Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) Otomatisasi Perkantoran | Tugas Kuliahku

Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) Otomatisasi Perkantoran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                   : SMK N 1 Jakarta Timur
Kelas / semester             : XI / 1
Mata Pelajaran               : Otomatisasi Perkantoran
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi     : Menganalisis pengertian otomatisasi perkantoran secara umum
Kompetensi Dasar        : Menganalisis otomatiasi perkantoran dan penggunaanya dalam ruang                                         lingkup kantor.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.     Menjelaskan pengertian otomatisasi perkantoran
2.     Menjelaskan tujuan otomatisasi perkantoran
3.     Menjelaskan penggunaan otomatisasi perkantoran
4.     Mendeskripsikan alat-alat otomatisasi perkantoran
5.     Mendemonstrasikan alat-alat otomatisasi perkantoran
6.     Mengaplikasikan jenis-jenis aplikasi otomatisasi perkantoran
7.     Menunjukkan kategori pemakai otomatisasi perkantoran
8.     Mendeskripsikan manfaat otomatisasi perkantoran
Tujuan Pembelajaran :
1.     Siswa dapat menjelaskan pengertian otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
2.     Siswa dapat menjelaskan tujuan otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
3.     Siswa dapat menjelaskan penggunaan otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
4.     Siswa dapat mendeskripsikan alat-alat otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
5.     Siswa dapat mendemonstrasikan alat-alat otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
6.     Siswa dapat mengaplikasikan jenis-jenis aplikasi otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
7.     Siswa dapat menunjukkan kategori pemakai otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%
8.     Siswa dapat mendeskripsikan manfaat dari otomatisasi perkantoran dengan kebenaran 80%

Materi Ajar :
OTOMATISASI PERKANTORAN
A.   Pengertian Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi Perkantoran adalah semua sistem informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda didalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan.
Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin TIK listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor biasanya dikenal dengan istilah Office Automation atau OA.
B. Tujuan Otomatisasi Perkantoran
OA atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja melalui:
1.     Meminimalkan/Penghindaran Biaya, Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2.     Pemecahan Masalah Kelompok, Otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
3.     Pelengkap Bukan Pengganti, OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional - percakapan tatap muka, percakapan telepon, peasn tertulis pada memo, dan sejenisnya.
4.     Penggabungan dan Penerapan Teknologi, misalnya antara telepon,komputer, jaringan internet, satelit, dll.
5.     Memperbarui Proses Pelaksanaan Pekerjaan di Kantor, Produk OA atau office Automation memungkinkan para pekerja kantor ini memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik.
Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi Perkantoran.
Aplikasi otomatisasi kantor yang telah diketahui, yaitu:
1.     WORD PROCESSING
Word Processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
2.     ELECTRONIC MAIL
Electronic Mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan, dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3.     VOICE MAIL
Voice Mail sama persis dengan electronic mail. perbedaan nya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya.
4. ELECTRONIC CALENDARIN
Electronic Calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer.
5. AUDIO CONFERENCING
Audio Conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi.
6. VIDEO CONFERENCING
Video Conferencing melengkapi signal audio dan signal video. pralatan televisi digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video.
7. COMPUTER CONFERENCING
Computer Conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga meemberi kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi.
8. FACSIMILE TRANSMISSION
Facsimile Transmission yang biasanya disebut Fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain.
9. VIDEO TEXT
Video Text adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan mmateri tekstual pada layar crt.
10. IMAGE STORE AND RETRIEVAL
Image Store and Retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11. DESKTOP PUBLISHING
Desktop Publishing atau DTP adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Penggunaan Desktop Publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi dan teknis.
D. Empat Kategori Pemakai Otomatisasi Kantor
Agar suatu sistem atau aplikasi dapat berjalan dan dapat dinilai apakah sistem itu bagus atau tidak, maka diperlukan namanya pemakai. ia yang akan menilai, merancang, dan mengembangkan sehingga suatu sistem dapat berjalan. Pengguna Otomatisasi Kantor yang ada dalam suatu sistem Informasi adalah:
1.     Manajer, adalah seorang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
2.     Profesional, yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (misalnya, pembeli, Wiraniaga, dan Asisten Staff Khusus). Manajer dan Profesional secara bersama deikenal sebagai pekerja terdidik.
3.     Sekretaris, biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4.     Clerical Employee (Pegawai Administratif), melaksanakan tugas untuk tuga untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen, dan mengirimkan surat.
E. Manfaat Otomatisasi Kantor
Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi. mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara minimal. dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi dengan baik.

Karakter yang harus dimiliki :
1)    Kerja Keras : siswa bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan dalam belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
2)    Kreatif: siswa mampu menciptakan hal-hal baru dalam belajarnya baik berupa kemampuan mengembangkan  kemampuan formasi yang diperoleh dari guru dalam proses belajar mengajar yang berupa pengetahuan sehingga dapat membuat kombinasi yang baru dalam belajarnya.
3)    Toleransi: siswa dapat berikap dan bertindak yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
4)    Disiplin:  siswa dapat menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan yang ada di lingkungan sekolah.
5)    Rasa Ingin Tahu: siswa dapat selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar di dalam kelas maupun di lingkungannya.
6)    Semangat Kebangsaan: siswa mampu berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya. Contohnya: menggunakan peralatan perkantoran untuk lebih mengembangkan kemampuan belajar.
7)    Cinta Tanah Air: siswa memiliki rasa bangga menjadi orang Indonesia, mampu melestarikan budaya, dan menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia
8)    Peduli Sosial: siswa mampu bersikap dan bertindak ingin selalu memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

Metode Pembelajaran
·        Diskusi: merupakan interaksi antara didik dan peserta didik, atau peserta didik dan pengajar untuk menganalisis, menggali, atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu.
1.     Menyediakan topik atau masalah yang akan didiskusiakan tentang revolusi industri dan pengaruhnya pada kehidupan di Indonesia.
2.     Menyebutkan pokok-pokok masalah yang akan dibahas perkelompok.
3.     Menugaskan peserta didik untuk menjelaskan, menganalisis, dan meringkas.
4.     Membimbing diskusi dan tidak memberikan ceramah.
·        Persentasi: Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Presentasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti menyajikan atau mengemukakan.
1.     Perkelompok mempersentasikan hasil diskusi sesuai dengan topik atau masalah masing-masing di depan kelas.
·        Tanya Jawab: Metode Tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru menjawab.
1.     Setelah perkelompok mempersentasikan hasil diskusinya di depan kelas, perkelompok mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap kelompok yang sedang mempersentasikan hasil diskusinya.

Media Pembelajaran :
1.     LCD                    : Untuk presentasi guru dalam menjabarkan materi dan kelompok yang akan presentasi setelah membahas materi masing-masing.
2.     Laptop                 : sebagai media sambungan LCD, sebagai salah satu alat otomatisasi kantor.
3.     Alat- alat kantor   : merupakan alat yang berfungsi sebagai sarana dan objek pembelajaran.
4.     PPT                      : untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok di depang kelas
5.      
Model Pembelajaran
STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
1.     Membentuk kelompok yang anggotanya = 5 orang secara   heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll).
2.     Guru menyajikan pelajaran.
3.     Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.     Guru mempersilakan perkelompok untuk mempersentasi hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi dan memberikan pertanyaan terhadap kelompok yang sedang persentasi
5.     Memberi evaluasi
6.     Kesimpulan


Kegiatan Pembelajaran
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
1.
Kegiatan Awal
§  Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan KD dari materi pokok pelajaran yang akan di ajarkan.
§  Guru memberi informasi sekilas tentang revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

10

2.
Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru membentuk kelompok menjadi 6 kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
§  Elaborasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan dari materi yang didiskusikan kelompok.
§  Konfirmasi: Setiap kelompok memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap kelompok yang sedang mempresentasikan hasil diskusinya.
§  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. 
65
3.
Kegiatan Akhir
§  Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
§  Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya
§  Guru memberikan tugas secara individu tentang materi yang sedang dibahas.
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
15


Penilaian Hasil Belajar
Evaluasi
Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Tepat
1.     Manakah Konsep Manajamen Perkantoran Modern yang tepat ?
a.     Berhubungan dengan pekerjaan ketatausahaan
b.     Berhubungan dengan korespondesi untuk bahan presentasi pimpinan
c.      Berhubungan dengan pengolahan informasi untuk pengambilan keputusan
d.      Berhubungan dengan pengambilan keputusan untuk pemecatan karyawan
e.      Berhubungan dengan pekerjaan tata letak kantor

2.     Pilihlah salah satu Tujuan dari otomatisasi perkantoran !
a.     Penggabungan dan penerapan sumber daya manusia
b.     Produktifitas pekerjaan menjadi lebih rumit
c.      Merubah budaya organisasi perusahaan
d.     Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan dikantor
e.      Meningkatkan gaji karyawan

3.      Manakah aplikasi dari otomatisasi perkantoran ?
a.     Konferensi audio,video, dan tatap muka
b.     Konferensi video,komputer, dan rapat pimpinan
c.      Videotext, surat elektronik, surat pos
d.      Konferensi video, surat pos, dan konferensi audio
e.      Konferensi audio, video, dan komputer

4.     Use of automatic equipment and ….. to do work
a.     Human
b.     Machine
c.       Horse
d.     Automatic
e.      Manual
5.      Istilah yang dikeluarkan oleh IBM untuk menjelaskan kegiatan mesin tik listrik adalah?
a.     Excel Processing
b.     Powerpoint processing
c.      Autocad processing
d.     Word processing
e.       Number processing

6.     Pada dasarnya ada4 pemakai yang menggunakan otmatisasi kantor.Siapakah mereka ?
a.     sekretaris,pegawai admnistratif, professional dan office boy
b.     sekretaris, satpam, pegawai admnistratif, professional
c.      sekretaris,satpam,pegawai admnistratif,office boy
d.     sekretaris, manajer, professional, office boy
e.      sekretaris,pegawai admnistratif, professional,manajer

7.      Apa yang dimaksud dengan video conference pada otomatisasi perkantoran ?
a.     hubungan jarak jauh yang menggunakan system audio
b.     hubungan jarak jauh yang menggunakan system visual
c.      hubungan jarak jauh yang menggunakan surat menyurat
d.     hubungan jarak jauh yang menggunakan audio visual
e.      hubungan jarak jauh yang menggunakan telepati

8.     Salah satu kelemahan yang utama dari adanya pemakain otomatisasi perkantoran adalah?
a.     pajak perusahaan menjadi lebih tinggi
b.     lemahnya pengawasan terhadap pekerjaan
c.      gaji karyawan menurun
d.     pengurangan kebutuhan sdm menjadi teknologi
e.      banyak menimbulkan keborosan produksi

9.     Model OA dibagi dalam dua komponen utama yaitu komponen
a.     Database dalam OA dan Aplikasi dalam OA
b.     Service messaging dalam OA dan Aplikasi dalam OA
c.      Input dalam OA dan Aplikasi dalam OA
d.     Output dalam OA dan Aplikasi dalam OA
e.      Saving dalam OA dan Aplikasi dalam OA 
10.         Apa yang dimaksud dengan kantor virtual ?
a.     Pekerjaan yang dapat di delegasikan kepada orang lain
b.     Pekerjaan yang dapat di kerjakan dengan cara musyawarah
c.      Pekerjaan yang dilakukan dalam kantor
d.     Pekerjaan yang dapat dikerjakan di lokasi geografis manapun
e.      Pekerjaan yang dapat biasa dilakukan oleh karyawan kantor
Kunci Jawaban :
1.     Jawaban :c. Berhubungan dengan pengolahan informasi untuk pengambilan keputusan
2.     Jawaban: d. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan dikantor
3.     Jawaban: e. Konferensi audio, video, dan komputer
4.     Jawaban: b. Machine
5.     Jawaban: d. Word Processing
6.     Jawaban: e. sekretaris, pegawai admnistratif, professional,manajer
7.     Jawaban :d. hubungan jarak jauh yang menggunakan audio visual
8.     Jawaban: d. pengurangan kebutuhan sdm menjadi teknologi
9.     Jawaban: a.Database dalam OA dan Aplikasi dalam OA
10.                        Jawaban: d. Pekerjaan yang dapat dikerjakan di lokasi geografis manapun






Mengetahui
Wakasek bag. Kurikulum                                Jakarta, 01 Mei 2014    
SMK N 1 Jakarta Timur                                 Guru Mata Pelajaran


Robin Van Persie. M.Pd                                  Jhon Miduk Sitorus. S.Pd
NIP. 020098776513767                                  NIP. 008876612757