Prinsip-Prinsip Organisasi

            Suatu fungsi manajemen merupakan fungsi perkantoran. Hasil dari kegiatan organisasi ini adalah terciptanya organisasi yang dapat digerakkan sebagai satu kesatuan yang bulan dalam rangka usaha pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, menurut rencana yang telah ditetapkan sesai dengan tugas pokok dan fungsi serta yang diwadahkan dalam satu susunan organisasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi yang bersangkutan.  

            Organisasi yang baik tentu memiliki prinsip-prinsip yang dijadikan sebagai landasan ntuk menggerakkan kehidupan organisasi. Prinsip-prinsip organisasi tersebut adalah :
1.      Adanya Tujuan yang Jelas
            Tanpa adanya tujuan yang jelas, organisasi dapat diumpamakan dengan sebuah kapal yang tidak memiliki pelabuhan akhir yang ditujunya. Tujuan bagi suatu organisasi analog dengan pelabuhan akhir bagi sebuah kapal.
2.      Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap orang didalam organisasi
            Apabila setiap orang di dalam organisasi mengetahui dan menghayati tujuan apa yang hendak dicapai oleh organisasi, ada beberapa hal yang dapat mereka laksanakan seperti :
a.       Mengetahui apa yang diharapkan oleh organisasi dari masing-masing mereka
b.      Dapat memahami apa yang mereka harapkan dari organisasi
c.       Dapat menilai apakah tujuan organisasi itu selaras dengan tujuan pribadi mereka
d.      Jika belum selaras, mereka dapat memutuskan apakah berusaha untuk menyelaraskan atau tidak apakah meninggalkan organisasi tersebut.
3.      Tujuan organisasi harus diterima oleh setiap orang dalam organisasi
4.      Adanya permusan tugas pokok dan fungsi yang jelas
5.      Prinsip Pembagian habis tugas
6.      Prinsip fungsionalisasi
7.      Prinsip Koordinasi, integrasi dan sinkronisasi
8.      Prinsip Kontinuitas
9.      Prinsip Kesederhanaan
10.  Prinsip Fleksibilitas
11.  Prinsip Pendelegasian wewenang secara jelas
12.  Prinsip Pengelompokan tugas yang sehomogen mungkin
13.  Adanya kesatuan arah (unity of direction)
14.  Adanya kesatuan perintah (unity of command)
15.  Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggungjawab
16.  Adanya distribusi tugas pekerjaan
17.  Pola dasar organisasi harus relative permanen.


Sumber : Siagian. P. Sondang Peranan Staf dalam Mangemen. PT. Gunung Agung. Jakarta 1948.

0 Response to "Prinsip-Prinsip Organisasi"

Posting Komentar

Termimakasih buat partisipasinya ya :)