RPP Otomatisasi Perkantoran kurikulum 2013
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan
pendidikan : SMKN 1
Amborgang
Program/Program
Keahlian : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester : XI / 1
Mata
Pelajaran : Otomatisasi Perkantoran
Topik : Keyboarding
atau mengetik cepat
Alokasi
Waktu : 2 x JP
Pertemuan
ke : 1
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku ( jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerja sama, cinta damai, responsive, dan prokltif) dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisi
pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rsa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasam
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedurak pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
menciptakan dalm ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR
a.
(1.1)Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
b.
(1.2)Penerapan penggunaan panca indera
sebagai sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan
nilai-nilai agama yang dianut
c.
(1.3)Meyakini bahwa bekerja adalah
salah satu bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara
sungguh-sungguh
d.
(2.1)Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan
otomatiasi perkantoran
e.
(2.2)Menunjukkan perilaku ilmiah
(jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
f.
(2.3) Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
g.
(3.1) Menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Mensyukuri kebesaran tuhan yang
ditunjukan dengan sikap ketelitian
2.
Terlibat aktif dalam menjelaskan K3
perkantoran serta syarat-syarat Agronomic
3.
Terlibat aktif dalam menjelaskan cara
mengetik (keyboarding) dengan cepat dan tepat
4.
Teliti dalam menjelaskan cara mengetik
(keyboarding) dengan cepat dan tepat
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa menunjukkan sikap, teliti, cermat,
kritis, sistematis dan teratur dalam menjelaskan cara mengetik (keyboarding)
2.
Siswa mampu mendeskripsikan K3
perkantoran serta syarat-syarat Agronomic
3.
Siswa mampu mendeskrikpsikan K3
perkantoran
4.
Siswa mampu menjelaskan cara mengetik
(keyboarding) dengan cepat dan tepat
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Mengetik Cepat (Keyboarding)
F. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientifik
Strategi :
Discovery
Metode :
Diskusi, Tanya Jawab
Model :
Discovery Learning/ Berkelompok
G. MEDIA
DAN ALAT
1.
Media :
LCD, Power Point Presentation
2.
Alat :
Laptop, LCD dan Speaker Active, ATK, Whiteboard
H. SUMBER
BELAJAR
·
M.
Situmeang, Drs, Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
·
Khalid
Mustafa, Langkah Mudah Merakit &
Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
·
Internet
I. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Langkah –
langkah model discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Stimulasi
|
Pemusatan
Perhatian :
-
Mengucapkan Salam dan menanyakan kabar siswa
-
Membaca do’a
-
Mengabsen siswa
-
Menyampaikan tujuan belajar
-
Pembentukan kelompok
Guru
menayangkan gambaran terkait pengetahuan umum tentang cara mengetik cepat
(keyboarding) serta K3 Perkantoran.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
tugas dan Identifikasi masalah
|
Mengamati
Mengamati beberapa kondisi tentang K3,
ergonomic : ruang kerja, sikap duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran
kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar; keyboard dan mouse, dokumen, radiasi layar komputer,
pencahayaan, dan kebisingan
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan pengetikan
10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts
yang digunakan
dalam pengetikan
Asosiasi
(menalar)
Menjelaskan konidisi
atau dampak yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam
duduk, mengetik.
Komunikasi
Mempresentasikan tata
cara mengetik 10 jari dan menjelaskan dampak akibat kesalahan dalam duduk, mengetik.
|
65 Menit
|
Penutup
|
Guru bersama
siswa membuat kesimpulan tentang administrasi kepegawaian
|
15 menit
|
I.
Materi Ajar :
Materi ajar dapat di download disini
J. PENILAIAN
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar
Pengamatan
tentang sikap teliti, cermat, kritis, sistematis dan teratur dalam
mengumpulkan bahan diskusi masalah mengetik cepat
|
Tes
Untuk Kerja
|
Tugas
Membuat
kesimpulan tentang pekerjaan kantor di kelas/sekolah sesuai dengan kajian
kelompok
Presentasi
Masing-masing
kelompok membuat presentasi dari bahan yang telah didiskusikan. Peserta didik
akan diamati dari segi komunikasi, sistematika penyampaian, wawasan,
keberanian, gesture dan penamilan masing-masing.
Observasi
Pengamatan
terhadap keaktifan peserta didik selama melakukan observasi dan diskusi
|
Tes
tertulis
|
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap keyboarding
(mengetik cepat)
|
INSTRUMEN
LEMBAR PENGAMATAN
1. Lembar Pengamatan Ranah Afektif (Teliti,
Cermat, Kritis, Sistemati, dan Teratur)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Kritis
|
Sistematis
|
Teratur
|
Keterangan
|
|||||||
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
|||
Kriteria Nilai :
-
Ya = Baik
-
Tidak = Kurang Baik.
2.
Rubrik
kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑ Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
(20)
Kriteria Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70
– 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹ 60 : Kurang
3.
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
kasi
|
Sistemati ka penyam
Paian
|
Wawa
San
|
Kebera nian
|
Antusias
|
Gesture dan penampilan
|
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑ Skor
perolehan
Nilai = X
100
Skor
Maksimal
(24)
Kriteria Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Amborgang Guru
Mata Pelajaran
( ) (Jhon
Miduk S )
NIP. NIP.
889 675 876 789
0 Response to "RPP Otomatisasi Perkantoran kurikulum 2013"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)