Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. RPP Otomatisasi Perkantoran kurikulum 2013 | Tugas Kuliahku

RPP Otomatisasi Perkantoran kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan pendidikan                  : SMKN 1 Amborgang
Program/Program Keahlian     : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester                        : XI / 1
Mata Pelajaran                        : Otomatisasi Perkantoran
Topik                                       : Keyboarding atau mengetik cepat
Alokasi Waktu                        :  2 x JP
Pertemuan ke                          :  1

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive, dan prokltif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rsa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasam kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedurak pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan menciptakan dalm ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
a.        (1.1)Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
b.      (1.2)Penerapan penggunaan panca indera sebagai sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
c.       (1.3)Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
d.      (2.1)Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan otomatiasi perkantoran
e.       (2.2)Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
f.       (2.3) Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
g.      (3.1) Menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mensyukuri kebesaran tuhan yang ditunjukan dengan sikap ketelitian
2.      Terlibat aktif dalam menjelaskan K3 perkantoran serta syarat-syarat Agronomic
3.      Terlibat aktif dalam menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan cepat dan tepat
4.      Teliti dalam menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan cepat dan tepat

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa menunjukkan sikap, teliti, cermat, kritis, sistematis dan teratur dalam menjelaskan cara mengetik (keyboarding)
2.      Siswa mampu mendeskripsikan K3 perkantoran serta syarat-syarat Agronomic
3.      Siswa mampu mendeskrikpsikan K3 perkantoran
4.      Siswa mampu menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan cepat dan tepat

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Mengetik Cepat (Keyboarding)

F.      PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                 : Scientifik
Strategi                        : Discovery
Metode                        : Diskusi, Tanya Jawab
Model                          : Discovery Learning/ Berkelompok

G.    MEDIA DAN ALAT
1.      Media        : LCD, Power Point Presentation
2.      Alat           : Laptop, LCD dan Speaker Active, ATK, Whiteboard

H.    SUMBER BELAJAR

·         M. Situmeang, Drs,  Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
·         Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
·         Internet

           
I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

Kegiatan
Langkah – langkah model discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Stimulasi
Pemusatan Perhatian :
-          Mengucapkan Salam dan menanyakan kabar siswa
-          Membaca do’a
-          Mengabsen siswa
-          Menyampaikan tujuan belajar
-          Pembentukan kelompok
Guru menayangkan gambaran terkait pengetahuan umum tentang cara mengetik cepat (keyboarding) serta K3 Perkantoran.

10 Menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan Identifikasi masalah
Mengamati
Mengamati  beberapa kondisi  tentang K3,  ergonomic : ruang kerja, sikap duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar; keyboard dan mouse,  dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan, dan kebisingan

Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan pengetikan 10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts  yang digunakan dalam pengetikan
Asosiasi (menalar)
Menjelaskan konidisi atau dampak yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam duduk,  mengetik.
  Komunikasi
Mempresentasikan tata cara mengetik 10 jari dan menjelaskan dampak akibat kesalahan dalam duduk, mengetik.
65 Menit
Penutup

Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang administrasi kepegawaian
15 menit


I.            Materi Ajar :
Materi ajar dapat di download disini

J.       PENILAIAN

Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan tentang sikap teliti, cermat, kritis, sistematis dan teratur dalam mengumpulkan bahan diskusi masalah mengetik cepat
Tes Untuk Kerja
Tugas
Membuat kesimpulan tentang pekerjaan kantor di kelas/sekolah sesuai dengan kajian kelompok
Presentasi
Masing-masing kelompok membuat presentasi dari bahan yang telah didiskusikan. Peserta didik akan diamati dari segi komunikasi, sistematika penyampaian, wawasan, keberanian, gesture dan penamilan masing-masing.
Observasi
Pengamatan terhadap keaktifan peserta didik selama melakukan observasi dan diskusi
Tes tertulis
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap keyboarding (mengetik  cepat)


INSTRUMEN LEMBAR PENGAMATAN
1.      Lembar Pengamatan Ranah Afektif (Teliti, Cermat, Kritis, Sistemati, dan Teratur)
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Teliti
Cermat
Kritis
Sistematis
Teratur
Keterangan 
Ya
Tdk
Ya
Tdk
Ya
Tdk
Ya
Tdk
Ya
Tdk



































































Kriteria Nilai :
-          Ya = Baik
-          Tidak = Kurang Baik.

2.      Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman







































































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1 = Kurang
                           ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)                             
          Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang













3.      Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistemati ka penyam
Paian
Wawa
San
Kebera nian
Antusias
Gesture dan penampilan

























































































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang
                           ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                                X  100
                           Skor Maksimal (24)
Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang






Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Amborgang                                                    Guru Mata Pelajaran



(                                               )                                                           (Jhon Miduk S                        )
NIP.                                                                                                    NIP. 889 675 876 789