelah Meiji Reestoration berhasil
membangun masyarakat modern atau apakah Jepang setelah 1945 berhasil dalam
membangun masyarakat yang demokratis . 1 akan memberikan perhatian saya
terhadap sikap sejarawan Jepang yang mencoba mencari cita-cita yang diperlukan
untuk membangun kembali identitas mereka setelah krisis identitas Jepang .
Dalam konteks seperti itu , kita dapat mengamati ideologi sejarawan lebih jelas
. Oleh karena itu saya akan menjelaskan historiografi di Jepang modern,
terutama untuk menghadiri masalah seperti bagaimana sejarawan diidentifikasi masalah
sejarah Jepang dan bagaimana mereka berhubungan dengan mereka .
2 Aprofriasi dari Penulisan Sejarah
Tradisional oleh Pemerintah Meiji
Jepang telah mengembangkan budayanya sendiri
di kawasan budaya Asia Timur di mana China telah memainkan peran sentral . Dari
zaman kuno , Jepang telah tertarik untuk menyerap budaya Cina . Sejak Kojiki (
Catatan Hal-hal Kuno ) dan Nihon Shoki ( Chronicles of Japan ) yang ditulis
pada abad ke-8 , banyak sejarah yang mengandung mitos dinasti kekaisaran telah
dijelaskan dalam cara Cina menulis sejarah.
Tradisi Cina tergantung pada Konfusianisme . Ini berfokus terutama
tentang sejarah dinastinya. Ini menjelaskan naik turunnya dari suatu tatanan
sosial di mana kaisar menempatkan diri di pusat dengan menggunakan metafora
bahwa kaisar ,yang dibayangkan menjadi satu-satunya orang yang berbudi luhur ,
adalah " ayah " dan masyarakat nya "keluarga" . Melalui
konsep bahwa masyarakat dibangun sekitar satu-satunya kepribadian saleh ,
sejarah diakui sebagai menggambarkan praktek politik dari tampilan moralistik .
Jadi di Jepang , seperti di China dan Korea, penulisan Sejarah memberikan contoh sejarah yang dapat
digunakan untuk berlatih politik moralistik .
Cara tradisional selamat setelah runtuhnya
Keshogunan Tokugawa . ini karena pemerintah Meiji ingin yang sesuai dalam
rangka untuk menjelaskan legitimasi mengintegrasikan Jepang sekitar kekuasaan
kekaisaran . Konsepsi tradisional sejarah di mana kaisar itu peran utama cocok
tujuan dari Pemerintah Meiji . Pemerintah mencoba untuk membangun pandangan
modern Jepang sebagai patriarki dengan membandingkan Kaisar ke patriark dan
masyarakat Jepang ke "keluarga". Mereka mengatakan, pemerintah Meiji memanfaatkan
pandangan tradisional sejarah dalam rangka untuk mengeksploitasi sumber daya
nasional untuk membangun negara modern . Pada tahun 1872 reformasi sistem
pendidikan yang disediakan untuk pengajaran sejarah di sekolah dasar lebih
tinggi dan SMP yang lebih rendah . Dari pertama , tidak hanya Jepang dan Cina
sejarah tetapi juga sejarah Barat itu harus diajarkan sesuai dengan ide-ide
yang ditampilkan dalam Goseimon ( Piagam Sumpah ) dari 4868 . dalam hal ini
Charter , di mana pemerintah Meiji mengambil kekuatan Barat menjadi
pertimbangan , untuk membahas apa-apa di depan umum dianggap penting .
Pemerintah Meiji karena itu memutuskan untuk mengajar Sejarah Dunia , di mana
terutama sejarah Negara-negara Barat memainkan peran penting . Namun rencana
umum tentang pendidikan dasar di 1881 menetapkan bahwa hal itu perlu untuk
menumbuhkan loyalitas kepada Kaisar Meiji dan patriotisme . Dan kemudian pada
tahun 1890 , Kyoiku Chokugo ( Imperial variasi baru pada Pendidikan ) , tata
cara yang paling penting untuk pendidikan sebelum tahun 1945 , jelas dinyatakan
bahwa kesetiaan dan patriotisme , berdasarkan semangat Konfusianisme , harus diperkaya
. Dan di 1891 rencana umum untuk pendidikan dasar menyatakan bahwa tujuan
pendidikan sejarah adalah untuk menumbuhkan patriotisme Jepang bangsa dan untuk
menjelaskan pemerintahan asli Jepang . Pendidikan sejarah seperti untuk meningkatkan
loyalitas dan patriotisme dilanjutkan sampai reformasi pendidikan sistem
setelah 1945
Kecenderungan ini diperkuat oleh munculnya
nasionalisme setelah Rusia-Jepang Perang ( 1904-05 ) . Sebagian besar orang
Jepang yakin bahwa kemenangan Jepang Sino War ( 1894-1895 ) dan Perang
Rusia-Jepang adalah karena keberhasilan modernisasi oleh pemerintah Meiji . Di
antara opini publik , nasionalis melihat pada dunia politik dari kekaisaran
Jepang tersebar luas. Pandangan ini , Kokutai Ton , menekankan bahwa
pemerintahan nasional Jepang , yang dipandu Kaisar Saleh , unggul dari bangsa
lain , dan keberhasilan modernisasi bisa dianggap berasal dari keunggulan ini .
Sementara suasana nasionalis tersebar di masyarakat Jepang, beberapa sejarawan
konservatif yang dipimpin oleh Kiyoshi Hiraizumi (1 895 - 1984) , seorang
profesor di Universitas Kekaisaran Tokyo sejak tahun 1935 , dibangun Kokoku
Shikan ( pandangan sejarah Kekaisaran Jepang ) . Mereka menganggap sejarah
kekaisaran Jepang untuk pengembangan pemerintahan suci oleh para dewa , dengan
alasan bahwa pemerintahan dari keunggulan tersebut harus tersebar universaliy
luar negeri . Pandangan ini didirikan dengan dukungan militer dari pertengahan
1930-an dan ideologi digunakan untuk membenarkan ekspansi imperialistik dari Jepang
ke Asia.
3 Pembentukan Studi Sejarah Positivistik di
Jepang
Dengan cara ini pandangan tradisional tentang
sejarah berdasarkan Konfusianisme disesuaikan oleh pemerintah Meiji dalam
rangka membangun konsep negara bangsa . Beberapa sejarawan yang percaya bahwa
pemerintahan kekaisaran Jepang lebih unggul , mencoba untuk menemukan identitas
nasional dengan menerapkan historiograpby tradisional . Namun, kekaisaran
Jepang diadakan struktur standar ganda tidak hanya didasarkan pada tradisi tapi
juga pada modernitas . Masalah yang paling penting bagi Meiji Jepang adalah
untuk mereformasi sistem sosial lama dengan mengimpor peradaban Barat dan
membentuk modern negara pada jalur Eropa . Standar ganda ini telah melemparkan
bayangan panjang atas intelektual Jepang yang khawatir apakah mereka harus
milik " Asia " atau " Eropa " .
Ini adalah krisis serius pertama identitas
Jepang Sebagian intelektual mengakui bahwa Restorasi Meiji harus memutuskan
tradisi standar dari Jepang dan mendorong terwujudnya peradaban modern dengan
mengacu pada Barat. Di perbandingan , Jepang , seperti negara-negara Asia
lainnya , benar-benar mundur . penelitian sejarah modern di Jepang didirikan dengan memberikan
perspektif tradisional sejarah Jepang dan mengimpor metodologi Barat. Pada
tahun 1877 , fakultas pertama yang mempelajari sejarah didirikan di Tokyo University
Ini adalah departemen sejarah di Fakultas Sastra yang mengambil peran penting dalam
studi sejarah di Jepang modern. Eudwig EESS (1861-1928) , murid dari E. Ranke ,
dipanggil dari Kekaisaran Jerman ke Fakultas Sastra di permintaan pemerintah
Meiji . Dia memperkenalkan positivisme Rankean ke studi sejarah akademis Jepang.
Sebelum 1901 departemen sejarah telah dibagi ke departemen sejarah Jepang ,
sejarah Barat , dan sejarah Timur , dan studi sejarah telah dikembangkan secara
terpisah oleh tiga disiplin ilmu . 1889 Shigaku Kui ( The Historical Society of
Japan ) didirikan dan Shigaku Zassi ( Historical Journal ) pertama kali
diterbitkan . Shigaku Kui dan Shigaku Zassi memiliki memainkan peran utama
dalam studi sejarah akademis Jepang . Memang , sejarah modern studi yang
didirikan oleh lembaga akademis seperti berdasarkan Rankean metodologi
positivisme . Tetapi tujuan utama mereka adalah untuk mendidik para elit bahwa
pemerintah perlu ; beasiswa tidak mempengaruhi opini publik . Adoreover divisi
tiga kali lipat menjadi barat , Jepang dan Timur. Terhenti kesadaran bahwa
sejarah Barat memiliki nilai unggul dalam hiscopy dunia . Di sisi lain , beberapa
sejarawan pribadi seperti Uuhchi Fukuzawa ( 1834 - 1901) dan Ukchi Taguchi ( 1855-1905
) berpendapat sejarah peradaban dari mencerahkan perspektif dengan mengacu pada
karya-karya F. E G. Guizot atau H. T Buckle . '
Sejak Fukuzawa memperkenalkan sejarah Barat
ke Jepang di akhir 1860-an untuk pertengahan 1870-an , beberapa orang telah
mencoba untuk memahami sejarah Jepang dari titik pandang yang lebih universal . Mereka percaya bahwa
peradaban Barat harus diwujudkan dalam Meiji Jepang . Sejak pembukaan Jepang
pada pertengahan abad ke - 19 , Jepang mulai memodernisasi dan membaratkan
masyarakat mereka , mengakui bahwa diskusi tentang pandangan sejarah peradaban
mungkin menunjukkan jalan untuk mengejar dengan kekuatan Barat . Salah satu
pandangan mengambil arah yang mencoba untuk mencari kesamaan antara Jepang dan
negara-negara Barat . Datsua ron (
Visi untuk mengatasi Jepang dari Asia ) menjadi argumen yang paling terkenal
oleh sejarawan swasta . Sebelum Perang Sino - Jepang , Koaron ( Visi untuk mengembangkan Asia ) adalah utama saat ini di
antara opini publik . Beberapa Jepang menunjuk homogen identitas antara Jepang
dan Korea atau China dan mencoba untuk menemukan cara untuk bersaing dengan
kekuatan Barat dalam kerjasama dengan orang-orang Asia . Di sisi lain , Fukuzawa
menekankan bahwa hanya Jepang harus meningkatkan kekuatan untuk bersaing dengan
negara-negara Barat dengan westernisasi masyarakat Jepang . Awalnya ia ingin untuk
menemukan cara yang universal untuk mengembangkan peradaban melalui studi Barat
sejarah dan cara yang cocok untuk mereformasi masyarakat tradisional Jepang.
Pada Datsua Ton yang keliru untuk sebuah
ideologi untuk imperialisme Jepang dalam konteks wacana Kokutai ron , yang
berpendapat kasus Sebagai pandangan nasionalistik mendapatkan popularitas di
kalangan masyarakat umum , mereka dikritik karena tidak menundukkan asal sistem
kekaisaran pemeriksaan ilmiah . Sebuah contoh adalah skandal yang terjadi pada
tahun 1892 atas karya Kunitake Kume ( 1 839-193 l ) , profesor di Fakultas
Sastra di Universitas Tokyo . Dalam makalahnya " Shinto ha Saiten no
Kozoku " ( Shinto adalah Kustom Lama untuk Festival ) Kume berpendapat
bahwa Shinto adalah salah satu kebiasaan tradisional dari kuno Jepang dan itu
adalah sebuah kesalahan untuk menafsirkannya sebagai agama yang suci . dia dikritik
oleh kalangan Shinto dan dibebaskan dari posisinya . " Dalam 1911
kontroversi atas legitimasi dari dinasti Jepang pecah . Ketika buku teks
sejarah direvisi pada tahun 1910 , draft baru dijelaskan bahwa setelah jatuhnya
Kamakura Shogun pada pertengahan 14 ' " abad dinasti Jepang telah dibagi
menjadi Dinasti Utara dan Dinasti Selatan. Pemerintah dikritik deskripsi ini
karena itu bertentangan formulasi dalam Konstitusi Kekaisaran Jepang 1889 bahwa
dinasti kekaisaran merupakan ' garis tak
terputus ' . Pemerintah diminta untuk menulis ulang bahwa hanya dinasti Selatan
memiliki legitimasi dan bahwa itu adalah asal-usul Kaisar Meiji . Setelah
skandal ini , setiap kali buku teks direvisi , yang nasionalistis Tampilan
diperkuat dan bagian menggambarkan Jepang sebagai " bangsa suci "
yang meningkat. Pada pertengahan 1930-an ketika imperialisme Jepang berusaha
untuk menyerang Asia Timur , pemerintah berusaha menyapu ideologi demokratis
dan liberal dalam rangka memobilisasi masyarakat untuk perang total .
Pemerintah Jepang tertindas tidak hanya sayap kiri tetapi juga beberapa
akademisi yang ingin membuat jelas realitas kekuatan kekaisaran . Dua contoh
ini adalah: skandal 1935 atas diskusi untuk menempatkan kekuasaan kekaisaran di
organ-organ negara ; dan skandal 1942 lebih bekerja dengan Sokichi Tsuda (
1873-1961 ) . Mantan Skandal adalah sengketa bagaimana kekuasaan kekaisaran
harus diperlakukan dalam Konstitusi 1889, Dalam Taisho periode ( 1312-1 926 ) ,
atmosfer bebas untuk mendiskusikan politik dan masalah sosial, yang disebut
" Taisho Demokz ~ ruam ( demokrasi dalam ~ aish ope riod ) " ,
peningkatan sementara Beberapa ahli hukum konstitusi , di antaranya Tatsuhchi Minobe
(1873-1948) adalah seorang tokoh terkemuka , menekankan bahwa kekuasaan
kekaisaran harus dibatasi dalam konstitusi , meskipun mereka mengakui tertinggi
kedaulatan Emperor. Tapi sebagai gerakan fasisme Jepang muncul di awal tahun 1930-an
, teori mereka dikritik oleh sayap kanan dan di 1935 mereka diresmikan dari
karir akademik mereka . Yang terakhir adalah skandal sengketa tentang beberapa
karya Tsuda . Ia belajar budaya dan masyarakat di kuno Jepang dengan kritik
yang ketat bahan sejarah dan melemparkan cahaya pada situasi aktual di Jepang
kuno . Tapi karyanya untuk klarifikasi asal-usul sistem kekaisaran dikritik oleh
sayap kanan dan pemerintah dan pada tahun 1942 dia ditangkap .
4 Pertentangan Kapitalisme Jepang setelah
Studi Sejarah Sehabis Perang
Mengenai studi sejarah di Jepang sebelum
Perang Dunia II , kita dapat mengatakan bahwa metodologi berdasarkan positivisme
dari Barat . kebanyakan sejarawan tidak bisa berdebat pandangan mereka sendiri
karena suasana blokade di bawah kekuasaan otoriter, meski demikian beberapa sarjana mencoba berani untuk
menganalisis Sejarah Jepang dengan cara
ilmiah dan rasional dan untuk berdebat poin mereka sendiri tampilan . Contoh
paling mengesankan adalah perdebatan tentang kapitalisme Jepang oleh
Sarjana Marxis dari akhir tahun 1920-an
sampai pertengahan 1930-an . kontroversi diakui sebagai peristiwa penting dalam
pengembangan studi akademis di Jepang sebelum Perang Dunia II. Di bidang
ekonomi dan sejarah ,dibahas banyak masalah seperti keganjilan kapitalisme
Jepang ; sistem kelas kekaisaran Jepang ; arti dari Restorasi Meiji dan
strategi revolusi di Japan. Pada periode antar - perang , ide tentang reformasi
sosial atau revolusi , misalnya , sekolah sejarah baru dari Jerman , telah
diperkenalkan untuk sarjana Jepang .Revolusi Rusia di 1917 dan dasar Komunis
Internasional pada tahun 1913 juga memiliki dampak yang besar pada kaum
intelektual Jepang . Komunis Pihak Jepang didirikan secara ilegal di 1322 .
Kaum intelektual Jepang tertarik bukan oleh Partai Komunis tetapi dengan
prospek Marxisme sebagai canggih metodologi sistematis . Dalam beasiswa Jepang
, atmosfer untuk menganalisis kebijakan sosial dari pandangan yang lebih
deterministik tahap perkembangan pada terang suasana demokrasi yang berkembang
di periode Taisho . " Dalam suasana ini , Jepang menyadari masalah sosial
yang ditimbulkan oleh pesatnya modernisasi pada periode Meiji ( 1868-1312 ) .
Dari tahun 1920 hingga 1930, beberapa tokoh yang dipengaruhi oleh pikiran-pikiran seperti itu,
diakui bahwa ideologi pada periode Meiji sebagai pengembangan sederhana
peradaban begitu tidak logis bahwa itu diabaikan masalah sosial . Mereka
memegang tujuan untuk mengintegrasikan citra ideal sebuah utopia dengan kebijakan
praktis reformasi sosial yang luas .
Menggunakan metode canggih dan ilmiah
analisis sejarah , mereka mencoba untuk memeriksa perubahan politik dari
Restorasi Meiji untuk pembangunan negara kekaisaran dan pembangunan ekonomi
dari periode Tokugawa ( 1603 -1867 ) dengan periode Taisho . Mereka yakin bahwa
, jika sejarah dijelaskan dengan benar , mereka bisa menemukan cara yang cocok
untuk memecahkan kontradiksi sosial kapitalisme . Marxisme memiliki pengaruh
yang kuat pada bidang akademik . Selain itu berfungsi untuk menghubungkan studi
akademis sejarah dengan pendapat sipil history. Kontroversi atas kapitalisme
Jepang dan invasi Jepang ke Manchuria keduanya berlangsung selama Depresi Besar
. Ini adalah periode di mana Jepang bertemu krisis kapitalisme Jepang , perang
dan fasisme Jepang . Marxis membahas bagaimana untuk menemukan jalan keluar
dari krisis ini . Eitaro Noro ( 1900 - P934 ) , sorang ekonomi terkenal dipengaruhi oleh Parqi Komunis , mengakui
bahwa mereka harus meliputi semua aspek sociery Jepang . Tahun 1332 - 1933 ia
menerbitkan " Nihon Shihonshugi Hattatsu -shi Koza " ( seri -/-volume
dari Developmental Histovy of the Japanese Kapitalisme ) bekerjasama dengan
Moritaro Yamada (2897-1380) , Goro Hani ( 1901-1 983 ) dan lain-lain . Seri ini
adalah publikasi yang paling luar biasa dari penelitian sosial di Jepang sebelum
Perang Dunia I. Para ahli yang mengambil bagian dalam " Koza " , yang
disebut " Koz ~ ha (Kuliah fiksi ) , menekankan tidak hanya keterbelakangan
Jepang tetapi juga simbiosis aneh dari sistem kekaisaran , industrialisasi yang
terlalu cepat dan pertanian miskin , dengan karakteristik Jepangkapitalisme .
Sebaliknya , kelompok yang menentang Koza – ha disebut " Rono - ha "
( the " Buruh - Petani " faksi ) . Mereka berpendapat modernitas ekonomi
Jepang , krisis universal kapitalisme dunia dalam inter perang periode dan
karenanya revolusi sosialis yang tak terelakkan yang akan datang. Masalah
pertama dalam kontroversi ini difokuskan pada definisi properti mendarat - . di
Jepang . Koza menekankan bahwa sewa yang dibayarkan oleh petani penyewa adalah
sewa feodal karena dieksploitasi kerja surplus . Rono - ha , di sisi lain ,
berpendapat bahwa seperti sewa pada dasarnya modern karena dalam kontrak antara
pemilik tanah dan penyewa lahan petani adalah tidak ada paksaan feodal dalam Jepang
.
Historiografi Jepang sampaiilah pada saatnya
sebagai suatu disiplin modern selama empat puluh tahun setelah tahun 1890.
Zaman ini ditandai oleh hasil yang nyata menurut empat garis-garis besar:
1.
Kesempurnaan
suatu metodologi sejarah modern.
2.
Penulisan
studi-studi monografi secara khusus mengenai pranata-pranata dan aspek-aspek
yang khas dari peradaban jepang.
3.
Persiapan
survey-survei sejarah secara umum.
4.
Penerbitan
buku-buku referensi dan bahan-bahan sumber.
Karya historiografi yang utama dari zaman ini
adalah Kokushi no kenkyu (1908:
“studu sejarah jepang”) dari Koroita Katsumi. Koroita, dari Universitas Tokyo
dan mengajar mengenai tradisi ilmu pengetahuan sejarah Jerman. Ia berhasil
membuat periodesasi sejarah Jepang dan memberikan suatu kritik yang tepat dalam
hal sumber-sumber standar dalam bidang sejarah politik. Pada waktu itu pula,
sejarawan-sejarawan Jepang memulai tugas untuk membagi sejarah mereka menurut
periode secara horizontal dan menurut topik secara vertical dalam pelbagai
kekhususan. Studi-studi monografi mengenai sejarah politik, hubungan luar
negeri, lembaga resmi, sejarah ekonomi dan sejarah kesenian, kesusastraan dan
agama banyak sekali dihasilkan.menjelang tahun 1920 telah dipersiapkan dasar
untuk bentuk survey-survei sejarah yang baru dan yang lebih memuaskan, seperti
Nihon bunkashi (1922, “sejarah kebudayaan Jepang”, 12 jilid), dan Sogo Nihon
Shi taikei (1926, “survey sintesis sejarah Jepang”, 20 jilid), merupakan dua
karya dari staf penulis yang berjumlah banyak.
Menjelang pertengahan tahun 1920 perkembangan
itu seolah-olah tertahan sementara, terjadi suatu kekosongan tanpa ada produksi
dalam historiografi Jepang, ketika beberapa perselisihan dasar dalam penafsiran
mengganggu ketenangan akademi. Walaupun sejarawan-sejarawan “akademi” dan
“kebudayaan” dipisahkan oleh perbedaan-perbedaan yang jelas dalam pendekatan
atau materi subyek, tetapi mereka semua menyetujui dasar pendirian mengenai
fungsi dan tujuan sejarah. Pada hakikatnya kedua belah pihak percaya akan metodologi
“ilmu pengetahuan” dan terlibat dalam tugas untuk menemukan masa lampau Jepang
dengan segala kerumitan, politik, dan kekayaan kebudayaannya. Mereka melihat
bahwa oleh karena Jepang telah berhasil memasuki tingkat-tingkat
kekuatan-kekuatan modern, dengan demikian maka sejarah Jepang dapat dipandang
sebagai aliran kecil saja yang bergabung dengan arus besar (pokok) dari
kemajuan modern. Bangsa Jepang merasa puas untuk mempelajari masa lampau mereka
sebagai penyajian suatu subyek yang cukup untuk dapat dibanggakan.
Tetapi keadaan diatas tidak dalam waktu yang
lama. Yang penting, sejarawan-sejarawan Jepang milai bersepakat untuk melihat
keluar sejarah mereka sendiri, dengan maksud untuk menemukan hubungan-hubungan
dengan sejarah-sejarah lain dan membahas sejarah mereka dengan
pertimbangan-pertimbanagn perbandingan yang baru. Analisis kebudayaan Jepang yang
sangat baik dari Nishida Naojiri melihat “seni goth” dan “timbulnya suatu jiwa
dagang ” di Jepang. Tsuda Sokichi mendobrak larangan-larangan yang masih menggelapkan
sejarah kuno Jepang untuk mengungkapkan pertumbuhan kebudayaan Jepang sebagai
suatu perkembangan ciri-ciri manusia yang dimiliki oleh “semua rakyat” Honyo
Eijiro, Ono Takeo, dan Tsuchiya Takeo memulai penafsiran ekonomi dari sejarah
Jepang.
Perkembangan baru penyelidikan sejarah adalah
cukup kuat untuk membentuk sejumlah masyarakat-masyarakat baru yang menitik
beratkan pada corak-corak sejarah yang khusus, sampai kemudian, perhimpunan
utama sejarawan Jepang, Shigakhai (‘masyarakat sejarah Jepang’) terbentuk pada
tahun 1889 di Universitas Tokyo. Diantara perhimpunan-perhimpunan baru,
dibentuk Keizaishi Kenkyukai (‘masyarakat untuk studi sejarah ekonomi’) di
Universitas Tokyo pada tahun 1929, dan Shakai Keizaishi Gakkai (‘masyarakat
sejarah sosial dan ekonomi’) dibentuk di Tokyo pada tahun 1931. Pada tahun 1933
sekelompok sejarawan dari daerah Tokyo, mendirikan sendiri Reikishigaku
Kenkyukai (‘masyarakat ilmu pengetahuan sejarah’), dan memulai gerakan kearah
sejarah yang “progresif”, yang makin menuju marxis.
Menjelang akhir tahun 1920, sejarah telah
merupakan suatu subyek pokok bagi rakyat yang telah mulai mempersoalkan tujuan
yang dikejar oleh Negara mereka baik dalam maupun diluar negeri.
Masalah-masalah sosial dan politik setelah Perang Dunia I, diperberat oleh
depresi, sekarang merisaukan dunia akademis. Para cendekiawan melihat suatu
ketidaksesuaian yang tumbuh diantara “pemerintah” dan “rakyat”, antara cara
bagaimana sesuatu itu ada dan bagaimana sesuatu itu seharusnya. Merosotnya
cita-cita demokrasi, tidak saja di Jepang tetapi juga banyak di Eropa,
menyebabkan Jepang tetap terbuka untuk persaingan antara cita-cita sosialisme
dan sosialisme nasional.
Selama tahun 1930, ketika Jepang mulai
mengadakan ekspansi ke daratan dan melancarkan Perang Pasifik, dunia
kesarjanaannya terpecah menjadi dua; antara
cita-cita kiri dan kanan. Sejarwan Marxis menulis kembali sejarah Jepang
sebagai suatu cerita tentang perkembangan nasional dari primitif sampai menjadi
masyarakat sosialis. Mereka memperdebatkan dengan keras apakah pembangunan
meiji itu suatu revolusi borjuis atau bukan dan mengkritik pemerintah Jepang
sebagai kapitalis dan imperialis. Mungkin sumbangan-sumbangan yang sangat
berarti dari aliran marxis dalam tahun-tahun ini adalah berupa seri yang berjudul
Nihon Shihonshugi hattatsu shi koza (1932; ‘esai mengenai sejarah perkembangan
kapitalisme di Jepang’). Kemudian kaum marxis menderita serangan yang berat.
Setelah pertengahan tahun 1930, pernyataan secatra tebuka dari
pandangan-pandangan mereka mengalami kemunduran. Walaupun suatu komitmen yang
sangat rahasia dengan mereka dilanjutkan oleh beberapa cendekiawan Jepang dan
banyak perbendaharaan kata Marxis dipakai secara umum.
Menjelang pertengahan tahun 1930, kecepatan
penulisan yang nasionalistis ditingkatkan. Didesak oleh pemerintah dan opini
umum, maka para sejarawan memberikan tenaga untuk maksud-maksud propaganda dan
menulis kembali sejarah nasional menurut garis-garis messiah. Walaupun tingkat
kesarjanaan dapat memelihara suatu sifat obyektif yang tinggi, menjelang waktu
perang, para pemuda jepang semuanya diberi pelajaran suatu jenis sejarah yang
menekankan pada mitos-mitos lama mengenai keunggulan tanpa banding dan
mengamukakan bahwa sesuai dengan tujuan sejarah, maka kemenangan terakhir didunia
dicapai oleh bangsa Jepang.
0 Response to "Historiografi Jepang Modern"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)