Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Bagaimana Membuat Pertanyaan Yang Baik? | Tugas Kuliahku

Bagaimana Membuat Pertanyaan Yang Baik?

      Ketika anda mengikuti sebuah forum, seminar, atau bahkan kegiatan perkuliahan dan pembelajaran di kelas, tentu pembicara atau presenter akan memberikan kesempatan untuk bertanya kepada audiens atau pendengar. Disaat itu, anda mungkin terkadang langsung deg-degan ingin mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan atau ada perasaaan “ah tidak jadi deh bertanya, takut pertanyaan saya salah”. Dua perasaan ini selalu menghantui kita saat ini saat ingin mengajukan pertanyaan, terutama bagi kita yang biasa dengan ke”pasif”an kita di dalam suatu forum atau ruangan kelas.

            Membahas pertanyaan yang bagus atau tidak, sebenarnya tidak ada pertanyaan yang masuk dalam kategori bagus atau tidak bagus karena pertanyaan itu adalah sebuah naluri dan muncul disaat kita sedang merasa tidak puas dan ingin sesuatu yang lebih dari apa yang telah kita lihat, yang kita dengar dan apa yang kita rasakan. Pertanyaan itu adalah sebuah hak asasi manusia yang tidak boleh dikekang oleh siapapun karena memang sebuah kebebasan bagi manusia untuk berhak atau bahkan menjadi sebuah kewajiban dalam hal bertanya.
Bertanya dalam sebuah forum resmi atau  bahkan di ruangan kelas ketika belajar sekalipun memang membutuhkan sebuah keberanian dan nyali yang besar agar tidak merasa kurang percaya diri saat mengungkapkan pertanyaan, yang ada nanti akibatnya adalah pertanyaan kita menjadi amburadul. Untuk menyakinkan diri anda tentang pertanyaan yang akan anda usulkan, ada baiknya anda melakukan beberapa langkah berikut :
1.      Pahami topic yang akan dibahas
Sebelum anda mengajukan pertanyaan saat forum, kuliah, atau saat diskusi belajar, ada baiknya anda mencari tahu tentang topic apa yang akan dibahas pada forum atau pertemua tersebut. Jika anda adalah seorang mahasiswa, anda bisa mencari topic berikutnya dengan bertanya langsung kepada dosen anda atau meminta silabus kepada dosen anda. Jika anda adalah seorang siswa, anda bisa membaca topic berikutnya yang ada dibuku karena guru biasanya mengajar sesuai dengan urutan yang ada dibuku. Jika anda ingin mengikuti forum resmi di hotel atau di ruangan besar dengan audiens yang disertai dengan orang-orang/ pejabat penting, anda bisa mencari topic pembicaraan di iklan yang telah dipasang di brosur yang disebarkan, atau di spanduk yang biasa dipasang di depan altar acara. Dengan mengetahui topic pembicaraan terlebih dahulu, anda setidaknya telah memiliki gambaran tentang apa yang akan dibicarakan, bagaimana alur pembicaraan dan apa hasil dari pembicaraan termasuk apa yang akan anda tanyakan nantinya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang topic pembicaraan, anda bisa mencari sumber referensi sebanyak mungkin. Gunakan juga fasilitas internet karena disana tersedia begitu banyak informasi yang mendukung kegiatan dan tujuan anda  nantinya.

2.      Tulis Garis Besar dari Topik
Dengan menulis garis besar/inti dari topic, anda akan mengetahui apa yang akan dibicarakan oleh narasumber nantinya. Ini akan membuat anda semakin percaya diri karena anda telah terlebih dahulu menguasai lebih dahulu tentang apa yang telah keluar dari mulut narasumber. Anda hanya tinggal melengkapi sebagian kecil saja. Tuliskan inti topic dalam sebuah kertas kecil atau catatan anda agar menjadi pengingat bagi anda. Ingat, catatan adalah pengingat terbaik bagi anda, jadi jangan sekali-kali meremehkan catatan.

3.      Percaya Diri
Penyebab kegagalan terbanyak adalah kurangnya rasa percaya diri dan kekurangan rasa percaya diri bisa menyebabkan usaha yang sudah hampir finish menjadi hacur berantakan.  Anda harus meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda sendiri bisa melakukannya dan jangan pikirkan kelemahan anda. Ingat, kebiasaan sukses dibangun dari angka 1,2 dan 3. Selebihnya menjadi sebuah kebiasaan yang menjadi darah daging dalam diri anda senidiri nantinya.

4.      Duduk Paling Depan
Sebuah kesalah besar ketika anda sedang mengikuti sebuah forum, belajar dikelas, atau kuliah dikelas anda memilih untuk duduk paling belakang. Anda diharuskan untuk memilih tempat duduk paling depan karena duduk di depan akan membuat anda makin percaya diri dan satu hal, ketika anda mengajukan pertanyaan, anda tidak akan melihat banyaknya muka manusia yang melihat muka anda, tetapi mereka hanya bisa melihat punggung anda. Jadi, anda bisa langsung bertatap muka langsung kepada presenter dan narasumber.
5.      Bersuara dengan Lantang
Jika rasa percaya diri telah dibangun, praktis suara anda akan lantang juga sehingga membuat para audiens yang lain akan terkesima dengan pertanyaan anda. Usahakan juga gerak tubuh anda mengikuti alur pertanyaan anda sehingga anda terkesan aktif dan memahami sebenarnya apa yang anda tanyakan.

Demikian beberapa langkah yang harus anda lakukan jika ingin mengajukan pertanyaan di forum resmi dan kegiatan perkuliahan di ruangan kelas atau dimanapun. Persiapan perlu dilakukan agar mencapai hal yang maksimal. Tetapi, semuanya tergantung kepada diri anda sendiri, apakah anda mau melakukannya? Jika anda mau, silahkan dilakukan sekarang. Semoga bermanfaat bagi anda, terimakasih.


Penulis merupakan seorang mahasiswa, blogger, dan penulis di beberapa media yang beredar di dunia maya dengan akun @jhonmiduk.