Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Contoh RPP dalam Kurikulum 2013 | Tugas Kuliahku

Contoh RPP dalam Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan pendidikan                  :
Program/Program Keahlian     :
Kelas/Semester                        :
Mata Pelajaran                        :
Topik                                       :
Alokasi Waktu                        :  2JP x
Pertemuan ke                          :  1

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive, dan prokltif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rsa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasam kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedurak pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan menciptakan dalm ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
B.1.     Menjelaskan penggunaan alat Mesin Penjilid
B.2.     Mengaplikasikan penggunaan Mesin Penjilid


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mensyukuri kebesaran tuhan yang ditunjukan dengan sikap ketelitian
2.      Terlibat aktif dalam penggunaan alat kantor
3.      Kritis dalam penggunaan alat kantor

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa menunjukkan sikap, teliti, cermat, kritis, sistematis dan teratur dalam mengumpulkan bahan diskusi alat mesin penjilid.
2.      Siswa mampu mendeskripsikan penggunaan mesin penjilid.
3.      Siswa mampu mengidentifikasikan pekerjaan kantor
4.      Siswa mampu mengidentifikasikan tujuan kantor

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Hakikat Admisnitrasi Perkantoran
·         Pengertian teknologi perkantoran
·         Pekerjaaan kantor
·         Tujuan teknologi perkantoran

F.      PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                 : Scientifik
Strategi                        : Discovery/Inkuiry
Metode                        : Diskusi, Tanya Jawab
Model                          : Discovery Learning

G.    MEDIA DAN ALAT
1.      Media        : LCD, Power Point Presentation
2.      Alat           : Laptop, LCD dan Speaker Active, ATK, Whiteboard

H.    SUMBER BELAJAR
Diakses dari :

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

Kegiatan
Langkah – langkah model discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Stimulasi
Pemusatan Perhatian :
-          Mengucapkan Salam dan menanyakan kabar siswa
-          Membaca do’a
-          Mengabsen siswa
-          Menyampaikan tujuan belajar
-          Pembentukan kelompok
Guru menayangkan gambaran terkait pengetahuan umum tentang teknologi, kantor dan tujuan teknologi kantor.

20 Menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan Identifikasi masalah
Mengamati
Mengamati aktivitas admisnitrasi di sekolah/kantor terdekat sebagai bentuk keteraturan atas kebesaran Tuhan yang menciptakannya.

Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan kegiatan teknologi perkantoran.

Eksperimen/explore
Mencari informasi mengenai pekerjaan kantor

Asosiasi
Menghubungkan paradigma dan filosofi teknologi perkantoran dengan perilaku efektif dan efisiena

Komunikasi
Memberikan pendapat, masukan, Tanya jawab selama proses diskusi dan mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat.
60 Menit
Penutup

Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang teknologi perkantoran
10 menit
J.       PENILAIAN

Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan tentang sikap teliti, cermat, kritis, sistematis dan teratur dalam mengumpulkan bahan diskusi masalah teknologi perkantoran.
Tes Untuk Kerja
Tugas
Membuat kesimpulan tentang pekerjaan kantor di kelas/sekolah sesuai dengan kajian kelompok

Observasi
Pengamatan terhadap keaktifan peserta didik selama melakukan observasi dan diskusi
Tes tertulis
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap struktur organisasi kantor


INSTRUMEN
1.      Lembar Pengamatan Ranah Afektif ( *revisi -> sering , sedang, dan tidak pernah )
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Teliti
Cermat
Kritis
Sistematis
Teratur

Ya
Tdk
Ya
Tdk
Ya
Tdk
Ya
Tdk
Ya
Tdk



































































2.      Contoh Lembar Pengamatan Perilaku Ilmiah
No.
Aspek Yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan Keteraturan




3
Kerapihan dan Kedisiplinan




4
Berkomunikasi





Keterangan :
3 = Baik
2 = Sedang
1 = Kurang

            Rubrik Penilaian Perilaku
No.
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
1
Menunjukka rasa ingin tahu
3.      Menunjukka
2