Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Pengertian Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli | Tugas Kuliahku

Pengertian Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi dan Sampel Menurut para ahli
Dalam penelitian, peneliti wajib menggunakan populasi dan sampel sebagai objek dari riset atau penelitian yang sedang dikerjakannya. Populasi sangat diperlukan sebagai bagian dari objek yang ditelitinya, demikian juga sampel juga sangat diperlukan sebagai penentu keabsahan sebuah penelitian ilmiah.
Pada hakikatnya, populasi merupakan keseluruhan objek yang kita teliti yang bisa berupa orang, benda dimana dari hal tersebut dapat kita peroleh atau dapat memberikan data penelitian yang kita butuhkan. Sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi yang memiliki sifat dan karakteristik yang sama denga populasi. Dalama artian, sampel mewakili keseluruhan populasi karena tidak semua populasi dalam penelitian bisa diteliti satu persatu, misalnya penelitian tentang pengaruh demokrasi bagi provinsi ABC dll.
Untuk lebih memperjelas tentang pengertian populasi dan sampel, ada baiknya kita runut pengertian populasi dan sampel menurut para ahli :
1.    Populasi
1)    Arikunto Suharsimi (1998 : 117)
Populasi merupakan keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti sebuah elemen yang ada dalam wilayah penelitian tersebut, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.
2)    Sugiyono (1997 :57 )
Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
3)    Ismiyanto
Populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, atau suatu hal yang didalamnya dapat diperoleh dan atau dapat memberikan informasi (data) penelitian.
4)    Nazir (2005)
Populasi dalah sekumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Ciri, karakteristik, dan kualitas itu yang dinamakan sebagai variable. Ia membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit.
5)    Furchan (2004)
Populasi adalah objek, keseluruhan anggota sekelompok orang, organisasi, atau kumpulan yang telah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas.
6)    Hadari Nawawi (1983)
Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.
7)    Margono (2004)
Populasi adalah keseluruhan data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data, jika seorang manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama banyaknya manusia.
Menurut Margono, pupulasi dibagi menjadi dua, yaitu Populasi teoretis (theoretical population) dan Populasi tersedia (accessible population). Populasi teoretis merupakan populasi yang batasannya telah ditetapkan secara kualitatif, seperti populasi guru yang ditetapkan berusia 26 tahun sampai dengan 46 tahun, berpendidikan sarjana, dan lain-lain. Populasi tersedia merupakan populasi yang secara kuatitatif bisa dinyatakan dengan tegas dan tepat. Misalnya, sebanyak 500 guru di kota Medan memiliki karakteristik yang sesuai dengan populasi teoretis yang telah ditetapkan.
8)    Bugin (2000:40)
Populasi merupakan keseluruhan (universum) dari objek penelitian berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya sehingga objek ini dapat menjadi sumber data penelitian.
9)    Widiyanto (2010:5)
Populasi merupakan suatu kelompok atau kumpulan objek atau objek yang akan digeneralisasikan dari hasil penelitian.
10) Hartono ( 2011 : 46)
Populasi dengan karakteristik tertentu ada yang jumlahnya terhingga dan ada yang tidak terhingga. Penelitian hanya dapat dilakukan pada populasi yang terhingga saja.
11) Netra (1976)
Populasi adalah keseluruhan individu yang bersifat general atau umum yang mempunyai karakteristik yang cenderung sama.
12) Sabar (2007)
Populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi populasi atau study sensus.
13) Nursalam (2003)
Populasi adalah keseluruhan dari variable yang menyangkut masalah yang diteliti.
14) Husaini Usman (2006 : 181)
Populasi adalah semua nilai baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif dari karakteristik tertentu mengenai kelompok objek yang lengkap dan jelas.
15) Riduan & Tita Lestari
Populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.
16) Morissan (2012 ; 19)
Populasi adalah sebagai suatu kumpulan subjek, variabel, konsep, atau fenomena. Kita dapat meneliti setiap anggota populasi untuk mengetahui sifat populasi yang bersagkutan.
17) Sudjana (2010 : 6)
Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil yang menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteritik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin mempelajari sifat-sifatnya.
18) Mulyatiningsih (2011:19)
Populasi adalah sekumpulan orang, hewan, tumbuhan, atau benda yang memiliki karakteristik tertentu yang akan diteliti. Populasi akan menjadi wilayah generalisasi kesimpulan hasil penelitian.
19) Howel ( 2011:7)
Populasi adalah sebagai kumpulan dan peristiwa dimana anda tertarik dengan peristiwa tersebut.
20) Zuriah ( 2009 : 116)
Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan.

2.    Sampel
1)    Sugiyono  (2006 : 118)
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut.
2)    Suharsimi Arikunto (2002 : 109)
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti
3)    Soehartono (2004 : 57)
Sampel merupakan suatu bagian dari populasi yang akan diteliti dan dianggap dapat menggambarkan populasinya.
4)    Ridwan (2007 : 57)
Sampel adalah bagian dari populasi yang mempunyai ciri-ciri atau keadaan tertentu yang akan diteliti.
5)    Gulo (2010 : 78)
Sampel adalah himpunan bagian/subset dari suatu populasi, sampel memberikan gambaran yang benar tentang populasi.
Demikianlah defenisi populasi dan sampel menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Renika Cipta.

Howell, D. C. 2011. Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. USA :  Wadsworth.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : Kencana.

Mulyatiningsi, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian : Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara