Model-Model Komunikasi
MODEL-MODEL
KOMUNIKASI
Unsur-unsur
Komunikasi
1.Komunikator
=> Orang yang menyampaikan informasi
2.Pesan => informasi
yang disampaikan oleh Komunikator
3.Media => Perantara
dan alat yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan informasi
4.Komunikan => Orang
yang menerima informasi dari komunikator
Model
Komunikasi Menurut Para Ahli
1.Menurut
Sereno dan Martensen
Suatu model
komunikasi merupakan deskripsi ideal mengenai apa yang dibutuhkan untuk
teradinya jomunikasi. Suatu model mempresentasikan secara abstrak ciri-ciri
penting dan menghilangkan rincian komunikasi yang tidak perlu di dunia nyata.
2.Model
Aubrey Fisher
Model adalah
analogi yang mengabstraksikan dan
memilih bagian dari keseluruhan,unsure,sifat,atau komponen yang penting dari
fenomena yang dijadikan model.
3.Werner
J.Severin dan James W.Tankard,Jr,.
Model membantu merumuskan suatu teori dan menyarankan
hubungan.Model dapat berfungsi sebagai basis bagi suatu teori yang lebih
kompleks,alat untuk ,menjelaskan teori dan menyarankan cara-cara untuk
memperbaiki konsep-konsep.
Fungsi
dan Manfaat Model Komunikasi
1. Melukiskan proses komunikasi.
2. Menunjukkan hubungan visual.
3. Membantu dalam menemukan dan memperbaiki kemacetan komunikasi.
4. Mengetahui suatu hal secara keseluruhan menunjukkan fakta metode baru yang tidak
diketahui
5. Memperkirakan tentang hasil atau akibat yang akan
dicapai.
6. Menjelaskan tentang suatu hal melalui penyajian informasi
yang sederhana
Model
Komunikasi
1.Model
Stimulus Respon (S-R)
Model S-R adalah model komunikasi paling dasar yang
menunjukkan komunikasi sebagai suatu proses “aki-reaksi” yang sangat
sederhana.Model S-R terbagi dua yaitu :
a.Model S-R Positif-positif
Sebagai contoh,ketika anda sedang berjualan di kampus dan
bertemu dengan teman anda,maka anda akan menjajakan jualan anda dan teman anda
berminat dan membeli barang jajaan anda tersebut.Dari contoh tersebut merupakan
reaksi S-R yang bersifat Positif-positif.
b.Model S-R
Negatif-negatif
Sebagai contoh anda yang sedang berjualan dikampus dan bertemu dengan teman anda,dan
anda berusaha untuk menghindari teman anda agar teman anda tidak membeli
jajanan tersebut dan teman andapun menjadi berstimulus yang kurang baik
terhadap anda karena sikap anda.
2.Model
Aristoteles
Model komunikasi yang paling klasik, yang sering juga
disebut model retoris. Model ini sering disebut sebagai seni berpidato. Salah satu kelemahan model ini adalah bahwa komunikasi dianggap
sebagai fenomena yang statis .
3.Model Laswell
Model
ini sama dengan unsure komunikasi pada umumya dimana model komunikasi ini
berupa ungkapan verbal,yakni :
1.Who
=> Komunikator (orang yang menyampaikan informasi)
2.Says
What => Pesan (Informasi yang disampaikan oleh Komunikator)
3.In
Whichh Channel => Media ( Alat atau perantara yang digunakan untuk
menyampaikan informasi)
4.To
Whom => Komunikan ( Orang yang menerima informasi dari komunikator)
5.With
what Effect => Efek ( Reaksi yang dihasilkan atau ditunjukkan oleh komunikan
setelah mendengar informasi yang disampaikan oleh komunikan).
4.Model Newcomb
Komunikasi adalah suatu cara yang lazim dan efektif yang
memungkinkan orang-orang mengorientasikan diri terhadap lingkungan mereka. Ini
adalah model tindakan komunikatif dua orang yang disengaja. Model ini
mengisyaratkan bahwa setiap sistem ditandai oleh suatu keseimbangan atau
simetri, karena ketidak keseimbangan atau kekurangan simetri secara psikologis
tidak menyenangkan dan menimbulkan tekanan internal untuk memulihkan
keseimbangan.
5.Model Westley dan Mclean
Model ini berbicara dalam dua konteks, komunikasi
interperonal dan massa.Dan perbedaan yang paling penting diantara komunikasi
interpersonal dan massa adalah pada umpan balik (feedback). Di interpersonal,
umpan balik berlangsung cepat dan langsung, sedang di komunikasi massa, umpan
baliknya bersifat tidak langsung dan lambat.
6.Model Gabrner
Seseorang (sumber,komunikator) mempersepsi suatu kejadian
dan bereaksi dalam suatu situasi melalui suatu alat untuk menyediakan materi
dalam suatu bentuk dan konteks dan mengandung isi yang mempunyai suatu
konsekuensi.
7.Model Berlo
Model ini juga dikenal sbg model SMCR. Sumber (Source),
pesan (Message), saluran (Channel), dan penerima (Receiver). Sumber adalah
pembuat pesan. Pesan adalah gagasan yang diterjemahkan atau kode yang berupa
simbol-simbol. Saluran adalah media yang membawa pesan. Dan penerima adalah
target dari komunikasi itu sendiri.
8.Model Defleur
Model ini merupakan model komunikasi massa. Dengan
menyisipkan perangkat medium massa dan perangkat umpan balik. Model ini
menggambarkan sumber, pemancar, penerima, dan tujuan sebagai fase yang terpisah
dalam proses komunikasi massa.
9.Model Tubbs
Model ini sepenuhnya berbicara tentang komunikasi antara
2 orang. Model ini sesuai dengan konsep komunikasi sebagai transaksi. Yang
mengasumsikan bahwa 2 orang komunikator sebagai pengirim pesan (sender) dan
sekaligus sebagai penerima pesan (receiver). Saat kita berbicara (mengirim
pesan), sebenarnya kita sekaligus mengamati tingkah laku lawan bicara kita dan
kita bereaksi terhadap itu. Proses itu bersifat timbal balik dan juga spontan
dan serentak. Pesan di dalam model ini dapat berupa verbal maupun non verbal.
Dapat disengaja maupun tidak. Salurannya berupa panca indera.
10.Model Gudykunyts dan Kim
Model
ini merupakan model komunikasi
antarbudaya, yakni komunikasi antara orang-orang yang berasal dari budaya
berlainan, atau komunikasi dengan orang asing (stranger).
11.Model Interaksional
Para peserta komunikasi menurut model interaksional
adalah orang-orang yang mengembangkan potensi manusiawinya melalui
interaksisosial, tepatnya melalui apa yang disebut pengambilan peran orang
lain. Diri berkembang lewat interaksi dengan orang lain, dimulai dengan orang
terdekatnya seperti keluarga dalam suatu tahap yang disebut tahap permainan dan
terus berlanjut hingga kelingkungan luas dalam suatu tahap yang disebut tahap
perbandingan.
0 Response to "Model-Model Komunikasi"
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)