Selamat Datang Di Tugas Kuliahku, jika butuh softcopy, Silahkan email ke jhonmiduk8@gmail.com. Mohon donasi pulsa ke 081210668660 Untuk Kemajuan Blog, Terimakasih. RPP Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 | Tugas Kuliahku

RPP Sejarah Indonesia Kurikulum 2013


Kode RPP
MX-2-7
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK NEGERI 1 MEDAN
Kelas/Semester          : X / I
Mata Pelajaran           : Sejarah Indonesia
Pertemuan ke-            : 3
Alokasi waktu            : 2x45 menit
Topik                         : Manusia dan sejarah kehidupan zaman praaksara


A.        Kompetensi Inti     
1.         Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar
1.1      Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur
1.2      Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3      Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
         3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
         4.2 Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia prakasara hidup dalam ruang dan waktu
C.        Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.       Menjelaskan pengertian praaksara
2.       Menjelaskan proses alam terjadinya kepulauan Indonesia
3.       Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di kepulauan Indonesia
4.       Menganalisis jenis manusia praaksara
5.       Menganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara
                                                       
D.        Tujuan Pembelajaran
         Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.       Menjelaskan pengertian praaksara
2.       Membandingkan pengertian praaksara dengan prasejararah
3.       Menganalisis jenis manusia praaksara
4.       Menganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara

E.         Materi Ajar

1.         Nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
2.         Nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.         Sikap tanggung jawab terhadap Nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.         Sikap peduli terhadap Nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
5.         Sikap jujur dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
6.         Sikap tanggungjawab dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
7.         Konsep akulturasi Nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
8.         Wujud akulturasi Nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara

F.         Alokasi Waktu
2 x 45 menit

G.       Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Strategi       : Cooperative
Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

H.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Guru memberikan motivasi dan rasa syukur bisa bersekolah pada saat ini dengan membandingkan di zaman praaksara
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
10 menit
Inti
·         Ilustrasi gambar tentang manusia purba
·         Menanyakan tempat ditemukannya masyarakat di Indonesia yang masih memiliki kehidupan zaman praaksara ( anak dalam di Jambi)
·         Menanyakan corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
·         Menayangkan gambar fosil manusia purba serta melakukan tanya jawab singkat
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang proses pelaksanaan teknik Jigsaw
·         Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang (kelompok awal)
·         Setiap kelompok mendapatkan tugas:
1.       Wujud akulturasi penemuan manusia praaksara di Indonesia
2.       Gambar peninggalan masyarakat praaksara di Indonesia
·         Masing-masing siswa yang memiliki wacana/tugas yang sama berkumpul dalam satu kelompok (Kelompok ahli)
·         Setiap siswa mencatat hasil diskusi dan kembali ke kelompok awal
·         Dalam kelompok awal dilaporkan hasil diskusi kelompok ahli dan semua anggota kelompok mencatat hasil kelompok ahli
·         Laporan hasil kerja kelompok dengan cara guru menunjuk secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok, sampai semua masalah selesai dibahas
·         Siswa yang lain menanggapi
60 menit
Penutup
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi manusia praaksara di Indonesia
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Siswa membuat tugas karya ilmiah dengan masyarakat praaksara suku anak dalam di Jambi dalam bentuk makalah (tugas kelompok dikumpulkan 2 minggu yang akan datang)
·         Mengucapkan salam
20 menit



I.          Penilaian Hasil Belajar
a.     Tes
                       1.          Uraian (terlampir)
                       2.          Pilihan Ganda (terlampir)

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Membuat makalah tentang tugas karya ilmiah dengan tajuk Sangiran Laboratorium manusia purba dalam bentuk makalah
(kriteria penilaian terlampir)
Format penulisan makalah:
BAB I                 Pendahuluan
BAB II                Isi
BAB III              Penutup
a.         Kesimpulan
b.        Saran
Daftar Rujukan
                         Catatan:
                         Makalah diketik dengan menggunakan huruf Arial, 12, spasi 1,5, print-out kertas A4, maksimal 15 lembar.
J.          Sumber Belajar :
·       Buku sumber Sejarah SMA X
-       Djoened Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.
-       Mulyana, Slamet. 1979. Nagara Kretagama dan Tafsir Sejarahnya. Jakarta: Bhratara.
-       Soekmono, R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Yogyakarta: Kanisius.
-       Yamin, Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah. Djakarta: Djambatan.
·       White board/papan flanel
·       Power point
·       LCD
·       Internet
·       Kartu pembelajaran
·       Peta Sejarah



Mengetahui,                                                                                                      Depok, 18 Juli 2014         
Kepala SMKN 01 MEDAN                                                                              Guru Mapel,


(…………………………………..)                                                                               (DrS. Jhon Miduk Sitorus)
 NIP.                                                                                                                    NIP.19941005088796473

                                               

A.   Evaluasi Hasil
Soal Uraian

Soal Pilihan Ganda


B.    Evaluasi Pembelajaran (Proses)


Lembar Pengamatan

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman









































Keterangan Skor :                                                               
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                          = Baik Sekali
3                          = Baik
2                          = Cukup
1 = Kurang
                                    ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                             X  100
                                    Skor Maksimal (20)                                            
             Kriteria Nilai
             A   =                      80 – 100                    :                                       Baik Sekali      
             B    =                      70 – 79                      :                                       Baik
             C    =                      60 – 69                      :                                       Cukup
             D   =                      ‹ 60                             :                                       Kurang





Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistemati ka penyam
Paian
Wawa
San
Kebera nian
Antusias
Gesture dan penampilan













































Keterangan Skor :                                                               
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                          = Baik Sekali
3                          = Baik
2                          = Cukup
1 = Kurang
                                    ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                             X  100
                                    Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
             A   =                      80 – 100                    :                                       Baik Sekali      
             B    =                      70 – 79                      :                                       Baik
             C    =                      60 – 69                      :                                       Cukup
             D   =                      ‹ 60                             :                                       Kurang


Format Penilaian Makalah
Struktur Makalah
Indikator
Nilai
Pendahuluan
Menunjukkan dengan tepat isi :
·      Latar belakang
·      Rumusan masalah
·      Tujuan penulisan.

Isi

·      Ketepatan pemilihan gambar
Menganalisis asal usul masyarakat praaksara dalam bentuk tulisan
·      Struktur/logika disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
·      Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
·      Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)
·      Menghindari sumber (akun) yang belum dikaji secara ilmiah

Penutup
·      Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
·      Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk peningkatan kepedulian terhadap kehidupan masyarakat praaksara di Indonesia

Jumlah


 


Kriteria Penilaian untuk masing-masing indikator:

Sangat sesuai
4
Sesuai
3
Cukup
2
Kurang
1


 
 





 



                                    ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                             X  100
                                    Skor Maksimal (48)



















Lampiran 2 Lembar Pengamatan Siswa


LEMBAR HASIL PENGAMATAN SISWA

Mata Pelajaran     :  Sejarah Indonesia
Topik                         :  Manusia dan kehidupan zaman Praaksara
Kelas/Semester    :  X/I
Nama Kelompok  :
1.       .................................................
2.       .................................................
3.       .................................................
4.       .................................................
5.       .................................................

NO.
Nama Suku
Asal wilayah
Zaman
Ciri-ciri
1.




2.




3.




4.




5.