Ini Transkrip Lengkap Rekaman Percakapan "Papa Minta Saham" Setya Novanto
Setya Novanto, ketua DPR RI yang tersangka sebagai pencatut nama presiden soal perpanjangan saham PT. Freeport. |
MS:
Maroef Sjamsoeddin
SN:
Setya Novanto
MR:
Muhammad Riza Chalid
MS:
Assalaamualaikum Pak
SN
dan MR: Widiiiihh
SN:
Gak keluar Pak?
MS:
Enggak Pak, ada tahllilan.
SN:
Gak ke Solo?
MR:
Besok?
MS:
Ke Solo kan lusa
SN:
Kan acaranya 11, Kamis ya
MR:
Bukan 12, kata Lucas. Pak Luhut pesen musti ketemu dia.
SN:
Yang bayar duluan
MR:
Gua duluan ya.
MS:
Wah ramai
MR:
Loe mau ngikut pesawat gua gak.
SN:
Pak Luhutnya kan
MR:
Gua sebentar, gua salaman, gua ketemu Pak Luhut gua kabur ke airport. Habis mau
ngapain lagi lama-lama, yang penting buat kita nongol, salaman, ketemu Pak
luhut udah.
MS:
Airport sama kota kan deket.
MR:
Iya
MS:
Cuma macetnya Solo itu.
MR:
Kalau gak naik itu, bisa jam 3 hari hari. Kalau mau. Tapi kira-kira kan bapak
kira-kira sudah dapat Garuda kan. Freeport nyupport? (untuk pernikahan anak
Jokowi)
MS:
Nggak ada. Nggak ada kita
MR:
Maklumlah presidennya, sudah banyak. (ketawa)
MS:
Tidak mungkin juga terbatas kali. Bikinnya kan di Solo. Kalau seperti Pak SBY
dulu bikinnya di istana kan besar-besaran. Kapasitasnya juga besar.
MR:
Ini cuma 2000, 3000.
MS:
Itu yang diundang. Belum keluarga. Kapasitas terbatas.
SN:
Saya ditanyain wartawan di kita, Pak itu kan dibatasi oleh Menteri PAN hanya 400.
Presiden sudah 2000-3000. Ya nggak ada masalah, namanya masyarakat pengin
ketemu presiden.
MS:
Menteri PAN kan kadang masih ecek-ecek. Dia pikir, entar gua ngawinin gua sudah
pensiun. Ya kan, anaknya Menteri PAN kan masih kecil-kecil. Bayangin aja 400.
MR:
Suka-suka dia Pak
MS:
Susah Pak, budaya orang Indonesia kan ndak bisa begitu Pak. Bagi orang barat
400 sudah besar banget
MR:
Pak Syaf waktu ngawinin anaknya, banyak, pokoknya gua gak peduli. Pesta gua
yang bikin.
SN:
Syaf siapa?
MR:
Syafruddin.
SN:
Ooo
MR:
Banyak yang datang.
MS:
Mana mungkin itu pak.
MR:
Tapi jangan saya katanya gitu. Ada aja alasannya.
MS:
Susah pak budaya kita budaya kekeluargaan
SN:
Nanti saya Desember. Eh membengkak
MR:
9000 lebih. Yang bikin acarnya caranya gitu. Jadi caranya undangan yang kanan
untuk besan saja, yang kiri kita. Jadi bukan saya yang undang tapi besan saya. Selesai
———————
SN:
Saya itu pak, sudah ketemu presiden, waktu sampai ada 5 pimpinan negara lainnya.
Ada ketua MA, Ketua KY, Ketua MK. Saya bilang Pak, bapak ke Papua. Iya kata
presiden. Padahal di sana gak ada yang jemput. DPRDnya, bupatinya, gubernurnya.
Kesel juga. Soal PSSI macam-macam. Saya bilang bikin itu saja istana di papua.
Setuju pak, kata presiden. Masak ada Tampak Siring, Bogor. Masak di sana tidak
ada. Saya sudah lihat di sana ada tanah kosong, depannya laut. Jadi secara
politis ke depan pasti ke sana. Semua manggut-manggut. Lagi seneng dia. “Freeport
itu saya sudah ketemu Jim Bob, Dirutnya, saya minta dipertimbangkan. Waktu itu
dengan menteri itu, soal perpanjangan itu kan DPR minta untuk duduk. Sedangkan
sekarang kan ada tiga hal, kemarin menteri ESDM menemui saya di Surabaya,
khusus bicara ini. Beliau bicara tiga hal. Satu, penerimaan minta ditingkatkan.
Kedua adalah privatisasi, permintaan itu 30 Juta untuk 51%. Mana mungkin saya
bilang gitu. Ketiga adalah pembangunan smelter. “Oh oke Pak Ketua. Kalau
berhenti itu soal penerimaan saya gak sependapat Pak Ketua. Karena kita itu
paling hanya nerima 7-8 triliunlah. Tapi kita keluarkan dananya untuk di Papua,
Otsus itu, kita 35 T. Ndak imbang”. Tapi kan itu udah dibantu CSR. “Iya tapi
tidak cukup Pak ketua”. Kita besar sekali.
Kedua
kalau smelter. Kalau di sana bangun smelter di sana lebih banyak rawa. Jadi
kuatirnya waktu. Kalau lihat gitu saya lihat di Gresik ada smelter kecil yang
tinggal diterusin. Terus di sana juga ada pabrik semen juga untuk pupuk yang
penting kan pakai dana sendiri, tidak melalui dana perbankan kita. “Kita harus
paksa supaya cepat-cepat dibangun”. Ya kalau gitu. “Habis itu baru Timika, Pak
Ketua”. Yang mana duluan Pak. Dia diam saja. “Yang ketiga, soal apa Pak Ketua”.
Soal penyerahan soal sahamnya itu, kan sudah 30 % diminta 51%. Itu tidak
mungkin Pak. Ini kan sudah berbagi dengan daerah yang 250 ribu Ha itu, susah
juga. Kebayang juga dengan kabupaten lain. Ini tidak mungkin. Terus dia diam
saja. Pak Luhut cuma bilang: kita runding. Pas saya makan, presiden samperin
saya. “Ini kan Pak Luhut. Itu apa Pak Luhut sudah bicara belum”. Oh iya sudah
Pak, Pak Luhut yang banyak memberikan pendapat. Bagusnya kalau bisa segera. Ngobrol-ngobrol
itu. Oh iya sekarang Pak karena sekarang sudah waktunya.
Lalu
saya pulang. Saya mau rundingan dengan sama Pak…. Jangan-jangan ini karena yang dulu ada
keributan antara anak buahnya Pak Luhut, Si Darmo dan si siapa itu, Sudirman Said
diekspos. Ini minta diklirken. Saya akan ngomong ke Pak Luhut. Ya udah. Makanya
perlu ketemu itu. Hahahahaa
—————
MR:
Jadi gini Pak. Ini bahan dari Pak Luhut dan timnya. Sudah baca?
MS:
Perpres sudah baca yang percepatan pembangunan ekonomi Papua.
MR:
Jadi mereka itu kan mau maju dulu dibangun di sana. Apa sudah ada konsep di
sana? Dari Pak menteri
MS:
Oh tidak begitu.
MR:
Jadi tetap di Gresik
MS:
Oh ndak, UU tidak mengatakan begitu. PP juga tidak mengatakan begitu. Jadi
pemurnian harus dibangun di dalam negeri. PPnya juga begitu, Pemurnian itu
dilakukan 100 persen di dalam negeri. Kemudian tanggal 23 Januari 2015, pas
setengah bulan yang lalu, itu persyaratan untuk memperpanjang izin ekspor harus
melengkapi, salah satu diantara enam itu harus menentukan eksak location. Satu
lagi soal feasibilty study. Dapatlah di Gresik. Jadi tidak ada yang mengatakan harus
di Papua . Setelah kita umumkan di Gresik dan kita tanda tangani 23 Januari itu
baru muncul Pemda Papua yang mengatakan harus dibangun di Papua.
SN:
Terus janji presiden
MS:
Ya betul, kemudian Presiden ke sana, janjikan oke kalau gitu dibangun. Kalau
kita bangun di Papua siapa yang mau kasih. Di Gresik saja sudah 2,3 M. Kalau di
Papua bisa hampir 4 M. Dari mana mau dananya. Gak mungkin bangun di Papua.
MR:
Ya ya. Jadi begini Pak, soal itu saya ngomong sama Darmo. Saya bilang Darmo siap
ya. Dia kan ngurusi semua. Dia akan melihatnya ini kalau perlu biayanya besar
juga.
SN:
Pengusaha juga
MR:
Kalau Ini tugasmu untuk mengamankan. Jadi saya sudah bicara, Pak Jokowi. Urusan
dia saya. Dia dipakai Pak Luhut semua.
MR:
Soal saham itu ada pemikiran, PLTA.
MS:
PLTA? Yang mau memiliki sahamnya siapa Pak?
MR:
Ada nominenya, punya Pak Luhut.
MS:
Pak Luhut
MS:
Yang sahamnya itu juga maunya Pak Luhut itu jaminan guarantee itu dari Freeport
untuk saham itu. Seperti dulu yang dilakukan oleh Freeport kepada pengusaha.
SN:
Pak Luhut pernah bicara dengan Jim Bob di Amerika.
MR:
Jadi kalau itu bisa diolah, ini rahasia yang tahu cuma kita berempat ya Pak.
Diolah gitu…
MS:
Pak itu harus ada yang perlu dihitung pak sekarang. Waktunya tinggal 6 minggu
dari sekarang. Dari enam isu yang saya kasih Pak Ketua itu, waktunya tinggal 6
minggu dari sekarang. Kalau itu tidak keluar, katakanlah 23 Juli nanti, tanggal
1 Juli tidak ada kepastian, maka kita akan arbitrase internasional
MR:
Apa?
MS:
Arbitrase internasional jalan. Tidak ada lagi itu. 1 Juli lah pak sudah ada
kepastian. Sekarang apa guaranteenya kalau permintaan itu dipenuhi, ini juga
keluar. Apa garansinya kalau permintaan itu ada singnal, 1 Juli sudah ada
signal, apa garansinya? Ya to Pak. Apa garansinya
MS:
Ini kan masih di Solo.
MR:
Ya ketemunya di sinilah. Ketemu Pak Luhut, ini kan masih ada kesibukan. Habis
itu baru.. Habis itu Jumat ke Pak Luhut. Harus ditugasin itu dia. Kalau bisa
tuntas dan minggu depan sudah bisa settlement. Tanggal 22, seperti usul lalu,
Itu yang sekarang sudah kerja. Kita sudah approach beberapa kali. Benar. Kalau
Freeport memiliki 15 %, kita pasti bilang.
MS:
Kalau tidak salah ada feasibility study, coba ditinjau lagi. Kalau tidak salah
Freeport itu off taker.
MR:
Itu tadi Pak. Saran saya jangan off taker dulu. Kalau bapak off taker dulu itu
akan ada di kedua belah pihak.
MS:
Dari mana…
MR:
Dari third parties yang…..
MS:
Bapak juga nanti baru bisa bangun kalau kita kasih purchasing guarantee lho
pak.
MR:
Oh ya betul
MS:
Ketergantungan bukan dari third party tapi dari kita dong.
MR:
Oh iya, tapi kan kalau bapak ikut bikin kan, bapak ikut mengendalikan. Bapak
bikin PLTA-nya, bapak ikut mengendalikan
MS:
Artinya investasinya patungan, 49, 51.
MR:
Iya.
MS:
Investasi patungan. Tapi off taker kita juga.
MR:
Iya
MS:
Kalau gitu double dong.
MR:
Enggak double Pak
MS:
Modal dari kita, kita juga yang off taker. Anu, kita bicara dulu di depan,
supaya kita bisa mengolahnya.
MR:
Pak Off taker itu hanya sugar guarantee
MS:
Iya purchasing guarantee
MR:
Purcahsing guarantee itu tidak ada uang keluar. Hanya guarantee. Maka cuan.
Uang keluar itu hanya unruk pembangunan. Kalau itu bapak juga harganya bisa
dikontrol pada yang wajar.
SN:
Harga itu sektor terbesar.
MR:
Iyalah itu kira-kira. Harga perlu dikendalikan yang wajar. Atau kalau terbalik,
kalau pure itu, itu kan satu deal. Misalnya Jim bilang Freeport gak usah ikut.
Silahkan yang lain, murni. Investor banyak yang mau, gak susah kalau Freeport.
Marubeni ngotot mau masuk situ, Cuma harga tinggi. Itu maksud saya Pak. Justru
kita sebagai lokal, merasa nyaman kalau itu opsinya sama Freeport. Dibandingkan
kalau sama orang luar. China pun ada yang mau Pak.
MS:
Ini yang Pak Riza sampaikan yang lalu sama Dharmawangsa itu kan
MR:
Iya. Itu harganya yang wajar. Bukan harga yang tidak ketinggian tidak
kerendahan. Kan PTnya milik bapak juga, 51 %. Nanti bapak juga jangan
sampai menekan ke induk usaha Freeport,
pertambangan.
MS:
Kuncinya kan itu lagi, surat perpanjangan itu. Tidak mungkin keluar purchasing
guarantee kalau tidak. PLTA mau dibangun itu kan untuk underground mining. Underground
mining baru bisa dipastikan mau dilanjutkan kalau ada perpanjangan.
MR:
Betul perpanjangan. Ini Komitmen itu dibutuhkan. Komitmen itu belum off take
guarantee belum Pak
MS:
Lho kalau komitmen, Freeport komitmen. Begitu ada perpanjangan komitmen kita
akan jalankan. Saya pertaruhkan itu.
MR:
Itulah pak yang perlu duduk itu komitmen
MS:
Karena tidak mungkin itu pak. Freeport sudah menanam 4 M dollar. Sudah yang
mempersiapkan underground, untuk infrastruktur dan pesiapan operasional,
meskipun tanpa kepastian. Jadi jangan ragu dengan komitmen. Terus untuk smelter
Desember nanti kita taruh lagi 700 ribu dollar, itu commitment fee. Itu
Desember. Tanpa ada kepastian lho Pak. Karena kita tidak tahu dianggap tidak
komitmen
MR:
700 juta ya Pak?
MS:
Sorry 700 juta dollar. Apalagi yang kita kurang komitmen. Tidak perlu komitmen
lagi. Ini sudah komitmen. Ndak ada ndak ada
MR:
Tapi kira-kira kalau konsep tadi mau ambil apa enggak?
MS:
Saya nggak jamin mau apa nggak. Tapi kasihkan dulu itu Pak.
MR:
Wah kalau ada 700 juta, proposal gitu gua lepas ini
SN:
Artinya kalau ada opportunity…. Kan ada di Pak Luhut
MS:
Signed dulu itu.
MR:
Singned itu pasti itu akan segera
MS:
Tapi kalau dengar penjelasan Pak Ketua tadi sayanya enggak begitu jelas. Dari
Pak Jokowi ya enggak jelas
SN:
Kalau Pak Jokowi itu dia, beliau sudah setuju kalau sarannya untuk di Gresik.
Tapi berikutnya di Papua. Tapi ada ujungnya-ujungnya, waktu saya makan itu “Pak
Ketua sudah bicara belum Pak Luhut, saya disuruh ngadep ke Pak Luhut, ngobrol-ngobrol.
Saya langsung tahu ceritanya ini waktu rapat, yang terjadi antara si ESDM
dengan Darmo. Kalau menurut saya, memang Pak, Presiden itu ada yang mohon maaf ya, ada yang dipikirkan
untuk ke depan memang. Kalau dilihat dari, karena dia dengar Pak Jusuf Kalla
itu kan terjadi begitu, makanya selalu menyinggung masak Jusuf Kalla terus.
Kalau lihat begitu memang dia
MS:
Ada ganjalan
SN:
Ada ganjalan. Makanya kita harus menutupi. Gak habis-habis
MS:
Mempercantik
SN:
Mempercantik. Tapi kalau pengalaman kita, artinya saya dengan pak Luhut,
pengalaman-pengalaman dengan presiden, itu rata-rata 99 % itu goal semua Pak.
Ada keputusan-keputusan penting kayak Arab itu, bermain kita. Makanya saya
tahu. Makanya Bung Riza begitu tahu Darmo, dimaintaince, dibiayai terus itu
Darmo habis-habisan supaya belok. Pinter itu
MS:
Anu The lobbies
(MS,
SN, MR ketawa)
SN:
Itulah
MR:
Pak, Pak. Hubungan Pak Luhut itu dekat sekali dengan Pak Jokowi. Kalau kasih
sign beliau keluar, kasih sign, eh beliau kayaknya begini gini, rahasia ya.
Ngerti nggak. Paling nggak Pak, kalau saya bilang confirm on, kalau meleset
saya habis Pak.
MS:
Ndak Pak. Kalau meleset komitmen, kalau sudah keluar komitmen tidak akan
meleset Pak. Kalau sudah keluar komitmen. Seperti saham berapa persen Pak.
MR:
Itu yang saya juga belum, yang belum
MS:
Bapak harus jelas juga berapa persen sahamnya. Karena itu bukan uang kecil lho
Pak soal saham itu dan nilai aset Freeport itu bukan main.
MR:
Kedua, nilainya berapa. Sama yang itu kan diambilnya harus untung, biar pinjaman
bisa recover
MS:
Mungkin harus jelas juga Pak, supaya anunya, perhitungannya lebih jelas juga
MR:
Bapak itu sudah jalan divestasi sudah berapa persen?
MS:
30 % yang sudah jalan
MR:
Yang sudah jalan 9 persen dong
MS:
9,3 %. DIpegang BUMN
SN:
Kalau gak salah itu Pak Luhut sudah bicara.
MR:
Pak Luhut sudah bicara
SN:
Pak Luhut bicara dengan Jim Bob. Pak Luhut udah ada unek-unek Pak
MR:
Pak, kalau gua, gua bakal ngomong ke Pak Luhut janganlah ambil 20%, ambillah
11% kasihlah Pak JK 9%. Harus adil, kalau enggak ribut.
SN:
Iya. Jadi kalau pembicaraannya Pak Luhut di San Diago, dengan Jim Bob, empat
tahun lalu. Itu, dari 30 persen itu, dia memang di sini 10 %. 10 persen dibayar
pakai deviden. Jadi dipinjemin tapi dibayar tunai pakai deviden. Caranya gitu,
sehingga menggangu konstalasi ini. Begitu dengar adanya istana cawe-cawe,
presiden nggak suka, Pak Luhut ganti dikerjain. Kan begitu. Sekarang kita tahu
kuncinya. Kuncinya kan begitu begitu lhp hahahaha. Kita kan ingin beliau
berhasil. Di sana juga senang kan gitu. Strateginya gitu lho.. Hahahaa
MS:
Lobbies
MR:
Untuk pertama kali, berapa yang saya olah. Disampaikan, kalau cawe-cawe kan dia
juga kerja di konsultan. Dia kan kalau konsultan datang, dia langsung bikin
titik.
MS:
Ada saya baca..
MR:
Saya punya presentasinya. Habis presentasi sedetil itu, habis itu langsung saya
telpon. Tanggal berapa itu
SN:
Sekarang sudah digarap sama Bung Riza. Hahahaa… Saya tahu Pak..
MS:
Tanggal 14
MR:
Memang kita tidak mau mencampuri politik. Tapi kenyataannya barier politik itu
ada. Kerjanya cepat..Makanya….dan happy. KIta akan kasih pengertian. Pak Luhut
pasti oke. Karena Pak Luhut gak terlalu gini juga. Kita happy-happy semua Pak.
Kalau bapak happy, kita semua juga happy.
SN:
Kita happy Pak kalau Bung Riza yang mengatur
MR:
Bukan, kita kerja, kita kan sunggung-sungguh kerja ya Pak ya. Ada prospek.
Insya Allah, Allah kasih rezeki. Berjalan. Kan masalah banyak disitu. Sampai
empat tahun Pak
MS:
Nggak setahun saja, ini selesai urusan monster.
MR:
Kalau itu itu bisa sampai 25 tahun
MS:
Lama itu Pak. Nggak cuma ini aja Pak. Setiap pembangunan di Papua nanti butuh
power tinggal nambah, nambah, nambah Pak.
SN:
Pinter ini dibayar sama itu
MR:
Menurut saya, cara itu elegan. Freeport yang kontrol, harga dikendali. Freeport
bantu cari guarantee, pinjaman. Terus, di sana cicil bagus, bisa kredit guarantee
sesuai. Yang enak gitu lho pak. Freeport yang kontrol, semua jalan semua.
Pengendali. Kalau kita bikin CSR ke orang-orang kampung kita bisa. Ada Freeport
juga di situ. Itulah Pak, bagus sekali itu. Kalau itu misalnya sama China.
Jepang itu lain lagi.
MS:
Teknologi mau pakai teknolohi mana?
MR:
China? Gampang itu Pak
MS:
Enggak, kalau begini Pak
MR:
Dari China. Oh bisa
MS:
Ini kan perusahaan Amerika, harus dilihat juga. Jangan lupa yang kecil-kecil
gitu. Biar strateginya nyambung nanti pak
MR:
Turbin dapat kredit ekspor dari sana.
MS:
Itu Pak, smelter Papua sudah ada statement bersama. Pemda Papua akan mencari
investor. Statement bersama dihadiri oleh Komisi 7, Ketua DPRP, Ketua MRP, ada
Menteri ESDM. Statement bersama.
SN:
Yang waktu itu ya
MS:
Iya. Dan gubernur mendukung pembangunan smelter. Freeport di Gresik. Kalau dia
punya smelter jadi, Freeport akan menyuplai konsentratnya dengan perhitungan B
to B ke smelter yang sudah ada akan dibangun. Begitu Pak
SN:
Perjalanan tambah sudah mulus dong
MS:
Sudah ada komitmen, Gubernur Lucas itu sudah mengeluarkan statemen itu. Cuma
kan ada kemungkinan, ini gubernur punya pemikiran bahwa semua smelter semua
spesifikasinya sama. Di setiap komoditas minerail itu, mainnya itu beda. Tidak
bisa tembaga atau emas itu makan nikel atau bauksit. Di pergi ke China nyari.
Teknologinya nikel dan bauksit. Kalau teknologi tembaga emas itu adanya di
Jepang. Dia salah langkah Pak. Gitu lho Pak. Makanya dia agak mandeg mau
membangun smelter. Kan teknologinya beda pak. Njlimet itu pak teknologi setelah
saya pelajari. Yang top itu teknologinya Mitshubishi.
MR
dan SN: Ooooooo
MS:
Untuk smelter. Memang gila itu, Jepang memang top. Tidak pakai kimia, tidak
pakai kimia, semua fisik. Makanya Freeport itu tidak ada proses kimia dalam
pemurnian. Salah langkah dia untuk Papua. Harusnya dia lakukan ini dulu, sudah
bentul. Bangun dulu Papua secara keekonomian. Bangun dulu infrastruktur Papua
secara keekonomian. Jangan bangun smelter dulu di depan. Bagaimana mau bangun
smelter kalau enggak ada listrik, enggak ada pelabuhan, enggak ada jalan,
enggak ada air bersih, enggak ada gas.
Mahal Pak. Bangun dulu nilai keekonomian. Makanya itu Keppresya sudah betul.
Makanya Bappenas, sudah cocok itu. Bangun dulu infrastruktur, bagun pabrik
semen, pabrik pupuk.
SN:
Sudah Pak. Kemarin itu saya diarahkan sama Bu RIni, menteri ESDM jadi nanti itu
ditunjuk di Bintuni. Bintuni itu arealnya 6000 hektar. Itu dibuat di sana itu pabrik
pupuk, Antam juga disitu, pelabuhan bukan hanya Sorong pak tapi di situ.
Sehingga ini sebenarnya untuk menunjang perekonomian itu. Ini lagi mulai
pembuatan-pembuatan itu yang pihak Dirut Antam, Pak Budi ketemu saya waktu itu,
memang betul sedang membuat. Gasnya selain gasnya itu dari apa itu yang di
sana…
MS:
Tangguh
SN:
Tangguh, tetapi juga dari Malaysia, dari Ginting. Mereka dapat itu
MR:
Genting, genting
SN:
Genting
MR:
Benar itu Pak. Ada 5 TCf cadangan di Papua. Itu yang akan disuplai ke tempatnya
bapak.
MS:
Bintuni kalau mau membawa nanti konsentratnya dari Timika, coba dilihat kondisi
geografinya Pak, bagimana berapa cost deliverynya. Faktor cuaca melalui laut.
Kalau lewat darat wah pembangunannya gila berat, very costly. Bapak harus lihat
line costnya, garis pantainya untuk membawa konsentrat dari Timika ke situ.
SN:
Yayaya.
MS:
Kenapa tidak dari Timika dibawa ke Gresik. Karena line costya gampang. Kalau
mau dibawa ke Papua harus lihat dari garis pantai
MR:
Ooo geografi dengan costnya ya.
MS:
Harus lihat itu Pak. Modal
MR:
Kalau begitu, tidak ada jaminan pupuk bangun, tidak ada jaminan semen bangun.
Sehingga revisinya. Makanya gandeng kita. Mau bangun enggak, gitu. Tapi kalau
dipressing nggak ada semua. Orang yang ngasih duit uang ke Freeport, sudah
pasti oke, sudah pasti dibeli nih
MS:
Off takernya banyak.
MR:
Banyak off takernya.
SN:
Iya purchasing guarantee
MS:
Harus integreted Pak. Susah ini pak
MR:
Kalau orang mau menggaransi, off taker baik pasti bangun pabrik pupuk. Bangun
di sana
MS:
Itu nanti menjual hasil konsentrat itu secara internasional juga harus
dipikiran marketnya
SN:
Kalau semen itu Pak, pada akhirnya bisa dibangun di situ gak, Di Timika? Kalau
seandainya presiden sudah setuju. Udah, Pak Ketua kita di sini, tapi harus
janji di Timika, sesuai permintaan itu bangun pabrik semen di sana
MS:
Pak, masalah lahan di Papua itu juga masalah besar. Masalah hak ulayat itu
susah. Pak Riza mau bangun di sana, berhubungan sama yang punya, Pak Iza sudah
bayar. Nanti pamannya datang kamu bayar ke dia, saya mana. Datang lagi
keponakannya. Itu yang bikin perang suku Pak.
MR:
Itu mirip di Padang. Sama kalau di Padang
MS:
Kepastian hukumnya tidak ada. Ada kebon sawit besar bagus cantik udah jadi Pak.
Tiba-tiba ditutup sama gubernur katanya merusak alam. Kasihan Pak buat
investor. Itu orang nggak jadi males menginvestasi
MR:
Provinsinya Dajjal
MS:
Betul Pak zamannya Dajjal
MR:
Sama Pak. Gila itu. Itu waktu Riza mengondisikan ngurusi gula, sudahlah begini
begini, dia sudah kuasai lahan Pak, pada waktu itu. Beda kongsi. Gua ketawa
aja. Makan dulu, kalau udah jalan 5 tahun baru saya ambil.
MS:
Diganggu?
MR.
Ya enggaklah. Dia juga memulai itu jalan pelan-pelan sekarang. Miliknya Antam.
Akhirnya dia bikin pabrik gula di NTT. Hmm begitu
MS:
Ati-ati Pak. Betul Pak.
SN:
Ngeri, makanya bolak-balik situ.
MR:
Tentara
MS:
Saya sudah dari 1983 sudah ke Papua.
SN:
Oh oke
MS:
Saya sudah tahu Papua, bagaimana antropologinya. Hati-hati Pak, gak semudah
itu.
SN:
Yayayaa. Percaya Pak
MS:
Gak semudah itu Pak Papua. Mengedukasi mereka untuk merasa bahwa mereka akan
dibangun untuk kesejahteraan mereka, tidak mudah Pak. Costnya tinggi Pak,
betul. Kita bangun sekolah, minta dibangun rumah sakit. Tapi kalau ajak pers, hormat
bapak. Masak kita sinterklas terus.
MR:
Itu ya Freeport pernah bangun pagar yang bagus, yang indah itu buat di gedung.
Itu yang bikin perusahaan gua. Punya pabrik di Bandung. Itu besinya di bawa
pakai pesawat ke sana. Pegawai saya di bawa pakai pesawat. Gak tahu masih ada
apa enggak sekarang. Loe bayangin, tukang-tukang gua naik pesawat
MS:
Anu itu memang soal sikap mental Pak.
MR:
Sadis itu, memang tidak gampang
MS:
Kalau mau pembebasan lahan itu tidak mudah lho pak. Kalau tidak salah itu tiga
kabupaten untuk PLTA itu.
MR:
Kalau itu mudah-mudahan bisa cepat. Karena…
MS:
Yang anti sama gubernur juga banyak lho pak. Yang dulu sakit hati sama
gubernurnya sekarang sudah mulai kuat lho Pak.
MR:
O ya
MS:
Iya. Wagub itu belum tentu bisa jalan sama gubernurnya.
SN:
Papua sama Papua Barat
MS:
Papua. Coba tolong dimatangkan mengenai saham.
MR:
Yang saham. Soal saham itu, saya bicara ke Pak Luhut. Kita sudah bicara.
Weekend saya ketemu. Biar Pak Luhut yang bicara ke bapak
SN:
Biar cepat selesai
MR:
Kan ini long weekend, Hari minggu nanti,
saya temui Pak Luhut, bisa minggu malam. Biar Pak Luhut cek dan kita…. Saya
yakin itu
SN:
Presiden sudah dikasihkan ke Pak Luhut itu berapa kali. Si Darmo, kalau bapak
denger cerita di dalam. Apa yang kita inginkan bisa, presentasi ke presiden
tiap hari.
SN:
Presentasi ke presiden setiap hari.
MR:
Kalau memang gawat keadaannya, saran saya jika mau malam sabtu atau malam
minggu
SN:
Besok
MR:
Why not. Pak Luhut oke. Kita ketemu sama Pak Maroef, hari minggu malam. Kita
ngumpetlah. Seeeeeeeet dia action minggu depan. Nggak lama Pak. Next week two
week. Bisa kau angkat akhir Juni selesai urusan. Begitu ini selesai ini saham
bisa
SN:
Saya sih yakin itu karena presiden sendiri kasih kode begitu dan itu
berkali-kali. Yang urusan kita di DPR, itu kita ketemu segitiga, Pak Luhut,
saya dan presiden. Akhirnya setuju. Ngomongnya gini presiden. Saya sudah ketemu
presiden cocok itu. Pengalaman ya, artinya ini demi keberhasilan semua. Ini
belum tentu bisa dikuasai menteri-menteri, yang gini-gini. Enggak ngerti malah
bapak
MS:
Ada lobbiesnya
SN:
Strategi
MS:
Ini Henry Kisingernya
SN:
Henry Kisinger Hahahaa
MR:
Kita ini orang kerja, strateginya. Jadi Freeport jalan, bapak itu bisa terus
happy, kita ikut-ikutan bikin apa. Kumpul-kumpul. Gua gak ada bos, nggak usah
gedek-gedek. Ngapain gak happy. Kumpul-kumpul. Kita golf. Gitu, Kita beli
private jet yang bagus, representative. Apalagi
SN:
Iya
MR:
Buat kita itu tak ada yang rakus. Ini mutual benefit, konsepnya mutual benefit.
Barangnya kita semua. Kita semua kerja. Freeport 51 kasih kita lokal, support
financing. Ya Pak
SN:
Kalau Freeport menjamin, semua juga gampang. Semua bank langsung kasih.
MR:
Kan itu buat tambang
SN:
Otomatis, merem aja itu
MR:
Lumayan ini, untuk kumpul-kumpul paling 1 juta dollar.
SN:
Hayyaah
MR:
Saya ikut masuk ke Dharmawangsa ini, cost yang mereka bawakan sudah, tapi masih
gedean mereka porsinya. Terlalu lama mereka itu boros. Saya yakin Freeport
pasti jalan. Kalau sampai Jokowi nekat nyetop, jatuh dia.
MS:
Yang jadi itu Amerika. Nggak diterima di Amerika
SN:
Pengalaman saya ya Pak. Presiden ini agak koppig (kopeh, bahasa belanda) tapi
bisa merugikan semua. Contoh yang paling gampang itu PSSI. Apa susahnya ini ya,
saya bicara. Saya harus bicara Freeport itu saya bicara dulu PSSI. Saya bilang,
Pak Presiden pengalaman saya zaman SBY, SBY turun tangan. TVOne yang sudah
menyiarkan liga dan lakunya bukan main, terpaksa harus dihentikan karena sudah
teriak-teriak, ini menyangkut sponsor, pengangguran mereka, menyangkut
macem-macem. Jadi bisa menurunkan juga kredibilitas isu-isu presiden. Presiden,
Pak Ketua khusus PSSI saya tidak ada apa, apa tidak ikut campur dengan pihak
mereka. Supaya Indonesia itu bangkit. Saya bilang, ada peraturan FIFA mengharuskan.
Kalau saya yang kurang menguasai, Ketua MA menyampaikan hukum-hukumnya. Disampaikan
pak, hukum-hukumnya. Kalau sudah bilang enggak, ya enggak, susah kita. Tetap
saja. Kita dikte saja. Gitu Pak. Koppignya dia buat bahaya kita. Kedua, Ketua
MA sampai merasani sama saya enggak berkenan sama presiden. Wah gak cocoklah.
MS:
Chemistry enggak nyambung
SN:
Enggak nyambung Pak. Ketemu dua kali di tempatnya Menteri PAN, waktu pelantikan
ngobrol itu lagi. Ketemu lagi. Enggaak. Ini harus kita rekayasa pak.
MS:
Pengalaman ini ya Pak
SN:
Kadang-kadang dia kalau egonya ketinggian, ngerusak Pak. Ngono Pak. Makanya
pengalaman-pengalaman saya sama dia, begitu dia makin dihantam makin kenceng
dia. Nekat Pak. Waah
MR:
Saya kaget itu Pak, Saya kan kenal Jokowi, lama sekali Pak. Saya itu jodohin
terakhir, ngedorong Jokowi jadi capres. Saya, Pak Hendropriyono dan Pak Budi
Gunawan. Seminggu sekali kita rapat di rumah Pak Hendro ama Jokowi. Paling
lambat dua minggu sekali, selama setahun sebelum capres Pak. Walaah alot Pak,
saya suruh ganti baju. Wah, Pak ganti baju dong. Saya ngobrol sama Karni Ilyas
dia kan sosialis. Sosialis kok pengusaha, kalau sosialis. Itu bukan
SN:
Berbahaya Pak. Bahaya kalau dia selalu begitu. Ada lagi pengalaman saya Pak.
MS:
oke
SN:
Pengalaman yang betul-betul saya mengalami bersama-sama Pak ini, bersama-sama
Pak Luhut. Akhirnya saya minta tolong Pak Luhut, untuk memulai pemilihan
Kapolri. Itu asli Pak. Bagaimana itu kita berusaha supaya Budi, karena Ibu Mega
yang call, yang telpun. Itu kita pakai apa aja enggak pak. Itu bisa terjadi
pada saat beliau mau ke DPR. Bingung dia Pak menghadapi DPR gitu. Disuruhlah
Menkopolhukam, sama Setneg, sama Mendagri ketemu saya. Saya bilang udah deh
nanti kita atur duduknya gini, enam pertanyaannya saja deh. Itu telpun lagi,
tadi kan semua tim. Dia minta dua saja. Duduknya minta yang santai,
sesantainya, tidak ada pertanyaan yang ini. Wah nanti cuma bulat-bulat itu Pak.
Bagaimana saya menenangkan fraksi-fraksi supaya mau begitu kan. Banyak akal,
pokoknya bisalah. Dia datang, kita akali. Soal BG itu, pokoknya lari ke BG
minta kapolri dia. Nanti Pak Luhut. Saya cepet-cepet ke Pak Luhut gimana jalan
keluarnya. Pak Luhut kasih jalan. Entar gini. kita malam-malam ya waktu itu.
Entar jawabannya gini aja, Presiden ngomong gini soal BG akan kita serahkan kepada
nanti yang terpilih. Siapapun yang diusulkan oleh pejabat yang terpilih setuju.
Ayo kita draft. Draft kita bertiga. Bener Pak Luhut itu. Begitu draft selesai,
Pak Luhut jam 9 keluar lagi, Wah kalau Pak Jusuf Kalla datang nanti bisa
berubah. Pak Jusuf Kalla itu ngotot BG. Ini bener, Pak Jusuf Kalla itu bener.
Itu pun diatur gimana akhirnya presiden bisa perintahkan Pak Jusuf Kalla enggak
datang. Dia pindahkan ke sana, pindah ada acara. Padahal kita sudah siapin
tempatnya itu pak. Jadi satu itu, satu ini. Jadi waktu pagi-pagi kita rapat jam
10 mundur jam 10,30. Itu jam 08.00 Pak Luhut datang. Catat aja begitu banyak.
Kata Pak Luhut, jangan. Ini cukup selembar ini. Saya sudah runding dengan saya.
Betul kan saya sudah ketemu Pak ketua. Waktu dia datang, saya buat bercanda
buat apa, buat apalah semua. Akhirnya kita duduk. Saya lihat dia bawa tas kayak
orang norak. Ajudan bawa tas yang isinya banyak yang banyak itu. Itu kertasnya
ini. Terus gimana Pak Luhut. Bapak periksa aja. Nanti saya atur, saya ngomong,
bapak ngomong. Kira-kira nanti kan ada dua hal, soal masalah Kapolri dan soal
masalah APBN. Terus dia ambil. Saya lihat lirikan kertas yang mana yang
diambil, kertasnya Pak Luhut. Jadi waktu di APBN semua fraksi ngomong tapi semua
ngomong BG, semua ngomong BG. PDIP ngantem presiden. Dia berbisik-bisik, masak
PDIP sendiri ngantem saya, saya kan presiden. Tapi gak peduli apapun kehendak
Bu Mega gak peduli. Dijawab pertanyaannya. Setelah saya dengarkan semua soal
Pak Budi Gunawan, semua saya turut tampung tetapi mekanismenya adalah saya
serahkan kepada Kapolri yang terpilih. Persisnya itu dibaca begitu. Dibaca. Ini
pengalaman Pak ya. Selesai, sampailah cerita itu ke Ibu Mega. Marahlah
pokoknya, sampai ke Solo dan macam-macam.
MR:
Di Solo ada…., ada Surya Paloh, ada si Pak Wiranto pokoknya koalisi mereka,
Dimaki-maki Pak, Jokowi itu sama Megawati di Solo. Dia tolak BG. Gila itu,
saraf itu. Padahal, ini orang baik kekuatannya apa, kok sampai seleher melawan
Megawati. Terus kenapa dia menolak BG. Padahal pada waktu pilpres, kita mesti
menang Pak. Kita mesti menang Pak dari Prabowo ini. Kalian operasi,
simpul-simpulnya Babimnas. Bapak ahlinya, saya tahu saya tahu itu. Babimnas itu
bergerak atas gerakannya BG sama Pak Syafruddin. Syafruddin itu Propam.
Polda-polda diminta untuk bergerak ke sana. Rusaklah kita punya di lapangan.
SN:
Termasuk Papua
MR:
Termasuk Papua. Noken kita habis.
SN:
Habis Pak, hampir setengah triliun.
MR:
Kapolda Papua itu kan sahabat saya, sahabat deket.
MS:
Tito
MR:
Tito. Akhirnya ditarik ke Jakarta supaya nggak menyolok, jadi Asrena. Sekarang
Papua sudah jalan, kasih hadiah sama Jokowi. Padahal maunya Jakarta bukan dia.
Pak BG maunya bukan Tito. Pak BG maunya Pak Budi. Tapi Budi ditaruh Bandung.
Tito Jakarta. Yang minta Jokowi.
SN:
Jawa Barat hahaha
MR:
Gila Pak. Alot pak orangnya Pak.
SN:
Pengalaman itu, maksudnya saya pengalaman itu. Jadi kita harus pakai akal. Kita
harus pakai ini. Kuncinya kan ada kuncinya. Kuncinya kan ada di Pak Luhut, ada
saya. Nanti lempar-lemparan. Ada dia strateginya. Cek gocek
MR:
Darmo ini disayang sama dia karena, Si Darmo kalau presentasi, lulusan Amerika,
sudah kuliah PHD pintar. Jokowi happy terus. Ini saya tahu. Darmo ngomong Pak
itu didengerin. Gitu Pak
SN:
Cuma sudah dibeli gara-gara ketemu bapak, dikunci, sreeeet. Berubah
MR:
Dikawanin lah.
MS:
Hasil lobi ya
SN:
Semuanya, semua istana beliau bisa biaya yang lain-lain, biayain semualah.
MR:
Sebelum bubarin Pak, kalau gak gini Pak. Saya ini kan pedagang, Saya ikutan
politik kan karena teman-teman saja. Baik, gak cerai. Saya pedagang. Saya
bilang eh ini saatnya damai. Kita kumpulin semua yuk. Kumpul Bang Ical, Anis
Matta, Hatta, pokoknya semua kita kumpul.
SN:
Panggil Pak Luhut
MR:
Kita undang Pak Luhut datang. Saya siapkan depan. Ada Pak Luhut ama timnya.
Saya bilang itu, saat ini kita sudah kalah. Kalah Pilpres. Tapi kita akan balas
tahun 2019. Cuma sekarang kita harus berdamai membangun negara. Jangan ikut.
Presiden sama wapres enggak boleh diganggu, saya bilang. Kita cari makan.
Sekarang Pak Luhut yang ada di sana, Ini temen-temen dan kita minta ikutlah Pak
Luhut. Coba Pak Luhut sampaikan ke Jokowi. Kalau mau sepakat begitu kita
dukung. Ini saran saya. Mulai ngomong rurururuurr… Akhirnya sepakat pak malam
itu, oke kita dukung Jokowi JK supaya sukses. Nanti 2019 ceritanya lain.
Langsung deh pada dukung Jokowi, pada ketemu Jokowi semua. Prabowo apa dukung
Jokowi. Sejak itu. Makanya Pak, DPR gak pernah ganggu Jokowi. Gak pernah ganggu
Jokowi. Malah yang enggak mendukung Jokowi itu PDIP. KMP enggak, semuanya mendukung. Itu kita happy juga sih.
Kalau negara aman kita punyajalan. Tapi kalau ribut terus di palemen, pusing
kepala. Bayangin sudah kurang aman negara, ekonominya ancur.
SN:
Kesalahan menteri-menterinya juga.
MR:
Ya presiden juga andil.
SN:
Ya kita harus jujur
MR:
Kalau Pak JK presiden,
SN:
Wah terbang kita.
MR:
Atau dia pasrahin Pak JK urus ekonomi saja, saya pergi dah blusukan. Pak JK
urus saja ekonomi
SN:
Ya tapi sekarang sudah dibatasin terus presiden
MR:
Obyektif ya Pak, kita pengi ada growth, bisnis kita jalan, semua orang gitu
kan. Gaji lancar pajaknya gak gila-gilaan. Pajaknya gila Pak. Pajaknya dahsyat
Pak
MS:
Semua macam-macam dipajakin ya
SN:
Hancur
MR:
Iya.
SN:
Mobil jeblok, orang beli gak bisa. Perbankan gak mau lagi, hancur.
MR:
Kalau Freeport mah gak ada kaitannya sama ini. Kalau saya ada ritel, saya punya
air lines, hancur berdarah. Rupiahnya jelek marketnya drop. Saya ada perusahaan
ritel, saya punya toko-toko orang perempuan di mall-mal, gubrak, waduh gila
pak. Bagaimana nasibnya. Perkebunan sawit juga jeblok perusahannya. Gimana pula
SN:
Gak ada uang
MR:
Gak ada uang. Rakyat udah gak ada uang. Gak ada demand, drop.
MS:
Itu konsep PP 15 untuk sawit gak jalan Pak? Padahal itu konsepnya presiden
untuk CPO
MR:
Hancur pak, hancur Pak
SN:
Presiden itu senang meresmikan meresmikan. Tapi sekarang gak jalan. Sekarang
dia serahin ke Pak Jusuf Kalla. Saya ketemu Pak Jusuf Kalla. Jusuf Kalla bilang
wah ini banyak yang gak jalan. Saya
bilang jangan meresmikan terus
MR:
Kalau pak JK itu pengusaha.
SN:
Bagus itu Pak
MS:
Dia bisa menghitung
MR:
Bagus Pak. Dia bisa mengcreate. Kalau tahu sekarang kita lagi berdarah. Dia gak
mungkin menghindari, dia tidak akan diam. Dia akan cari akal. Jokowi mana mau
ketemu kita. Allah
SN:
Ini kaya PSSI babak belur.
MS:
Kita kan sponsor Persipura. Bubar Pak. Pada ngirim surat mau membubarkan.
Kasihan Persipura
MR:
Pemain bola itu kalau dia gak main dua bulan, otot-ototnya rusak semua
MS:
Drop semua. Sakit semua. Sakit jantung semua Pak
SN:
Kembali itu Pak. Pak Luhut ditakutin, enggak bisa enggak
MR:
Sebetulnya lepas dari apapun, nasibnya jelek. Jujur saja ya Pak, nasibnya jelek
sebagai bangsa Indonesia. Mendingan karena Jokowi tapi kita kan berdarah. Masak
musuhan itu kan gilaaa. Aduuhhh… Ampuuunnn ampuunnn.
SN:
Ampuun
MR:
Si Alid, Alidu mau ngomong sama KEN. Sama KEN kan hopeng. Ngomonglah duluan
sama Cicip. Dapat ijin nangkap ikan. Beli kapal 10, join ama China, bikinlah
KMA. Ada ijin, keluar semua. Kapal sudah datang. Cicip diganti Bu Susi. Sama Bu
Susi, kapal asing gak boleh nangkap. Bangkrut dia langsung. Ganti pakai bendera
Indonesia kapalnya. Kapal 350 Dwg harus buatan Indonesia. Buatan asing gak boleh
beroperasi di sini. Bangkrut langsung. Edan Pak, ini ngaco Pak, gawat ya
SN:
Eksport aja berhenti. Megenai di tempatnya Susi semua, banyak gulung-gulung
tikar semua.
MR:
Enggak cuma situ. Tempat lain juga sama
SN:
Iya. Itu presiden gak tahu
MR:
Ada lagi teman Pak. Dia memang bisnisnya minuman. Dia bikin UIC, Si Aseng, tahu
kan Pak. Ini pabrik dia,150 juta dollar investasinya. Pabrik dibikin udah mau
jadi, ada peraturan ama Rahmat Gobel, penyalur-penyalur itu gak boleh jualan
bir. Berhenti. Pabrik gak jadi diresmikan. Bayangkan Pak. Berdarah Pak. Gila
MS:
150 juta dollar Gila
MR:
Banyak kasus Pak. Belum lagi pengusaha batubara.Tapi pak kita muter-muter dia
masih presiden Pak. Suka gak suka harus kita bayar udah Pak. Ya kan
MS:
Masih panjang
SN:
Masih panjang
MR:
Yang penting gak papa, yang penting halal
SN:
Rakyat itu suka gak suka ama dia dianggap itu bener semua.
MR:
Iya. Salah gak salah jalan terus. Yang dianggap salah menteri-menterinya. Dia
enggak. Gila dah. Haduuuhh
MS:
Tapi kan Pak Riza masih ada Pak Ketua yang back up.
MR:
Ah kalau saya kan Pak, hidupnya biasa saja. Itu kan sudara saya, banyak saudara
pak.
SN:
Karena Itu Pak, seperti kata presiden, rata-rata kita minta itu setuju tapi
harus pakai strategi. Ya kita selalu kadang-kadang salah kita
MR:
Pak Jokowi sudah baik, sudah baik Pak cuma sekarang dirombak. Sekarang sudah
baik banget. Sekarang dirombak lagi. Jangan bawa ke ranah politik
MS:
Membantu politik, membantu urusan politik
MR:
Betul Pak.
SN:
Kayak HR.
MR:
Saya sama Pak Marciano. Aduh Pak Riza, jangan muncul, jangan muncul kata saya.
Biarkan dia bantu Prabowo tapi jangan muncul. Pak, saya gak muncul susah Pak.
Gimana muncul ketahuan.. Usahakan jangan muncul. Percaya omongan saya. Bener
juga omongannya. Gua muncul di Polonia, puk puk puk langsung muncul di sosmed. Aduuuh saya lagi
sama Prabowo dan hati. Ya udah mau apa, nasib.
SN:
Nasib duit keluar banyak. Duit Pak. Itu saya lihat kasihan. Ngapain itu, udah.
50 M, 30 M. Begitu kita hitungin udah 500 M. Ngapain. hahahaa
MS:
Lewat Pak
SN:
Lewat Pak
MR:
Padahal duit kalau kita bagi dua pak, hepi Pak. 250 M ke Jokowi JK, 250 M ke
Prabowo Hatta, kita duduk aja. Ke Singapura, main golf, aman. hahahaa. Itu kan
temen, temen semualah, Pak Susahlah. Kita hubungan bukan baru kemarin. Masak
kita tinggal nggak baik. tapi kan sekarang udah gak ada masalah. Sudah normal.
Gitu
SN:
Saya ngomong sama presiden, ini Pak Bung Riza juga bantu. Oh ya ya itu dia
kawan saya baik. hahaha
MR:
Memperjuangkan dia itu capek sob. Segala macam cara, Pak Hendro ngomong sama
Megawati waktu di Kebagusan. Belum saatnya. Dikira sekaligus. Belum Pak. Saya
itu baik, saya kasihan sama Pak Jokowi, saya akan bantu Pak Jokowi ke Hatta
sebagai cawapres. Pak Jokowi sama Hatta mungkin Pak, tapi Meganya gak mau. Saya
sama Hatta itu sahabat.
MS:
Jokowinya mau, Pak?
MR:
Jokowinya mau banget sama Hatta.
SN:
Tahu tahu pisah, pusing sudah terlanjur ke Pak Hatta
MR:
Tapi itu kan pengalaman.
SN:
Tapi kalau ngomong baik-baik, lamaa menikmati. Kayak yang kemarin itu yang
Fahri dan Fadli Zon marah itu. Itu kan gitu Pak soal UU. Udah kerja
capek-capek. Jam 2 kita ketemu lagi, Semua wakil ketua dan komisi II saya ajak
ketemu presiden. Jelasin. Sama Fahri dijelasin, efeknya bahayanya. Jelasin.
Saya tengahin bapak presiden, sambil becanda nih. Udah becanda terus dia
tenanglah. Itu menteri-menteri, menteri Polhukam gak ada yang ngomong Pak.
Nanti jawab gini pak. Saya tidak setuju karena ini ni, singkat. Marah dong
temen-teman. Bapak presiden, kalau buat saya ini pak. Apa gak sebaiknya kita
pertimbangkan dulu. Ya saya setuju Pak ketua. Ya bapak kan mau rapat kta
pertimbangkan, Walau nanti diputuskan enggak tapi paling enggak jadi
dipertimbangkan. Tapi pakai guyon dulu. Kalau enggak gitu dia stik. Dia stik
mati kita.
MR:
Saya bilang ke Pak Marciano. Pak saya gak berani ke rumah bapak dulu Pak.
Begitu saya ke rumah bapak, ada yang ngabarin kalau sudah dicap. Habis Pak
Jokowi dilantik, saya nggak berani dulu. Udahlah biar bapak kerja tenang,
Sekarang dia sudah aman.
SN:
Udah tahu lah, kan Pak Luhut lapor semua pertemuan itu kalau Bung Riza semua
yang ngatur
MR:
Saya sih bukan menjilat dia pak. Tapi kalau temen-temen saya paling gak hepi,
pada ribut semua. Nanti rusak negara kita.
SN:
Waduh hancur
MR:
Iya kan. Maksudnya biar harmonis, harmonis rukun. Kalau Pak Luhut kan sahabat
lama. Ya udah kita duduk Pak Luhut.. Pak Luhut gak percaya. Belum cukup sama
gue. Udahlah bisalah. Gua yang atur, gua jamin. Wah seneng banget, Pak Luhut ke
Pak Jokowi. Nih si bos yang urus katanya. Dia mau bawa ke istana, Riza tolak.
Wah kalau saya ke istana, ada yang motret. Tambah pusing kepala saya. Susah ini
Pak, tukang gosip
MS:
Makanan empuk
MR:
Iya makanan empuk. Wah gila betul. Kita kerja benar.
MS:
Pak terima kasih waktunya Pak
SN:
Sekarang komisaris di sana. Komisarisnya orang papuanya tiga, kemudian
Indonesia non Papua Pak Marsillam, Pak Andi Mattalata, satu lagi bekas Presdir.
MR:
Pak Rozik ya
MS:
Oh, bukan itu presdir waktu kontrak
SN:
Hidayat itu beberapa kali ketemu saya. Nututi, saya menghindar terus. Saya
sudah tahu itu. Kan saya tahu bahasa di Presiden kayak apa. Kan dia tiggal
begini Pak. Rahasia terjamin, Orang lain gak ada yang ikut, Menteri pun gak
tahu.
MS:
Kalau tahu Pak?
SN:
Kalau misal, situasi menterinya juga bisa terus, tapi juga belum tentu terus.
Kalau gak terus tahu Pak bocor.
MS:
Lain cerita lagi itu Pak
SN:
Karena menterinya enggak share ini. Surabaya sama presiden itu hadir di PDIP.
Dia ikut dari Papua pak. Dia lihat ada di VIP lounge, dia cari saya. Pak Ketua
saya tahu pak ketua ada di sini. Urusan Papua tolong pak ketua. Insya Alla.
Sudirman gitu. Jadi panjangan ngomongnya, bapak presiden gini gini. Baik-baikan
aja. Kalau ribut, masih muda saya dihantam ama Darmo.
MR:
Darmo ikut ke papua dia
SN:
Darmo ikut ke papua?
MR:
Ikut dia.
SN:
Terus di pulang dia
MR:
Dia sama presiden hanya sampai Surabaya. Terus menterinya pulang
SN:
Presiden itu gak hepi gara-gara itu, Dia gak gepi itu, menteri ini, Jonan dan
Bappenas. Kalau ngomong itu saya pusing Pak Ketua, sama menteri ini.
MS:
Andrinof
SN:
Andrinof
MS:
Terima kasih waktunya. Kita tunggu anunya aja kepastian gimana, kelanjutannya
MR:
Saya bicara Pak luhut, kira-kira apa. Terus oke, kita ketemu.
SN:
Harus itu pak
MR:
Saya akan bilang Pak Luhut
SN:
Harus cepet. Karena kasihan beliau, Pak Luhut
dikasih tanggung jawab. Kasih tanggung jawab share holder. Gimana
caranya sukses, harus cari akal kan gitu.
MS:
Tanggung jawab itu paling berat itu karyawan dan keluarganya
MR:
Betul itu Pak
MS:
Kalau share holder kan duitnya banyak. Tapi karyawan itu 30 ribu lebih. Itu kan
bangsa kita semua. Kalau share holder ini tutup masa bodo amat.
MR:
Dan selalu dipikir karyawan
MS:
Dan Freeport gak pernah PHK lho pak. Itu saja Pak. Pikiran saya itu karyawan.
Karena saya sudah lama masuk Papua. Saya tahu betul masyarakat Papua.
SN:
Oke Pak.
MS:
Baik Pak. Terima kasih Pak Ketua. Saya duluan Pak. Makasih Pak, mari. Pak Riza
makasih Pak. Mari
SN:
Yuk Pak
MR:
Cakep deh
transkrip selengkapnya bisa di unduh di link berikut ini
https://drive.google.com/file/d/0BxNJIO5pfNYsemxINno3S1FxUUE/viewhttps://drive.google.com/file/d/0BxNJIO5pfNYsemxINno3S1FxUUE/view
0 Response to "Ini Transkrip Lengkap Rekaman Percakapan "Papa Minta Saham" Setya Novanto "
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)