Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. Trik Super Hemat ala Anak Kostan | Tugas Kuliahku

Trik Super Hemat ala Anak Kostan

Menjadi anak kost menghadirkan suka duka yang mau tidak mau harus dilalui dan dipastikan menjadi manager diri sendiri, terutama manager waktu dan keuangan. Agar bisa kelihatan bahagia, anda harus bijak dalam menggunakan uang bulanan yang harus anda terima atau gaji kamu (jika anda kerja). Tidak cukup hanya itu, anda juga harus pandai memanfaatkan secara maksimal semua barang yang anda miliki agar budget yang telah anda sediakan tidak habis dengan sia-sia begitu saja.

Anak kost terkadang mampu melakukan hal-hal yang dianggap mustahil atau “tidak biasa dilakukan sebagian orang” demi menghemat pengeluaran bahkan hingga melakukan hal-hal yang tidak terpikirkan bagi orang yang tidak pernah ngekost. Banyak cara yang memang tidak secara disengaja untuk menghemat pengeluaran terutama ketika bulan tua sudah menyergap. Entah disengaja atau tidak, benar atau tidak, menghemat atau tidak, berikut beberapa trik yang biasa akan anda temukan dari anak kost :

1.      Pasta Gigi yang sudah terlihat Habis Sebenarnya masih Menyisakan Banyak Harapan.

Harapan yang dimaksud seperti apa? tenang, begini caranya, lipat dan gulung bungkus pasta dari ujung berlawanan tutupnya, lalu pencet sekuat tenaga anda, niscaya pastanya masih banyak yang keluar, bahkan bisa-bisa muncrat sampai kemuka anda. Pasta tersebut masih bisa digunakan untuk lima kali pemakaian. Makanya jangan buru-buru buang pasta gigi anda ya J J, didalamnya masih banyak manfaat gan!.

2.      Parfum Habis, Kispray pun jadi
Apa sih bedanya parfum sama pewangi pakaian?  Sama-sama harum dan wangi kok, adem lagi wanginya. Metode ini sangat cocok ketika uang bulanan anda hampir kiamat, dimana anak kostan akan merasa bimbang, mau beli parfum atau tidak!!. Biar lebih hemat dan efesien, anda masih bisa menambahkan pewangi pakaian anda dengan beberapa sendok air agar tidak gampang habis. Harganya memang tidak mahal, tetapi tetap saja wangi J

3.      Letakkan semua lotion, sabun cair, sampo, pasta gigi dalam keadaan terbalik.
Mengapa harus terbalik? Posisi terbalik akan membuat lotion anda bisa memanfaatkannya sampai ke titik darah penghabisan (hingga tetes terakhir). Anda bisa menjungkirbalikkan terlebih dahulu sebelum dan sesudah dipakai agar tidak ada lotion yang sisa. So, ini akan bisa menghemat pengeluaran anda untuk lotion.

4.      Menggunting kemasan
Menggunting kemasan? Iya gan, menggunting kemasan, sebelum anda membuang sisa kecap, coklat pasta, saus kemasan, botol kecap, kaleng susu, usahakan gunting terlebih dahulu nicaya anda akan menemukan sisa makanan yang masih tersangkut disela-sela kemasannya. Kan lumayan daripada beli yang baru, J

5.      Beli Aqua gallon untuk minum
Anda bisa membeli aqua isi ulang untuk menghemat pengeluaran, kan dengan 6 ribu rupiah sudah bisa mendapatkan 20 liter, daripada membeli aqua gallon yang 5 ribuan atau tiga ribuan, rugi bro!.

6.      Jangan terburu-buru buang pewangi pakaian rendaman
Jika anda mencuci baju dengan menggunakan pewangi pakaian, jangan langsung buang pewangi tersebut dengan syarat pewangi tersebut baru dipakai untuk merendam pakaian kurang dari 30 menit. Larutan pewangi itu kan masih wangi jadi, sayang sekali jika anda membuangnya langsung, lebih baik digunakan untuk cucian selanjutnya, misalnya mencici kaos kaki, lap tangan, keset kaki, bantal, sprei dan lain-lain. Yang penting jangan lewat dari 24 jam ya guys, nanti baunya ga enak. Cara ini juga akan mengurangi pencemaran lingkungan, go green gitu lho!!

7.      Rajin-rajinlah berkunjung ke tempat umum yang menyediakan wifi gratisan.
Abad ke-21 ini, wifi gratis sudah ada dimana-mana, anda tidak perlu mencari gedung tertentu lagi sebagai tempat anda bermain wifi. Wifi gratis sudah ada disetiap rumah makan, kampus, sekolah, seven eleven, mall, halte busway, terminal, stasiun kreta api, dan disepanjang jalanan kota Jakarta. Tanpa harus mengeluarkan paket data 1 kb pun, manfaatkan saja wifi gratis di tempat umum. Dijamin, dengan cara ini, urusan internet, tugas kuliah, blog, dan streaming anda akan selesai dengan sempurna meski kantong anda sudah tercekik minta tolong.

8.      Shampo habis, jangan langsung dibuang.
Anda memiliki sampo yang botolan? Ingin dibuang? Stop, jangan dibuang dulu. Anda masih bisa menggunakannya kembali dengan cara isikan air kira-kira seperempat, kemudai kocok selama 1 menit, dan lihat hasilanya, sampo anda kembali dan bisa anda pakai setidaknya untuk 2 hari pemakaian. Cara ini juga bisa dipakai untuk pasta gigi yang sudah mau habis, masukkan air sedikit, kemudian urut dari ekornya hingga kepalanya, trus masukkan kemulut anda, jangan tuangkan ke sikat gigi anda biar ga mengalir sia-siar. Setelah dimasukkan kemulut, gosok gigi anda dengan sikat gigi anda, udah deh, kelar. Hemat coyy.

9.       Nasi Bungkus juga bisa dihemat
Jika anda tidak memasak sendiri, anda bisa membeli satu nasi bungkung lengkap dengan 1 telor dadar, plus sayur apa adanya. anda makan dikosan, jika anda makan pagi hari, sisakan setengahnya untuk sore berikutnya. Lumayan irit, 2 makan sehari dengan 1 bungkus nasi, irit guys.

10.  Jangan bertemu dengan Pacar
Jika anda cowok, silahkan gunakan trik yang satu ini, terutama ketika dompet anda sudah jebol. Jika cewek anda meminta bertemu anda cukup menjawab, “aduh sayang, aku lagi ngerjain skripsi, minggu depan aja yang ketemunya!”. Atau anda bisa menjawab dengan alasan lain yang masuk akan, dan tentu jangan bohong. Tetapi buat cewek, tidak ada alasan duit habis, kan ada ATM berjalan. J

11.  Coba aja baik-baik pada teman sekampus atau teman 1 kostan
Coba pasang muka belas kasihan, siapa tahu teman anda mengasihani anda, kemudian menyodorkan duitnya goceng buat anda, kan lumayan makan 1 kali. Tapi, jika teman anda juga tidak ngerti-ngerti, yasudah, saatnya anda kembali dan bersabar. Ya, bersabar.

12.  Bertahanlah hingga keuangan anda kembali normal
Jika semua cara diatas telah anda lalui, dan kas anda masih noooool, ya saya harap anda berpasrah. Tenang guys, penderitaan memang akan selalu ada, namun akan terlewati jika kita sabar. Hanya satu kata dariku “ bertahanlah!” dan rajinlah beribadah. Tuhan akan menolong anda. J

Oke guys, sekian tips dari saya bagi anda anak kostan. Tidak ada salahnya anda mencoba trik tersebut biar anda mengerti pahitnya hidup anak kostanJ. Terimakasih.




Artikel ini ditulis oleh seorang mahasiswa yang juga merupakan seorang penulis untuk beberapa surat kabar dan juga merupakan seorang blogger aktif.



@JhonMiduk