Pasar, dalam ilmu ekonomi, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Pasar
yang dimaksud bisa merujuk kepada suatu negara tempat
suatu barang dijual dan dipasarkan.
Jenis-jenis Pasar
Pasar dapat dikelompokkan menjadi 5
jenis, yaitu pasar barang, pasar tenaga kerja, pasar
modal, dan pasar luar negeri.
·
Pasar
barang menggambarkan pertemuan antara permintaan dan penawaran akan barang.
Sebuah perusahaan atau individu dapat beroperasi di pasar barang dengan menawarkan
barang hasil produksi atau pula melakukan permintaan akan produk.
·
Pasar tenaga kerja merupakan
pertemuan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Pertemuan ini
akan menghasilkan konsep upah dan
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Biasanya yang melakukan permintaan adalah badan usaha (perusahaan), lembaga-lembaga,
instasi-instasi, atau dapat juga perseorangan, sedangkan yang melakukan
penawaran tenaga kerja adalah angkatan kerja yang
tersedia di pasar kerja.
·
Pasar
uang adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran uang.
Dalam pasar uang yang ditransaksikan adalah hak menggunakan uang untuk jangka
waktu tertentu. Di pasar uang terjadi pinjam meminjam dana, yang selanjutnya
menimbulkan hubungan utang piutang. Pihak yang melakukan penawaran uang adalah otoritas
moneter (Bank sentral dan pemerintah) dan lembaga keuangan (bank dan bukan bank), sedangkan pihak yang melakukan permintaan adalah
masyarakat (rumah tangga dan perusahaan).
·
Pasar
modal dalam arti sempit identik dengan bursa efek. Dalam arti luas, pasar modal adalah pertemuan
antara mereka yang mempunyai dana dengan mereka yang membutuhkan dana untuk modal usaha.
Jika pasar uang lebih memfokuskan pada penggunaan jangka pendek, maka pasar
modal lebih memfokuskan pada penggunaan jangka panjang.
·
Pasar
luar negeri menggambarkan hubungan antara permintaan dalam negeri akan produk impor dan
penawaran ke luar negeri berupa produk ekspor.
Jenis-jenis pasar menurut fisiknya
- Pasar konkret (pasar nyata)
adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual melakukan transaksi
secara langsung. Barang yang diperjualbelikan juga tersedia di pasar.
Contohnya, pasar sayuran, buah-buahan, dan pasar tradisional.
- Pasar abstrak (pasar tidak
nyata) adalah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya
melalui telepon, internet, dan lain-lain berdasarkan contoh barang.
Contohnya telemarket dan pasar modal.
Jenis-jenis pasar menurut waktunya
- Pasar harian adalah pasar yang
aktivitasnya berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang
diperjualbelikan adalah barang kebutuhan sehari-hari.
- Pasar mingguan adalah pasar
yang aktivitasnya berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat di daerah
yang belum padat penduduk dan lokasi pemukimannya masih berjauhan.
- Pasar bulanan adalah pasar yang
aktivitasnya berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang
diperjualbelikan barang yang akan dijual kembali (agen/grosir).
- Pasar tahunan adalah pasar yang
aktivitasnya berlangsung setahun sekali, misalnya PRJ (Pasar raya jakarta).
Jenis-jenis pasar menurut barang yang diperjualbelikan :
- Pasar barang konsumsi adalah
pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk memenuhi
kebutuhan manusia.
- Pasar sumber daya produksi
adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti tenaga
kerja, tenaga ahli, mesin-mesin, dan tanah.
Jenis-jenis pasar menurut luas kegiatannya :
- Pasar setempat adalah pasar
yang penjual dan pembelinya hanya penduduk setempat.
- Pasar daerah atau pasar lokal
adalah pasar di setiap daerah yang memperjualbelikan barang-barang yang
diperlukan penduduk derah tersebut. Contohnya Pasar Gede di Solo.
- Pasar Nasional adalah pasar
yang melakukan transaksi jual beli barang mencakup satu negara contohnya
pasar senen.
- Pasar Internasional adalah
pasar yang melakukan transaksi jual beli barang-barang keperluan
masyarakat internasional. Contohnya pasar kopi di Santos (Brasil).
Jenis-jenis pasar menurut Bentuknya :
- Pasar persaingan sempurna
(terorganisir)
- Pasar persaingan tidak sempurna
- Jenis-jenis pasar menurut sifat
pembentukan harga
- Pasar persaingan adalah pasar
yang pembentukan harga ditentukan oleh persaingan antara permintaan dan
penawaran.
- Pasar monopoli adalah pasar
yang penjual suatu barang di pasar hanya satu orang. Contohnya Pertamina,
PLN, Pelni dan lain-lain.
- Pasar duopoli adalah pasar yang
penjualnya hanya dua orang dan menguasai penawaran suatu barang dan
mengendalikan harga barang.
- Pasar oligopoli adalah pasar
yang di dalamnya terdapat beberapa penjual dengan dipimpin oleh salah satu
dari penjual tersebut mengendalikan tingkat harga barang. Contohnya
perusahaan otomotif Astra Indonesia.
- Pasar monopsoni adalah pasar
yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh satu orang atau sekelompok
pembeli.
- Pasar duopsoni adalah pasar
pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh dua orang atau dua kelompok
pembeli.
- Pasar oligopsoni adalah pasar
yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh beberapa orang atau
beberapa kelompok pembeli.
Referensi:
- M.Fuad,
Christine H, Nurlela, Sugiarto, dan Paulus Y.E.F. 2000. Pengantar
Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- Wikipedia.com
0 Response to ""
Posting Komentar
Termimakasih buat partisipasinya ya :)