Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran
kooperatif merupakan salah satu pembelajaran yang dikembangkan dari teori
kontruktivisme karena mengembangkan struktur kognitif untuk membangun
pengetahuan sendiri melalui berpikir rasional (Rustaman et al., 2003: 206).
Sistem
pembelajaran gotong royong atau cooperative learning merupakan sistem pengajaran yang memberi
kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam
tugas-tugas yang terstruktur. Anita
Lie (2008:28), menyebut pembelajaran kooperatif dengan istilah pembelajaran
gotong royong yaitu sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk bekerjasama dengan siswa-siswa lain dalam tugas yang
terstruktur. Ada lima unsur dasar pembelajaran cooperative
learning yang membedakannya
dengan pembagian kelompok yang dilakukan asal-asalan. Pelaksanaan model
pembelajaran kooperatif dengan benar akan menunjukkan pendidik mengelola
kelas lebih efektif.
Pembelajaran
kooperatif dikenal dengan pembelajaran secara berkelompok. Tetapi belajar
kooperatif lebih dari sekedar belajar kelompok atau kerja kelompok karena dalam
belajar kooperatif ada struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif
sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang
bersifat interdepedensi efektif diantara anggota kelompok (Sugandi, 2002:14).
Hubungan kerja seperti itu memungkinkan timbulnya persepsi yang positif tentang
apa yang dapat dilakukan siswa untuk mencapai keberhasilan belajar berdasarkan
kemampuan dirinya secara individu dan andil dari anggota kelompok lain selama
belajar bersama dalam kelompok.
Jadi
pada pembelajaran kooperatif ini siswa diajarkan bagaimana bekerjasama dalam
kelompok, saling memimpin, saling bertanggung jawab dalam kesetaraan
pembelajaran yang senasib dan sepenanggungan, menciptakan hubungan antar
personal, saling mendukung, membantu dan saling peduli dalam mencapai tujuan
yaitu keberhasilan dalam menguasai materi belajar.
Dari beberapa definisi yang dikemukakan
oleh para ahli di atas, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif
adalah model pembelajaran
yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang anggotanya
bersifat heterogen, terdiri dari siswa dengan prestasi tinggi, sedang, dan
rendah, perempuan dan laki-laki dengan latar belakang etnik yang berbeda
untuk saling membantu dan bekerja sama mempelajari materi pelajaran agar
belajar semua anggota maksimal.
0 Response to "Pengertian Pembelajaran Kooperatif"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)